Home / Pendidikan / Cara Diskusi Yang Baik dan benar

Cara Diskusi Yang Baik dan benar

Diskusi adalah salah satu kegiatan mengobrol antara dua orang atau lebih baik dalam suasana resmi maupun tidak resmi. Materi obrolan yang dibahas pun cukup beragam mulai dari permasalahan umum hingga permasalahkan khusus yang membutuhkan sebuah pemecahan. Dibutuhkan cara diskusi yang baik dan benar supaya materi obrolan yang dibahas mendapatkan sebuah hasil sehingga ajang ataupun kegiatan diskusi bisa mendapatkan manfaat.

Cara Diskusi Yang Baik

Rata-rata, diskusi diselenggarakan di sekolah. Seringkali guru menyuruh kepada peserta didik untuk melakukan diskusi supaya bisa mengerjakan soal yang diberikan. Dengan cara diskusi, maka tentunya sebuah persoalan bisa lebih mudah diselesaikan karena dilaksanakan proses saling bertukar pikiran untuk bisa menyelesaikan permasalahan tersebut.

Namun, kadangkala karena diskusi tidak dilakukan dengan baik dan benar maka pada proses tersebut tidak didapatkan hasil dari kegiatan diskusi tersebut. Bahkan, sebaliknya kegiatan diskusi justru akan membuat suasana memanas karena masing-masing peserta diskusi saling mempertahankan argumen dan pendapatnya dan tidak mau mengalah antara satu dengan yang lainnya. Padahal inti dari diadakannya diskusi adalah supaya bisa memecahkan sebuah permasalahan atau persoalan yang sedang dihadapi.

Baca Juga:   Download Perangkat dan Soal UPK/UKK SMK tahun 2017

Cara diskusi yang baik dan benar

Untuk membantu Anda supaya bisa melaksanakan diskusi dengan baik dan benar serta bisa mendapatkan hasil terbaik dari proses diskusi tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing cara diskusi yang baik dan benar sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat darinya. Beberapa cara diskusi yang baik dan benar bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa hal berikut ini.

1. Memiliki wawasan yang luas

Apabila sebelumnya kita sudah mengetahui materi yang diberikan oleh guru pengajar kita misalnya adalah menteri pendidikan, maka hal selanjutnya yang perlu kita lakukan yaitu mengumpulkan berbagai macam bahan materi baik yang bersumber dari buku maupun bersumber dari majalah dan koran serta internet. Modal untuk berdiskusi selain pandai di dalam mengolah kata juga harus memiliki wawasan yang baik pada bidang yang sedang dibahas.

2. Memiliki kata-kata yang lugas dan jelas

Apabila kita sedang berdiskusi, maka setiap kita mengemukakan pendapat harus dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang lugas serta jelas. Tujuannya supaya peserta diskusi yang lain mampu untuk memahami apa yang kita sampaikan sekaligus tidak merasa bingung. Apabila diperlukan, Janganlah menggunakan bahasa daerah karena tentu tidak setiap peserta diskusi memahami bahasa daerah yang kita pakai. Kecuali, apabila peserta diskusi yang ada di dalam kelompok kita berasal dari satu daerah yang sama.

Baca Juga:   Cara Menjawab Interview Kelebihan Dan Kekurangan

3. Kendalikan emosi dan sikap egois

Bisa saja, ketika kita sedang mendiskusikan sebuah permasalahan akan selalu didapat perdebatan pendapat antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya. Kita harus selalu menghadapi hal tersebut dengan kepala dingin, jangan sampai emosi kita naik yang pada akhirnya akan membuat suasana diskusi menjadi tidak kondusif. Anda bisa menanyakan kepada masing-masing anggota diskusi mengenai pendapat yang anda miliki, apakah mereka setuju atau tidak. Anda harus menghindari adanya sikap egois yang ada pada diri Anda sehingga proses diskusi tetap bisa berjalan dengan lancar.

4. Tunjukkan rasa percaya diri

Apabila anda memiliki pendapat tersendiri, silahkan anda lontarkan langsung tanpa harus menunggu Tunjukkan dari teman. Kita harus selalu berusaha untuk percaya diri didepan teman-teman anggota diskusi mengenai Apa yang hendak kita sampaikan. Apabila anda memiliki pendapat, maka langsung sampaikan di depan anggota diskusi tanpa harus menunggu proses diskusi selesai dan menyampaikan setelahnya. Apabila pendapat kita tidak diterima, hal tersebut merupakan hal yang wajar terjadi karena yang namanya diskusi pastinya Ada pendapat yang ditolak.

Baca Juga:   Cara Agar Semangat Belajar Di Sekolah

Demikianlah beberapa unsur cara diskusi yang baik dan benar yang bisa Anda coba praktekkan pada saat anda sedang berdiskusi. Dengan menerapkan beberapa teknik di atas, maka diharapkan proses diskusi bisa berjalan dengan lancar dan aman serta bisa menghasilkan sebuah keputusan yang bisa mendatangkan manfaat untuk seluruh anggota diskusi. Akhir kata, diskusi merupakan salah satu jalan paling baik untuk menemukan solusi dari berbagai macam permasalahan. Oleh sebab itu, Adakan diskusi Apabila ada permasalahan yang hendak diselesaikan secara bersama. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Artikel menarik lainnya

Aturan dalam lingkungan sekolah

Aturan dalam lingkungan sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat belajar di mana peserta didik bisa menuntut ilmu dengan beragam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *