Home / Pertanian / Budidaya / Cara Budidaya Tanaman Tomat Paling Mudah Dalam Pot

Cara Budidaya Tanaman Tomat Paling Mudah Dalam Pot

Diantara pengunjung inanesia.com pastinya pernah berfikir bagaimana Cara Budidaya Tanaman Tomat Paling Mudah Dalam Pot. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi oleh kondisi media tanam yang mungkin saja cukup terbatas disekitar rumah. Dipilihnya media Pot untuk menanam tomat karena media ini sangat hemat tempat dan juga praktis, bisa ditaruh di sembarang tempat yang tidak luas.

Cara Budidaya Tanaman Tomat Paling Mudah Dalam Pot

Alasan lain kenapa memilih Budidaya Tanaman Tomat Paling Mudah Dalam Pot dikarenakan untuk memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah kita. Dengan memanfaatkan lahan pekarangan kita untuk menempatkan pot yang berisi tanaman tomat maka akan lebih menghasilkan dan bisa kita menfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lalu, bagaimana Cara Budidaya Tanaman Tomat Paling Mudah Dalam Pot sehingga bisa menghasilkan panen tomat yang berlimpah? Pada kesempatan kali ini saya akan menjabarkannya untuk anda.

Buat tomat adalah salah satu buah yang sangat banyak khasiatnya. Oleh sebab itulah tentu kita tidak akan sia-sia ketika berhasil membudidaya tanaman tomat. Salah satu kelebihan dari buah tomat adalah kandungan vitamin A yang cukup banyak. Secara umum, langkah dan cara budidaya tanaman tomat tidaklah terlalu sulit. Cara Budidaya Tanaman Tomat Dalam Pot tidak jauh berbeda dengan budidaya di lahan tanah langsung. Satu hal yang dibutuhkan agar anda sukses didalam budidaya tanaman tomat adalah keuletan dan ketlatenan dan tambahan pengetahuan serta langkah-langkah didalam proses menanam tanaman tomat.

Apabila disekitar rumah anda terapat lahan kosong walaupun luasnya terbatas, tentunya anda bisa memanfaatkan untuk membudidaya tanaman tomat dalam pot. Dengan membudidaya tanaman tomat, maka kita bisa berhemat uang belanja karena kita bisa memetiknya langsung di pekarangan rumah kita kapanpun di butuhkan. Sehingga anggaran yang semestinya digunakan untuk membeli tomat bisa anda alokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Barikut ini adalah tahapan dan Cara Budidaya Tanaman Tomat Paling Mudah Dalam Pot:

Wawasan dan ilmu anda didalam memahami Cara Budidaya Tanaman Tomat Dalam Pot adalah salah satu bagian yang mempengaruhi berhasil tidaknya anda membudidaya tanaman tomat. Salah satu point penting adalah bagaimana melakukan proses pemeliharaan dan penanaman tanaman tomat itu sendiri.

1. proses pemilihan bibit buat tomat yang berkualitas bagus

Memilih bibit buat tomat yang berkualitas bagus adalah point pertama yang sangat penting dan wajib untuk dikerjakan setiap orang yang ingin belajar Cara Budidaya Tanaman Tomat Dalam Pot. Dengan memilih bibit buah tomat yang berkualitas, maka tanaman tomat juga akan tumbuh dengan subur danmenghasilkan buah secara maksimal serta melimpah. Ciri bibit buah tomat yang berkualitas adalah bebas dari penyakit, tidak ada cacat fisik serta aman dari hama pengganggu.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Bonsai Bercita rasa Tinggi

Berikut ini adalah ciri-ciri buah tomat yang bisa dijadikan bibit tanaman tomat:

  1. Anda bisa mengawali dengan memilih buat tomat yang berwarna merah serta memiiki kulit yang tipis. Ciri ini menandakan bahwa buah tomat sudah benar-benar matang.
  2. Carilah buah tomat yang berkuran lebih besar dibandingkan dengan tomat lainnya.
  3. Pada bagian luar buah tomat tidak ada bekas serangan hama penyakit dan tidak adanya bagian bekas luka dan cacat.
  4. Jika dibelah, kepadatan bijinya cukup merata disemua bagian daging buah tomat
  5. Buah tomat yang bagus adalah buah tomat yang tenggelam apabila rendam dalam air dan ukurannya tampak lebih besar.

Apakah anda kesulitan didalam mendapatkan buat tomat yang berkualitas yang akan dijadikan bibit? Jalan paling mudah adalah dengan membeli bibit tanaman buat tomat yang tentunya dengan mudah bisa anda dapatkan pada toko pertanian di sekitar tempat tinggal anda. Anda juga bisa meminta batuan kepada petani buah tomat disekitar anda untuk mendapatkan buah tomat berkualitas bagus. Dengan membeli bibit buah tomat, maka sangat dimungkinkan anda akan mendapatkan bibit buah tomat dengan kualitas bagus jika dibandingkan dengan melakukan pemilihan bibit buah tomat sendiri.

2. langkah menyemai bibit buah tomat yang berupa biji

setelah bibit buah tomat berkualitas tinggi anda dapatkan, maka budidaya tanaman tomat dilanjutkan dengan tahap menyemaikan. Tahapan awal yang perlu dilakukan adalah memanfaatkan air yang sudah dicampur dengan fungisida untuk merendam bibit buah tomat tersebut. Tujuan dari proses perendaman bibit buah tomat kedalam cairan fungisida adalah untuk menghilangkan segala macam jenis penyakit yang menempel pada bibit buah tomat yang nantinya bisa berpotensinya mengganggu proses pertumbuhan dari tanaman buah tomat itu sendiri.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Buah Menggunakan Teknik Tabulampot

Selesai proses perendaman, silahkan anda lanjutkan dengan proses meletakan benih tomat ke bagian media semai. Bahan dasar dari media semai ini bisa dibuat dari tanah dan pupuk kompos yang dicampur dengan perbandingan 1:1. Untuk meletakan benih bibit tomat tersebut, silahkan anda gunakan telunjuk untuk melubanginya, kemudian baru dilanjutkan dengan memasukan bibit benih tomat kedalam lubang tersebut. Setelah itu, silahkan anda tutup kembali lubang yang dibuat dengan telunjuk menggunakan tanah kembali. Tahap selanjutnya adalah menaruh media semai pada tempat yang cukup teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung. Cukup terkena sinar matahari pada pagi hari saja.

Tahapan berikutnya adalah perawatan rutin dengan cara melakukan penyiraman secara teratur. Waktu yang tepat untuk melakukan penyiraman adalah pada sore hari dan pagi hari. Setelah menunggu dengan waktu antara 7 sampai dengan 10 hari, maka benih bibit tomat akan mulai terlihat berkecambah dan muncul kepermukaan. Anda bisa melanjutkan proses penyiraman pagi dan sore hari dan membiarkan kecambah tomat terus tumbuh hingga semakin tinggi dan kuat pada batang tanamannya. Setelah tanaman tomat menginjak umur 15 sampai dengan 20 hari, maka bibit dari tanaman tomat tersebut sudah siap untuk dipindahkan ke media tanam.

3. langkah memilih media tanam atau pot

Salah satu bagian penting lainnya didalam budidaya tanaman tomat adalah pemilihan media tanam, dalam hal ini adalah pot. Sebenarnya, seluruh jenis pot bisa anda gunakan untuk membudidaya tanaman tomat, misalnya adalah pot yang terbuat dari bahan semen, keramik dan juga tanah liat. Namun demikian, dari sekian banyak bahan dasar pot, ada jenis pot yang memang cukup direkomendasikan didalam membudidaya tanaman tomat, yaitu pot yang terbuat dari tanah liat. Hal tersebut dikarenakan pot yang terbuat dari tanah liat memiliki pori-pori yang dapat dengan mudah ditembus air maupun udara yang tentunya sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman tomat itu sendiri.

Untuk menghemat pengeluaran, ada alternatif lain untuk media tanam, yaitu menggunakan kaleng bekas ataupun polybag dengan ukuran yang cukup besar. Untuk mengisi media tanam tersebut, anda bisa mencampur bahan yang terbuat dari pasir, tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1. Agar sirkulasi air dan udara bisa berlangsung dengan baik, maka anda bisa melubangi pot tersebut pada bagian bawah dan sampingnya. Disamping itu, lubang tersebut juga nantinya akan mencegah air siraman tergenang bisa bisa berpotensi menyebabkan pembusukan pada tanaman tomat.

Baca Juga:   Cara Budidaya Tanaman Jahe Merah Pada Polybag

4. Cara memindah bibit tanaman tomat dari media semai ke media tanam atau pot

Menginjak umur 20 hari, bibit tomat sudah bisa mulai dipindahkan ke media tanam dari media semai seperti pot bunga, polybag dan media tanam lainnya. Bagian yang paling penting adalah pada proses pemindahannya. Lakukan dengan sangat hati-hati agar tidak ada kerusakan yang terjadi pada bagian akar. Anda cukup melepas plastik media semai dan mengikut sertakan tanah yangmembungkus akar bibit tomat untuk ditanam ke media tanam seperti pot bunga maupun polybag dengan ukuran cukup besar.

5. Cara memelihara tanaman tomat yang menggunakan media tanam pot

Setelah bibit tanaman tomat berhasil dipindahkan kedalam media tanam pot, maka anda bisa menaruh pot tersebut disekitar rumah anda. Pilihlah tempat yang hanya bisa terkena sinar matahari di pagi hari saja. Namun ketika sudah siang, tanaman dalam pot tersebut terlindungi dan berada dalam tempat yang cukup teduh. Untuk memastikan kebutuhan air cukup, tanaman tomat tersebut bisa secara rutin ada siram dengan air pada pagi hari dan sore hari.

Untuk media rambatnya, anda bisa menggunakan bambu dengan cara menancapkan di sebelahnya. Guna membantu agar tanah tetap subur, maka anda bisa menambahkan pupuk kompos 2 bulan sekali atau menyesuaikan dengan kebutuhan. Kapan tanaman tomat akan mulai berbuah? Biasanya setelah anda menunggu dalam waktu 60 sampai dengan 90 hari tanaman tomat sudah mulai berbuah.

Itulah Cara Budidaya Tanaman Tomat Paling Mudah Dalam Pot yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Semoga saja anda bisa memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah anda untuk membudidaya tanaman tomat sehingga anda bisa berhemat uang belanja untuk membeli tomat tersebut. Bahkan, apabila anda ingin membudidaya tanaman tomat dalam skala besar, maka tutorial diatas bisa anda jadikan referensi. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi

Cara budidaya tanaman hidroponik sawi menggunakan botol bekas

Bagi anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan sayuran sawi ini, terlebih bagi para pecinta …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *