Home / Tips dan Trik / Cara Masuk Safe Mode Windows 7 Dengan Cepat

Cara Masuk Safe Mode Windows 7 Dengan Cepat

Apakah selama ini anda sedang mencari cara masuk Safe Mode Windows 7 dengan cepat? Apakah sekarang ini komputer Windows anda sedang mengalami masalah dan harus masuk ke dalam Safe Mode supaya bisa melakukan beberapa aksi? Apabila jawabannya ya, maka tentunya anda berada pada artikel yang tepat karena pada kesempatan kali ini saya hendak membahas mengenai cara masuk Safe Mode Windows 7 dengan cepat. Sebenarnya cara masuk Safe Mode Windows 7 yang akan saya bahas juga bisa diterapkan untuk cara masuk ke Safe Mode pada Windows XP.

Cara Masuk Safe Mode Windows 7 dengan cepat

Cara masuk Safe Mode Windows 7 dengan Windows XP hampirlah sama. Bahkan, pada beberapa versi Windows sebelum Windows XP juga memiliki aturan yang sama ketika hendak masuk ke dalam Safe Mode. Teknik masuk Safe Mode pada Windows sudah mulai berbeda setelah versi Windows masuk ke angka 8. Nantinya, saya juga hendak membahas bagaimana cara masuk Safe Mode pada Windows 8 dan Windows 10. Namun, pada kesempatan kali ini saya baru akan membahas mengenai cara masuk Safe Mode Windows 7 yang bisa diterapkan pada versi Windows XP dan Windows sebelumnya.

Sebelum membahas mengenai cara masuk Safe Mode pada Windows 7 serta Windows XP dan versi Windows sebelumnya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu manfaat dari Safe Mode pada Windows 7. Secara umum, ketika komputer Windows berada pada Safe Mode, hampir seluruh service yang tidak dibutuhkan akan dimatikan. Berbagai macam aplikasi background juga otomatis ikut dihentikan prosesnya. Proses yang berjalan pada Safe Mode adalah proses yang penting saja yang mempengaruhi kelangsungan hidup dari sistem operasi Windows 7 itu sendiri.

Baca Juga:   Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Tanpa Software

Dalam kondisi seperti itu, di mana tidak banyak terdapat service yang berjalan pada Windows 7 membuat proses maintenance Windows 7 bisa berjalan dengan cepat dan benar. Biasanya, pada Safe Mode di Windows 7 dimanfaatkan oleh para teknisi komputer untuk melakukan scanning hardisk yang terkena virus. Dalam kondisi Safe Mode pada Windows 7 virus yang menyerang komputer Windows dalam kondisi tidak aktif. Dalam kondisi tersebut, anti virus akan lebih mudah melakukan proses penghapusan berbagai macam virus yang menyerang komputer Windows 7.

Selain untuk melakukan scanning virus pada Safe Mode di Windows 7, kondisi Safe Mode juga bisa dimanfaatkan oleh beberapa orang guna mendiagnosa berbagai macam kesalahan-kesalahan yang biasanya diakibatkan oleh hardware komputer. Munculnya blue screen atau komputer yang restart sendiri pada saat digunakan adalah salah satu masalah yang harus di diagnosa, apakah bermasalah di sistem hardware nya atau bermasalah di sistem softwarenya.

Apabila dalam kondisi Safe Mode berbagai macam permasalahan blue screen tidak muncul, maka perlu dicurigai bagian yang bermasalah terdapat pada perangkat keras atau hardware. Demikian juga sebaliknya, apabila permasalahan blue screen juga tetap ada walaupun dalam kondisi Safe Mode Windows, maka perlu dicurigai bagian yang bermasalah adalah sistem operasinya.

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Radio Di PC Tanpa Internet

Adanya Safe Mode pada Windows 7 tentunya sangat bermanfaat bagi sejumlah besar pengguna komputer Windows. Banyak sekali hal yang bisa dilakukan di Safe Mode guna memaksimalkan kinerja dari komputer Windows itu sendiri. Lalu, bagaimana cara masuk Safe Mode pada Windows 7 atau Windows versi sebelumnya? Tahapan untuk masuk ke dalam Safe Mode pada Windows 7 juga tergolong sangat simple dan sangat sederhana.

Urutan Cara Masuk Safe Mode Windows 7 Dengan Cepat bisa anda simak pada bagian dibawah ini:

  1. Langkah pertama untuk masuk Safe Mode pada Windows 7 adalah dengan menyalakan komputer.
  2. Setelah proses POST komputer selesai, maka silahkan anda tekan tombol fungsi F8 untuk masuk ke dalam beberapa pilihan menu di Windows 7. Salah satu pilihan dari menu yang muncul setelah anda berhasil menekan tombol fungsi F8 adalah Safe Mode. (Catatan : Proses POST pada komputer adalah proses dimana BIOS selesai melakukan pengecekan perangkat keras yang terpasang pada komputer di awal proses penyalaan, meliputi Prosesor, RAM, perangkat yang terpasang pada port SATA atau IDE, serta Keyboard dan Mouse)
    Cara Masuk Safe Mode Windows 7 dengan cepat
  3. Silahkan anda pilih dengan meng highlight menu Safe Mode tersebut, lalu tekan tombol enter untuk memulai proses masuk ke dalam Safe Mode di Windows 7.
  4. Tunggulah beberapa saat hingga komputer Windows selesai loading pada Safe Mode. Proses loading yang terjadi di dalam menuju Safe Mode di Windows 7 tidak ditampilkan dalam Mode GUI, namun ditampilkan dalam Mode karakter.
    Cara Masuk Safe Mode Windows 7 dengan cepat 1
  5. Setelah anda berhasil masuk ke dalam Safe Mode di Windows 7, maka tampilan layar pada monitor komputer juga tidak sejernih pada saat kita masuk ke dalam Mode normal di Windows 7 . Hal tersebut dikarenakan driver VGA tidak dijalankan pada Safe Mode di Windows 7, sehingga tentunya tampilan monitornya akan sedikit rendah resolusinya.
  6. Namun, walaupun tampilan dari Safe Mode di Windows 7 tidak terlalu bagus, proses maintenance pada Windows 7 di bagian Safe Mode ini justru lebih mudah dan cepat.
  7. Setelah anda selesai melakukan maintenance pada Safe Mode di Windows 7, maka anda bisa merestart ulang komputer Windows anda dan membiarkan komputer loading secara normal menuju ke Windows dalam Mode normal.
Baca Juga:   Inilai 10 Tips Foto Selfie Supaya Terlihat Sempurna

Demikianlah beberapa langkah cara masuk Safe Mode di Windows 7 yang bisa anda terapkan juga pada versi Windows sebelumnya, mulai dari Windows XP, Windows 2000, Windows me, Windows 98 dan beberapa versi Windows lainnya. Intinya, cara masuk Safe Mode di Windows 7 adalah dengan menekan tombol fungsi F8 setelah proses  POST penyalaan komputer selesai. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *