Home / Hardware / Cara Kerja Sistem Komputer Paling Lengkap

Cara Kerja Sistem Komputer Paling Lengkap

Proses pengelolaan data yang memakai komputer sebagai salah satu media sering disebut dengan istilah electronic data Processing atau EDP. Proses pengolahan data merupakan proses yang mana proses data tersebut merupakan sebuah pemrosesan atau pengubahan ke dalam model yang lebih berarti dan lebih berguna yang merupakan model dari sebuah informasi.

Cara Kerja Sistem Komputer Paling Lengkap

Supaya komputer bisa dipakai untuk alat pengolah data menjadi informasi, maka tentunya dibutuhkan sebuah sistem yang mana disebut sistem komputer. Yang dimaksud dengan sistem yakni terdiri dari sejumlah elemen yang saling terkait sehingga bisa menjadi sebuah kesatuan yang bisa dipakai guna mengerjakan tujuan utama dari sistem yang dimaksud.

Pada pembahasan kali ini, saya akan mencoba untuk mengurangi kan cara kerja sistem komputer Yang sering digunakan oleh kita sehari-hari. Tentunya, sistem tersebut dimulai dari proses pemasukan data, pemrosesan data, sampai dengan data tersebut siap untuk ditampilkan, dicetak dan dikeluarkan. Oleh sebab itulah maka silakan Anda Baca terus uraian berikut ini Apabila Anda ingin memperoleh penjabaran tentang sistem kerja komputer secara lengkap.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer 3D

Uraian dari cara kerja sistem komputer

1. Proses input atau pemasukan data

Tahapan awal dari proses pengelolaan atau pengolahan data adalah tahap input ataupun pemasukan data. Pada tahapan ini, sejumlah data mentah akan dimasukkan ke dalam sistem komputer dengan menggunakan alat yang disebut dengan input device. Beberapa contoh input device atau perangkat masukan yaitu scanner, Mouse, keyboard dan lain sebagainya. Alat-alat tersebutlah yang nantinya dipakai guna memasukkan data yang akan diolah. Sebagai contoh adalah keyboard dimana memiliki fungsi untuk memasukkan angka, huruf, serta beberapa simbol lainnya ke dalam komputer yang nantinya akan diproses.

2. Proses atau pemrosesan

Pada tahapan pemrosesan, sejumlah data yang sudah dimasukkan menggunakan perangkat masukan atau input device akan diproses. Pada tahapan ini, keseluruhan dikerjakan oleh bagian Processing device atau CPU. CPU merupakan sebuah bagian yang memiliki kegunaan untuk menghitung secara logika serta untuk kegiatan pengontrolan ( controller unit) dan juga perbandingan atau aritmatik logic unit. Pada tahapan tersebut, sejumlah data yang masih mentah tersebut akan diolah sedemikian rupa sehingga nantinya data siap untuk dijadikan sebuah informasi berupa catatan yang memiliki manfaat lebih banyak.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer HP

3. Output device atau pengeluaran

Pada tahapan ini, keseluruhan data yang sebelumnya sudah dimasukkan menggunakan input device, kemudian dilakukan pemrosesan oleh cpu, akan dilanjutkan dengan proses pencetakan. Tentunya, proses pencetakan tersebut dapat berupa soft copy maupun hard copy. Arti dari Hardcopy adalah bahwa informasi tersebut akan dicatat dalam bentuk fisik ngapain misalnya adalah dicetak kertas. Sementara itu, soft copy memiliki arti guna menampilkan gambar secara visual lewat proyektor maupun monitor. Contoh-contoh dari peralatan output adalah printer, proyektor dan monitor.

4. Storage device atau media penyimpanan

Pada tahapan ini, proses perekaman dari sejumlah pengolahan media ke dalam storage device atau alat penyimpanan dilakukan dan nantinya bisa digunakan kembali untuk keperluan lainnya. Kesimpulannya adalah bahwa sejumlah data mentah yang sudah mengalami pengolahan bisa disimpan ke dalam storage device supaya suatu saat bisa dipakai kembali apabila dibutuhkan.

Demikianlah sejumlah penjelasan mengenai cara kerja sistem komputer yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan, apa yang saya sampaikan pada artikel kali ini mampu mengembangkan kemampuan Anda pada bidang komputer Sehingga anda benar-benar memahami sistem kerja dari komputer secara keseluruhan. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Baca Juga:   Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi utama prosesor

Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Kata prosesor tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia ini. Hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *