Home / Elektronika / Cara Ganti Oli Genset Dengan Baik Dan Benar

Cara Ganti Oli Genset Dengan Baik Dan Benar

Salah satu komponen di dalam genset yang membutuhkan proses penggantian secara berkala adalah oli. Oli pada genset berguna sebagai pelumas antara bagian mesin sehingga meminimalisir terjadinya keausan akibat gesekan antar komponen. Dengan melakukan kegiatan penggantian oli genset secara berkala maka umur dari genset akan semakin lama dan tentunya akan mengawetkan penggunaan dari genset itu sendiri. Dari latar belakang itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai cara ganti oli genset dengan baik dan benar sesuai prosedur yang ada.

Cara Ganti Oli Genset Dengan Baik Dan Benar

Secara SOP, oli genset harus diganti ketika genset sudah beroperasi atau menyala dengan kisaran waktu 20 sampai dengan 500 jam. Tentunya lama tidaknya proses penggantian oli genset tergantung dari besarnya kapasitas daya yang bisa diangkat oleh genset tersebut. Dengan dilakukannya penggantian oli genset secara teratur, maka kita tentunya bisa mendapatkan berbagai macam keuntungan, di antaranya adalah:

  1. Mesin genset akan memiliki suhu yang stabil dan tidak cepat aus serta panas. Hal tersebut dikarenakan proses yang sempurna pada pembakaran didalam mesin genset. Hal ini tentunya akan bisa dibuktikan manakala oli yang digunakan pada mesin genset tersebut dilakukan pengontrolan dan penggantian secara berkala.
  2. Umur komponen-komponen didalam genset akan lebih panjang. Hal tersebut tentu dikarenakan bagian-bagian komponen di dalam genset terlumasi oleh cairan oli sehingga komponen tersebut akan bebas dari karat, tidak mudah terlepas dan juga akan meminimalisir tingkat keausan.
  3. Ketika oli mesin genset diganti secara teratur serta terpelihara, maka pada genset type silent atau Open getarannya bisa dikurangi ataupun diminimalisir.

Dari latar belakang manfaat penggantian oli genset secara teratur seperti yang sudah dibahas di atas, maka tentunya Anda bisa melanjutkan untuk mengetahui prosedur-prosedur keamanan pada saat kita hendak melakukan penggantian oli mesin genset. Prosedur keamanan tentang penggantian oli genset haruslah dipahami sekaligus dilaksanakan oleh setiap pemilik genset sehingga proses penggantian oli mesin genset akan berjalan dengan aman dan nyaman serta terhindar dari berbagai macam resiko kecelakaan.

Baca Juga:   Cara Kerja Sistem AC Pada Mobil

Prosedur keamanan di dalam penggantian oli mesin genset:

1. Matikan mesin genset

Matikan lah mesin genset sebelum anda melakukan penggantian oli mesin. Disamping itu, berbagai macam peralatan yang terhubung ke genset juga harus dilepaskan. Tentunya hal tersebut sebagai antisipasi dan meminimalisir terjadinya konsleting listrik. Dengan melakukan prosedur ini apa yang maka penggantian oli mesin genset akan lebih aman.

2. Singkirkan berbagai macam benda korosif disekitar genset

Ketika anda hendak menuangkan oli mesin genset, maka anda harus memastikan bahwa disekitar Anda terbebas dari berbagai macam benda-benda korosif. Tujuannya supaya berbagai macam benda korosif dan karat tidak mengkontaminasi atau tidak tercampur dengan olie sehingga akan tetap aman pada saat dimasukkan ke dalam mesin genset. Resiko ketika oli mesin genset terkontaminasi dengan karat atau korosif adalah suhu kerja dari genset akan berlebihan dan tentunya bisa menyebabkan overheat.

3. Sterilisasikan area disekitar mesin genset

Area di mana anda akan melakukan penggantian oli mesin genset haruslah benar-benar steril, bebas dari debu dan Kotoran Kotoran lainnya. Pastikan juga kondisi lantai yang Anda gunakan Untuk berpijak dan meletakkan mesin genset tidak dalam kondisi licin sehingga akan membuat Anda semakin aman dan nyaman pada proses penggantian oli mesin genset. Anda juga bisa menggunakan alat pengaman berupa sarung tangan dan juga masker pada saat pengisian oli mesin genset guna meminimalisir aroma oli mesin genset yang cukup kuat. Kondisi aroma oli mesin genset tersebut kadangkala akan membuat sebagian orang merasa tercekik pada bagian pernafasannya atau merasa pusing.

4. Gunakan 1 jenis oli mesin genset

Pada saat Anda mengganti oli mesin genset, maka anda harus memastikan bahwa oli yang Anda gunakan tersebut adalah sama jenis dan merknya pada saat sebelum anda mengganti atau sesudahnya nanti. Mengganti jenis dan merek dari oli mesin genset atau bahkan melakukan oplos oli adalah suatu hal yang sangat dilarang. Larangan tersebut tentunya sangat beralasan karena penggantian jenis dan merk dari oli mesin genset akan menyebabkan ketidakstabilan pada tekanan yang dihasilkan pada mesin dan tentunya proses pelumasan pada komponen mesin genset juga akan berubah. Apabila anda tidak mengetahui jenis dan merk oli mesin genset yang Anda gunakan disebabkan karena anda merupakan pengguna baru dari alat genset, yang maka anda bisa menanyakan terlebih dahulu jenis Oli apa yang cocok digunakan pada genset secara umum kepada penjualnya.

Baca Juga:   Cara Kerja Sistem Pendingin AC Secara Umum

5. Lengkapi peralatan pada proses penggantian oli mesin genset

Berbagai macam peralatan tentunya harus Anda persiapkan terlebih dahulu sebelum anda melakukan penggantian oli genset. Beberapa peralatan yang wajib Anda persiapkan diantaranya adalah corong untuk mengisi oli, sebuah tempat yang digunakan untuk menampung oli kotor atau oli bekas, kunci-kunci dengan berbagai macam ukuran untuk membuka bagian oli genset serta koran bekas.

Itulah berbagai macam prosedur keamanan yang perlu anda perhatikan Pada saat Anda hendak melakukan penggantian oli genset. Pastikan bahwa seluruh prosedur di atas sudah bisa anda penuhi sehingga penggantian oli genset akan berjalan dengan lancar tanpa resiko apapun juga. Selanjutnya, dibawah ini adalah urutan demi urutan Bagaimana cara ganti oli genset dengan baik dan benar.

Cara ganti oli genset dengan baik dan benar:

  1. Langkah pertama, silakan Anda buka bagian Seal oli, lalu lanjutkan proses pengecekanseberapa banyak oli harus ditambahkan atau harus diganti.
  2. Tahap berikutnya, anda juga harus memastikan bahwa oli baru nantinya yang akan dimasukkan benar-benar terpasang kuat didalam mesin genset tanpa ada bagian yang merembes akibat ada bagian yang tidak dapat.
  3. Silakan Anda buka bagian sel oli yang berada di bawah mesin genset, lalu Tunggulah oli bekas keluar semuanya melewati bagian saluran pembuangan oli bekas. Setelah proses pembuangan oli bekas Selesai, maka silakan Anda tunggu beberapa menit sampai benar-benar tidak ada oli bekas yang tertinggal didalam mesin genset.
  4. Langkah selanjutnya, silahkan anda pasang dan Kencangkan kembali seluruh Mur yang ada di bagian bawah mesin genset
  5. Lewat lobang pengisian yang ada di bagian atas, silakan Anda tuangkan oli mesin genset yang baru dan Anda harus memastikan bahwa oli baru yang Anda masukkan ke dalam mesin genset tidak melebihi batas atas dari oli genset.
  6. Setelah anda selesai menuangkan oli baru ke dalam genset, silakan Anda Tutup kembali bagian lubang pengisian oli dengan menggunakan penutup yang sudah disediakan. Hal tersebut bertujuan supaya tidak ada kotoran ataupun benda asing lainnya yang masuk ke dalam mesin genset.
Baca Juga:   Sistem Kerja Chiller dan Contohnya

Selain dukungan dari oli genset, kinerja genset itu sendiri juga dipengaruhi oleh faktor yang lainnya. Faktor lainnya tersebut tentunya berguna supaya kinerja dari genset semakin seimbang dan juga proses perawatan akan semakin mudah dilakukan. Beberapa bagian penyeimbang yang perlu anda perhatikan pada proses perawatan mesin genset adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan pengontrolan pada bagian air coolant atau bagian komponen pendingin. Setelah anda menggunakan mesin genset seharian, maka anda harus segera melakukan pengecekan kondisi air coolant tersebut dan lakukan penambahan apabila diperlukan. Tujuannya supaya mesin genset bisa bekerja tanpa hambatan dan lebih optimal.
  2. Lakukan juga proses pengontrolan pada bagian pemanas, ya itu dilakukan dengan langkah mengontrol Apakah pada bagian gas buang atau asap yang dikeluarkan lewat knalpot genset sudah sesuai dengan standarisasi gas buang secara umum. Apabila ditemukan gejala gejala gas buang yang keluar dari knalpot genset tidak umum apa maka tentunya Anda bisa berkonsultasi atau mengkomunikasikan hal tersebut untuk mengetahui letak kerusakan dari mesin genset yang Anda gunakan.

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara ganti oli genset dengan baik dan benar di mana apabila hal tersebut anda kerjakan dengan sungguh-sungguh maka akan membuat mesin genset yang Anda gunakan lebih optimal dan lebih nyaman serta nyaman dan awet digunakan. Prosedur diatas bukanlah prosedur yang sulit untuk dilaksanakan sehingga tidak ada salahnya Anda mencoba Langkah Demi Langkah referensi diatas. Terima kasih dan salam sukses untuk anda.

Artikel menarik lainnya

Cara Menyolder Aluminium Menggunakan Timah Solder

Cara Menyolder Aluminium Menggunakan Timah Solder

Topik di dalam menyolder aluminium tentunya jarang terangkat. Namun, cara menyolder aluminium tentunya cukup dibutuhkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *