Home / Otomotif / Mobil / Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil

Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil

Sesuai dengan namanya Apakah sistem pendingin mobil memiliki kegunaan untuk mencegah overheating atau mencegah panas secara berlebihan serta berfungsi untuk mendinginkan mesin mobil. Seperti yang kita ketahuibahwa sistem pendingin pada mobil terdiri dari dua jenis, yakni sistem pendingin dengan udara dan sistem pendingin dengan air.

Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil

Akan tetapi, untuk mobil Sekarang rata-rata sistem pendingin yang dipakai adalah menggunakan sistem pendingin air. Sebenarnya, ada kerugian dari sistem pendingin air di mana konstruksi dari sistem pendingin air cukup rumit dan tentunyamemiliki biaya yang cukup mahal Apabila dibandingkan dengan penggunaan sistem pendingin udara.

Sementara itu, Adapun keuntungan dari penggunaan sistem pendingin air adalah proses pendinginan yang lebih cepat serta lebih aman dikarenakan bagian dari ruang bakar mobil sudah dikelilingi oleh air dimana memiliki fungsi untuk meredam getaran dan meredam bunyi. Disamping itu, sistem pendingin air juga Bisa dimanfaatkan sebagai pemanas ruangan atau Heather atau sumber panas. Di dalam sistem pendingin air sudah dilengkapi adanya water pump atau pompa air, water jacket, fan atau kipas, thermostat, fan clutch, serta hose atau selang karet

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Di Tanjakan Macet

Cara kerja sistem pendingin mobil

1. Dalam kondisi mesin dingin

Tekanan yang berada pada sistem pendingin akan dipompa oleh bagian pompa air serta bersirkulasi yang dimulai dari bagian water pump kebagian watercat Joget kebagian Bypass hose Yang mana nantinya akan kembali lagi ke bagian water pump. Disaat mesin masih dalam kondisi dingin, maka tentunya kondisi air juga masih dingin yang mana akan mengakibatkan bagian katup thermostat akan tertutup.

Ketika mesin masih dalam kondisi dingin, maka tentunya air tidak akan bersirkulasi lewat radiator. Hal tersebut memiliki tujuan supaya air pendingin serta Mesin bisa dengan cepat masuk ke dalam suhu maksimal, Mengingat bahwa kemampuan dari mesin akan tetap dalam kondisi maksimal manakala suhu mesinnya tetap terjaga. Suhu mesin yang baik adalah tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin.

2. Dalam kondisi mesin panas

Pada saat mesin mobil suhunya sudah naik dan cukup panas, misalnya ada pada angka 85 derajat celcius, maka, bagian thermostat apaan terbuka serta katup Bypass akan tertutup pada Bypass sirkuit, sehingga pada akhirnya akan ada aliran air pendingin yang berasal dari bagian radiator ke lower Hose, kebagian water pump, kebagian watercat skate, kebagian upper hose yang nantinya akan kembali lagi ke bagian radiator guna didinginkan dengan menggunakan kipas sekaligus udara yang didapat dari pergerakan mobil itu sendiri.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Agya Matic Dengan Mudah

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara kerja sistem pendingin mobil yang mana sistem pendingin mobil merupakan salah satu bagian yang cukup vital dan penting. Apabila sistem pendingin tidak bekerja, maka ada kemungkinan mesin mobil akan mengalami overheat sehingga pada akhirnya mobil akan mogok dengan sendirinya. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

Apa kabar Pembaca sekalian? Pada hari ini saya akan mencoba mengulas tentang penyebab lampu indikator …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *