Home / Elektronika / Cara Kerja Sistem AC Pada Mobil

Cara Kerja Sistem AC Pada Mobil

Bagi setiap pemakai mobil, pastinya sudah memahami serta mengenal Apa itu air conditioner atau AC. Runtuhnya, mobil yang memakai sistem pendingin AC sudah menjadi sebuah keharusan untuk setiap pengendaranya. Untuk itu,cara kerja sistem AC mobil perlu diketahui oleh setiap pengguna sehingga jika suatu saat mengalami permasalahan maka bisa melakukan proses maintenance sendiri.

Cara Kerja Sistem AC Pada Mobil

Disamping itu, ketika setiap pengguna mobil memahami cara kerja sistem AC pada mobil, maka tentunya anda akan bisa mengetahui secara pasti apa saja penyebab dari kerusakan yang terjadi pada mesin mobil. Secara sederhana cara kerja sistem AC mirip dengan cara kerja pada kulkas di mana AC pada mobil bertugas untuk mengganti udara yang kondisinya panas yang berada di dalam mobil dengan udara yang dingin dengan teknik mengeluarkannya.

Secara sederhana pula apa cara kerja sistem AC pada mobil yakni dengan teknik mensirkulasikan freon yang berada pada AC mobil ketika AC mobil sedang beroperasi. Untuk lebih jelasnya mengenai sistem kerja AC mobil, Berikut ini adalah penjelasannya untuk anda.

Cara kerja sistem AC mobil

Bagian dari kompresor AC akan berputar akan menghisap komponen yang berbahan dasar freon di dalam tekanan yang cukup rendah, kemudian akan memompa gas freon tersebut menuju ke bagian kompresor AC yang berada pada kondisi bertekanan serta memiliki suhu yang tinggi. Berikutnya, freon yang berada pada bentuk gas akan diubah menjadi bentuk cair oleh bagian kondensor.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Pijar Pada Kendaraan

Lalu, freon cair akan melewati bagian receiver dryer guna dilakukan penyaringan apabila di dalam freon terdapat kotoran. Setelah melewati bagian receiver dryer, lalu freon akan menuju ke bagian ekspansi valve lewat saluran yang cukup sempit di mana posisinya ada pada bagian ekspansi valve serta akan dilakukan proses pengkabutan oleh evaporator.

Selanjutnya, dari bagian evaporator, freon akan kembali dilakukan penghisapan pada bagiankompresor AC serta siklus atau proses tadi akan diulang kembali dari awal. Di samping memahami dengan sebenar-benarnya cara kerja AC pada mobil, maka tentunya tidak ada salahnya pengguna mobil juga memahami bagian-bagian dari AC. Mari kita lanjutkan pembahasan mengenai komponen-komponen AC serta prinsip kerja dari komponen AC tersebut

Komponen AC dan prinsip kerjanya

1. Bagian kompresor AC

Bagian kompresor AC akan bekerja sama dan bekerja secara bersamaan dengan putaran mesin yang berfungsi untuk menghisap bagian-bagian yang berasal dari evaporator serta akan melakukan pemompaan freon menuju ke pada bagian kondensor AC lewat saluran bertekanan tinggi di pipa AC. Pada bagian kompresor AC ada bagian oli khusus yang berfungsi sebagai pelumas.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Tape Mobil

2. Bagian kondensor

Bagian kondensor di dalam AC memiliki kegunaan untuk mengubah gas freon yang bersuhu dan mempunyai tekanan tinggi yang mana sudah dilakukan pemompaan pada bagian kompresor menjadi cairan. Langkahnya yaitu dengan proses membuang panas atau mendinginkan dari gas freon tersebut dengan menggunakan bantuan yang berasal dari motor cooling fan atau extra fan.

3. Bagian receiver dryer

Bagian freon cair akan bergerak dan masuk ke dalam inlet receiver dryer dengan melewati bagian filter yang berasal pada kondensor AC yang berfungsi untuk melakukan penyaringan apabila terdapat kotoran yang ikut masuk. Sejumlah sistem AC pada mobil tidak mempunyaireceiver dryer yang disebabkan mempunyai proses kondensasi yang sudah cukup sempurna pada bagian kondensornya.

4. Bagian Ekspansi valve

Bagian ekspansi valve merupakan sebuah saluran yang cukup sempit yang berfungsi sebagai tempat freon mengalir serta memiliki tekanan tinggi yang berasal dari receiver dryer dimana menuju ke bagian evaporator. Pada bagian ekspansi valve tersebut akan terjadi proses pengkabutan freon cair ketika melewatinya.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel USB Dengan UTP untuk Perpanjangan

5. Bagian evaporator

Pada proses pengkabutan yang terjadi ketika freon lewat ekspansi valve, lalu akan disalurkan ke bagian evaporator di dalam bentuk udara dingin. Udara dingin yang berasal dari kisi-kisi evaporator tersebut yang nantinya akan dihapuskan dengan bantuan tiupan angin dari bagian blower, yang mana nantinya bisa dirasakan di dalam bagian mobil.

6. Bagian Heather

Bagian datar memiliki kegunaan untuk memanaskan pada saat angin yang dikeluarkan oleh bagian blower lewat Heather. Bagian Heather tentunya memperoleh panas yang berasal daribagian radiator di mobil. Bagian heather di dalam AC mobil sering kaliada ketika mobil memang sengaja dibuat pada daerah yang mempunyai suhu cukup dingin sehingga memiliki kegunaan sebagai penghangat di dalam mobil.

Setelah anda membaca ulasan diatas mengenai cara kerja sistem AC mobil lengkap dengan komponen dan fungsinya, anda sudah memahami dengan sebenar-benarnya sistem kerja dari AC pada mobil. Mudah-mudahan, sedikit informasi diatas memang benar-benar bisa membantu anda di dalam memahami sistem kerja AC pada mobil. Terima kasih dan selamat beraktivitas, semoga kondisi AC mobil anda selalu awet dan terjaga.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung Biaya Listrik

Cara Menghitung Biaya Listrik Untuk Semua Golongan

Untuk para pemakai listrik jenis pascabayar, maka tentunya wajib untuk anda memahami cara mengetahui dan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *