Home / Pertanian / Budidaya / Cara Budidaya Tanaman Seledri Sendiri Di Kebun

Cara Budidaya Tanaman Seledri Sendiri Di Kebun

Cara budidaya tanaman seledri sendiri di rumah maupun di kebun adalah perkara yang cukup mudah untuk dikerjakan. Ketika kita bisa membudidaya tanaman seledri sendiri di kebun, tentunya kita akan lebih mudah mendapatkan salah satu jenis sayuran yang sering digunakan di dapur. Untuk itulah pada kesempatan yang baik ini inanesia.com akan berbagi informasi mengenai cara budidaya tanaman seledri sendiri yang bisa anda praktekan baik di kebun maupun di rumah, tentunya guna memaksimalkan lahan kosong yang belum digunakan.

Cara Budidaya Tanaman Seledri Sendiri Di Kebun

Budidaya tanaman seledri sangatlah sederhana untuk dikerjakan oleh siapa saja baik yang sudah berpengalaman di bidang pertanian maupun yang belum. Dengan mengikuti beberapa urutan yang akan saya sampaikan pada artikel kali ini tentunya akan lebih mudah memahami tahapan demi tahapan bagaimana cara budidaya tanaman seledri. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa seledri adalah salah satu dari sekian banyak sayuran yang tentunya banyak dimanfaatkan tidaklah membuat berbagai macam jenis makanan.

Secara umum, jenis tanaman seledri ini bisa tumbuh dengan pada daerah beriklim subtropis. Sebagai informasi, tanaman seledri bisa tumbuh dengan baik pada kawasan yang memiliki ketinggian 1000 sampai dengan 1200 meter diatas permukaan laut dandidukung dengan udara yang memiliki suhu di kisaran antara 15 sampai dengan 24 derajat celcius. Disamping itu tentunya kelembaban udara di mana tanaman seledri hendak di budidaya sangat mempengaruhi berhasil tidaknya membudidaya tanaman seledri. Tanaman seledri bisa tumbuh dengan sangat baik apabila udara di sekitarnya memiliki kelembaban di kisaran 80 sampai dengan 90%.

Lahan yang pertama kali kita persiapkan untuk budidaya tanaman seledri adalah jenis bahan yang memiliki tanah yang gembur. Disamping itu, kandungan organik yang berada di dalamnya juga harus memiliki kualitas cukup baik dan tersedia cukup banyak sehat organik nya. Untuk mendukung pertumbuhan maksimal dari budidaya tanaman seledri, maka di sekitar area tanam tanaman seledri juga harus tersedia pasokan air yang banyak. Jika lahan di sekitar rumah atau kebun anda memiliki persyaratan tersebut, maka anda bisa melanjutkan untuk berlatih membudidaya tanaman seledri sendiri. Dengan beberapa langkah sederhana di bawah ini maka anda bisa memulai untuk proses pembudidayaan tanaman seledri.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Jengkol Di Area Perkebunan

Cara Budidaya Tanaman Seledri Sendiri Di Kebun

Berikut ini adalah tahapan demi tahapan bagaimana cari budidaya seledri sendiri baik dipekarangan rumah maupun kebun.

1. Tahapan pembibitan tanaman seledri

Proses budidaya tanaman seledri bisa dikerjakan dengan dua tahap, yaitu dengan memanfaatkan anakan dari tanaman seledri dan dengan memanfaatkan biji tanaman seledri. Apabila anda hendak membudidaya tanaman seledri dengan jumlah cukup banyak dan berorientasi untuk bisnis, maka metode menggunakan biji tanaman seledri adalah salah satu langkah yang tepat. Anda harus memastikan bahwa biji dari tanaman seledri yang akan anda tanam memiliki kualitas cukup bagus dan tentunya bisa dengan mudah untuk berkecambah.

Apabila anda memanfaatkan metode ini maka tentunya anda bisa memulai dengan proses merendam biji tanaman seledri memakai air dengan suhu hangat kurang lebih selama 15 menit. Proses selanjutnya adalah dengan penyemaian biji tanaman seledri pada bedengan yang memiliki ukuran tinggi kurang lebih 35 cm dan lebar 120 cm. Untuk ukuran panjang, anda tentunya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan akan area tepat untuk proses penyemaian biji tanaman seledri.

Tahap selanjutnya, silahkan anda gunakan pupuk kandang untuk ditaburkan pada tanah bedengan yang sudah anda pertapaan biji tanaman seledri. Selanjutnya silakan anda tutup atau naungi dengan memanfaatkan plastik yang berwarna bening. Apabila tidak ada plastik, maka anda juga bisa menggunakan alternatif berupa daun kelapa. Apabila benih dari bibit tanaman seledri sudah berumur di antara 15 hingga 25 hari apa anda bisa melakukan penyemprotan dengan memanfaatkan pupuk daun. Selanjutnya, apabila benih atau bibit tanaman seledri sudah memiliki umur 1 bulan apakah anda bisa melanjutkan proses pemindahan bibit tersebut pada media tanam yang sudah disediakan.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Obat Secara Umum

2. Tahapan pengelolaan media tanam tanaman seledri

Media tanam adalah salah satu bagian penting yang harus anda perhatikan agar pertumbuhan dari tanaman seledri bisa lebih maksimal. Media tanam yang harus disediakan untuk membudidaya tanaman seledri ini bisa anda persiapkan dengan cara mencangkuli nya terlebih dahulu. Silahkan anda jangkul tempat untuk menanam tanaman seledri dengan kedalaman kurang lebih 30 cm sampai dengan 40 cm. Setelah anda selesai melakukan pencangkulan media tanam untuk tanaman seledri, maka silahkan anda biarkan dan tunggu selama kurang lebih 2 minggu. Di tahap berikutnya, silahkan anda buat bedengan pada lahan tersebut dengan ukuran tinggi kurang lebih 35 cm dan lebar kurang lebih 120 cm. Selain itu, silakan anda sediakan pula parit yang nantinya akan dijadikan sebagai pembatas atau jarak antar bedengan tanah.

3. Tahapan penanaman tanaman seledri

Teknik penanaman yang bisa anda praktekkan di dalam budidaya tanaman seledri bisa menggunakan model penanaman sayur-sayuran tunggal, artinya kita hanya menanam tanaman seledri pada area tersebut. Langkah yang bisa anda praktekan adalah dengan membuat lubang tanam untuk tanaman seledri dengan jarak masing-masing lobang kurang lebih 25 cm. Tahapan selanjutnya tentu adalah dengan meletakkan masing-masing bibit tanaman seledri pada lubang yang sudah anda buat sebelumnya. Setelah anda selesai meletakkan bibit bibit tanaman seledri pada lobang yang sudah dibuat, maka silahkan anda lanjutkan dengan proses penyiraman pada bedengan dengan memanfaatkan air bersih sampai dengan kondisi tangan terasa cukup lembab. Selanjutnya, silahkan anda tutup bagian permukaan bedengan dengan memanfaatkan jerami padi yang sudah dalam kondisi kering dengan ketebalan kurang lebih 4 cm.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Pisang Hanya Dengan Beberapa Langkah

4. Tahapan pemeliharaan tanaman seledri

Pada proses pemeliharaan tanaman seledri ini, dilakukan dengan cara mengganti tanaman seledri yang tidak tumbuh atau tumbuh namun tidak subur. Proses ini biasanya dilakukan pada saat tanaman seledri sudah menginjak umur 1 sampai dengan 2 minggu. Silahkan anda ganti bibit tanaman seledri dengan bibit yang baru apabila ditemukan bibit tanaman seledri yang tumbuh dengan kerdil atau mati. Setelah itu, silahkan anda tambahkan seperti za, npk serta jenis pupuk lainnya.

5. Tahapan pemanenan tanaman seledri

Tanaman seledri merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki umur joko pendek pada saat di budidaya. Cukup menunggu tanaman seledri berumur 1 sampai dengan 3 bulan apa yang maksud kita sudah bisa memanen tanaman seledri. Cara memanen tanaman seledri adalah dengan cara mencabut tanaman seledri tersebut. Setelah itu, silakan anda jual tanaman seledri yang sudah anda cabut tersebut ke pasar. Pada saat menjual, secara umum tanaman seledri masih lengkap dengan akarnya. Jadi, pada saat anda mencabut tanaman seledri dari media tanam, maka anda harus mencabut bersama-sama dengan akar tanaman seledri tersebut. Apabila anda ingin menjaga kebersihan dari tanaman seledri, maka tentunya anda boleh menyiram atau mencuci bagian akar tanaman seledri menggunakan air sampai dengan bersih.

Ternyata, cara budidaya tanaman seledri sendiri baik di pekarangan rumah maupun di kebun bisa dilakukan dengan sangat mudah. Mudah-mudahan artikel singkat pada kesempatan kali ini bisa anda jadikan sebagai rujukan untuk belajar bagaimana cara menanam tanaman seledri yang baik dan benar sehingga tidak dapat hasil sesuai dengan yang diharapkan. Terima kasih, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi menggunakan botol bekas

Bagi anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sayuran sawi ini, terlebih bagi para pecinta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *