Home / Software / Windows / Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk Paling Cepat

Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk Paling Cepat

Banyak diantara pengguna Netbook yang mencari cara instal Windows 7 dengan Flashdisk lantaran mereka tidak memiliki CD atau DVD ROM drive yang terpasang pada Netbook mereka. Keterbatasan dari perlengkapan Netbook yang tidak ada CD atau DVD ROM drivenya membuat kita berfikir ekstra supaya tetap bisa melakukan instal ulang Windows 7 dengan menggunakan media alternatif, yaitu Flashdisk sehingga permasalahan yang muncul pada komputer Windows 7 segera bisa diatasi.

cara instal windows 7 menggunakan flashdisk

Tutorial mengenai cara instal Windows 7 dari Flashdisk yang akan saya bahas ini menggunakan software bantu yang mana software bantu tersebut digunakan untuk memindah atau menyalin file instalasi Windows 7 yang berasal dari master Windows 7 yang tersimpan pada keping DVD maupun dalam bentuk file ISO. Nantinya, proses instalasi Windows 7 menggunakan Flashdisk ini bisa berjalan lebih cepat karena proses pembacaan Netbook ke perangkat Flashdisk tentunya lebih cepat dibandingkan dengan pembacaan Netbook ke perangkat CD/DVD-ROM drive.

Sebelum kita memulai bagaimana cara instal Windows 7 dengan Flashdisk, ada baiknya kita mempersiapkan terlebih dahulu perangkat apa saja yang nanti dibutuhkan untuk melakukan instal Windows 7 dengan Flashdisk tersebut.

  1. Flashdisk dengan ukuran minimal 4 GB. Hal tersebut dikarenakan master instalasi Windows 7 memiliki ukuran diatas 3 GB sehingga media penyimpanan yang digunakan untuk memindah master Windows 7 ke Flashdisk haruslah pada angka 4 GB. Syukur-syukur anda bisa menyediakan Flashdisk dengan ukuran 8 GB.
  2. File master Windows 7 baik yang tersimpan pada keping DVD maupun dalam bentuk file iso yang biasanya merupakan hasil download di internet
  3. Software wintoflash yang bisa anda download pada situs resminya. (_https://wintoflash.com/download/en/)
  4. Pastikan pula anda memiliki software driver untuk Netbook yang hendak anda install Windows 7 tersebut karena bisa saja ada beberapa perangkat keras yang tidak terdeteksi otomatis drivernya oleh Windows 7.

Setelah anda memastikan sudah memiliki beberapa perangkat di atas yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi Windows 7, maka tahapan berikutnya adalah proses eksekusi nya. Berikut ini adalah urutan-urutan singkat bagaimana cara instal Windows 7 dengan usb yang bisa anda ikuti tahapan demi tahapan.

Tahapan pertama dari cara instal Windows 7 lewat Flashdisk adalah dengan melakukan download software wintoflash sesuai dengan alamat yang ada pada bahasan di atas. Sesuaikan versi wintoflash yang hendak anda download dengan versi Windows yang nantinya akan anda gunakan untuk memindah file master instalasi Windows 7 ke Flashdisk .

Baca Juga:   Cara Menghapus Data Yang Tidak Bisa Dihapus

Setelah anda selesai melakukan download software wintoflash tersebut, maka cara instal Windows 7 menggunakan Flashdisk yang berikutnya adalah dengan melakukan instalasi software wintoflash pada komputer yang nanti digunakan untuk proses pemindahan file instalasi Windows 7.

  1. Setelah proses instalasi software wintoflash tersebut selesai maka tahapan berikutnya adalah proses menggunakannya. Silahkan anda jalankan software wintoflash dengan cara melakukan double klik pada shortcut yang ada di desktop.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 1
  2. Setelah anda menjalankan software wintoflash tersebut, maka silahkan anda memilih menu dengan menekan tombol “Windows setup transfer wizard”
  3. Setelah itu anda akan dibawa ke sebuah jendela yang akan membantu anda untuk melakukan proses pemindahan file instalasi Windows 7 yang berada pada DVD maupun yang masih dalam bentuk file ISO. Silahkan anda klik tombol “next” untuk melanjutkan tahapan cara instal Windows 7 menggunakan Flashdisk .
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 2
  4. Pada tahapan berikutnya silahkan anda memilih option “i have CD inserted….. “kemudian lanjutkan dengan menekan tombol “next”
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 3
  5. Tahapan berikutnya adalah anda akan diminta untuk memilih sumber dimana master Windows 7 terpasang dan parket Flashdisk yang akan digunakan untuk melakukan instal Windows 7 pake Flashdisk tersebut.
  6. Setelah itu silahkan anda klik tombol “next” yang nantinya akan membawa anda ke proses formating usb Flashdisk . Pastikan bahwa Flashdisk yang anda gunakan sebagai media instalasi Windows 7 sudah tidak berisi data penting atau anda sudah memiliki backup data pada Flashdisk tersebut.
  7. Silahkan anda lanjutkan prosesnya dan tunggulah beberapa saat hingga proses pemindahan seluruh file instalasi Windows 7 yang berada pada keping DVD maupun file iso selesai.

Setelah tahapan proses pemindahan master file instalasi Windows 7 ke usb Flashdisk selesai, maka tahapan berikutnya adalah proses setting BIOS supaya bisa booting ke Flashdisk . Proses untuk melakukan setting BIOS pada Netbook biasanya dimulai dengan menekan tombol f2 pada saat Netbook baru pertama kali dinyalakan. Silahkan anda cari menu boot option dan silahkan anda arahkan ke usb Flashdisk yang sudah terpasang pada Netbook. Setelah itu silahkan anda simpan perubahan dan keluar dari settingan BIOS.

Baca Juga:   Inilah Cara Memperbaiki Windows XP Dan 7 Tanpa Instal Ulang

Setelah anda selesai melakukan setting BIOS dengan mengarahkan proses booting pertama ke Flashdisk, maka setelah anda melakukan restart, Netbook secara otomatis Netbook tersebut akan melakukan booting ke Flashdisk yang sudah berisi master Windows 7. Setelah tahapan itu tentunya jendela “Welcome to Installation Windows 7” akan muncul. Dari tahapan ini tentunya anda cukup mengikuti langkah demi langkah yang harus dilakukan pada proses instalasi Windows 7 menggunakan Flashdisk .

  1. Tahapan pertama yang muncul pada proses instalasi Windows 7 menggunakan Flashdisk adalah munculnya jendela dengan pesan “Press Any Key To Boot From CD or DVD”. Silahkan anda tekan sembarang tombol yang di keyboard untuk memulai proses instalasi.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 4
  2. Setelah tahapan tersebut, silahkan tunggu beberapa saat. Anda tidak perlu melakukan tindakan apapun karena proses akan berjalan secara otomatis.
  3. Tahapan berikutnya adalah proses setting Bahasa Instalasi, Time dan Currency serta setting layout keyboard. Secara default anda tidak perlu melakukan perubahan pada settingan tersebut. Klik tombol “Nect” untuk melanjutkan.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 5
  4. Klik tombol “Install Now” untuk melanjutkan proses instalasi Windows 7 menggunakan flashdisk.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 6
  5. Tahapan berikutnya, anda akan disuguhkan informasi mengenai EULA atau persetujuan lisensi yang diberikan pihak Microsoft kepada penggunakan. Silahkan dibaca secara keseluruhan. Apabila anda sudah setuju, maka silahkan ceklist “I Accept the licence term” dan klik tombol “Next untuk melanjutkan.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 7
  6. Pada jendela selanjutnya, anda akan diminta untuk memilih konfigurasi instalasi windows 7, apakah memilih option “Upgrade” atau “Custom (advanced)”. Option upgrade dipilih manakala netbook yang hendak Anda instal Windows 7 menggunakan Flashdisk tersebut sudah terpasang sistem operasi Windows versi lawas . Absen ini hanya berjalan manakala anda memiliki sistem operasi Windows versi original . Sedangkan untuk option custom digunakan untuk melakukan clean install Windows 7 menggunakan flashdisk dari awal . Silahkan anda pilih option “Custom”
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 8
  7. Tahapan berikutnya adalah proses konfigurasi dari partisi harddisk pada netbook. Silahkan anda atur konfigurasi partisi harddisk pada komputer sesuai dengan kebutuhan. Perhatikan beberapa gambar berikut ini.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 9
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 10
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 11
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 12
  8. Setelah anda selesai melakukan konfigurasi partisi harddisk pada komputer, maka silahkan lanjutkan dengan menekan tombol “Next” seperti pada gambar diatas. Tahapan berikutnya adalah proses memulai Instal Windows 7 menggunakan flashdisk.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 13
  9. Proses instal Windows 7 menggunakan flashdisk ini akan berjalan secara otomatis dan komputer akan melakukan beberapa kali restart . Pada restart berikutnya , anda tidak perlu lagi melakukan penekanan  sembarang tombol pada keyboard ketika muncul pesan “press any key to boot from CD or DVD” .
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 14
  10. Pada tahapan selanjutnya, anda cukup membiarkan saja proses install windows 7 ini, karena semuanya akan berjalan secara otomatis.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 15
  11. Proses instalasi  windows 7 akan kembali dilanjutkan.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 16
  12. Setelah tahapan penyempurnaan instalasi windows 7 selesai, maka komputer akan melakukan restart kembali.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 18
  13. Setelah netbook restart, maka proses instal windows 7 hampir selesai. Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data seperti pada gambar dibawah ini.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 19
  14. Proses pembuatan password pada netbook Windows 7. Apabila hendak dikosongkan, maka silahkan klik tombol “Next” saja.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 20
  15. Tahapan berikutnya, anda akan diminta untuk memasukan product key dari windows 7. Silahkan anda skip saja untuk melanjutkannya.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 22
  16. Masih pada bagian “Setup Windows” Silahkan anda pilih “Use Recommended Setting” untuk membantu mempermudah anda didalam mengkonfigurasikan Windows 7.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 23
  17. Tahapan selanjutnya adalah proses konfigurasi waktu, tanggal dan juga zona waktu. Silahkan anda atur sesuai dengan kebutuhan.
    Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk 24
  18. Selesai sudah proses instal Windows 7 menggunakan flashdisk.
Baca Juga:   Cara Membagi Partisi Windows 7 Tanpa Install Ulang

Demikianlah tutorial mengenai cara install Windows 7 dengan flashdisk yang bisa saya bahas Pada kesempatan kali ini . Mudah-mudahan tahapan demi tahapan Bagaimana cara instal Windows 7 dengan flashdisk di atas bisa memberikan gambaran kepada anda yang hendak melakukan  install Windows 7 pada netbook yang memang jarang sekali menyertakan CD/DVD ROM drive sehingga mau tidak mau harus menggunakan media flashdisk untuk melakukan instalasi sistem operasi Windows 7 . Mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda , terima kasih dan selamat mencoba .​

Artikel menarik lainnya

Cara Menghapus Data Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Data Yang Tidak Bisa Dihapus

Kondisi dimana pada saat kita menghapus sebuah file namun file tersebut tidak bisa dihapus. Kondisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *