Home / Pendidikan / Cara Masuk Sekolah Penerbangan

Cara Masuk Sekolah Penerbangan

Sekolah penerbangan hampirlah sama dengan sekolah pilot. Untuk bisa masuk ke dalam sekolah penerbangan bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan cara masuk sekolah penerbangan yang baik dan benar supaya kita bisa diterima untuk menempuh pendidikan di sekolah penerbangan tersebut. Bisa dikatakan pula, sekolah penerbangan merupakan sekolah yang elit sehingga tidak semua orang bisa masuk di dalamnya.

Cara Masuk Sekolah Penerbangan

Salah satu penghalang untuk bisa masuk sekolah penerbangan adalah masalah biaya atau dana. Hal tersebut memang cukup beralasan karena sekolah penerbangan merupakan sekolah yang mahal karena nantinya apabila sudah berhasil lulus dari sekolah penerbangan dan berhasil menjadi pilot maka gaji yang akan diterima juga cukuplah tinggi.

Lalu, Bagaimana jika kita tidak memiliki dana yang cukup? Kita masih bisa memperoleh tambahan dana dengan cara mendapatkan beasiswa. Hanya saja, untuk bisa mendapatkan beasiswa juga dibutuhkan kriteria tertentu yang harus anda penuhi. Selain masalah biaya, ada juga beberapa bagian yang perlu kita pahami bersama sebagai alur cara masuk sekolah penerbangan.

Cara masuk sekolah penerbangan

Dibawah ini adalah beberapa hal yang perlu kita perhatikan bersama supaya kita memiliki gambaran apa saja yang perlu dipersiapkan pada saat kita hendak masuk sekolah penerbangan. Masuk sekolah penerbangan tentunya cukup berbeda dengan masuk sekolah reguler dimana prosedur didalamnya tidak terlalu rumit. Berikut ini adalah ulasan singkat cara masuk sekolah penerbangan

Baca Juga:   Cara Move On Dari Gebetan Satu Sekolah

1. Kemampuan otak

Bekerja di bagian penerbangan Bukankah diperuntukkan untuk seluruh orang. Hanya orang-orang spesial saja yang bisa bekerja di dunia penerbangan. Kemampuan di dalam bahasa Inggris serta logika haruslah anda miliki dengan kualitas cukup baik. Apabila anda hendak masuk ke sekolah penerbangan, maka anda harus meningkatkan kemampuan tersebut. Apabila gagal, maka hal tersebut akan sangat merugikan anda karena anda harus kehilangan biaya tes pada saat masuk ke sekolah penerbangan. Sementara, biaya tersendiri pada saat seleksi berkisar antara 7 sampai dengan 13 juta. Tentunya, apabila anda gagal di dalam tas tersebut selain anda tidak diterima, uang anda juga tidak akan bisa kembali.

2. Kesehatan jasmani dan rohani

Kesehatan rohani dan jasmani haruslah dimiliki dengan baik untuk calon para penerbang. Untuk sekolah penerbangan dengan kualitas cukup bagus, calon siswanya harus mengikuti tes yang namanya tes medex. Tes medex ini meliputi tes mata, tes pendengaran, tes jantung, tes gigi, dan beberapa tes bagian tubuh lainnya. Untuk bisa lebih detil mengetahui apa saja tes medex, maka anda bisa mencarinya sendiri. Oleh sebab itu, Apabila Anda berniat untuk masuk ke sekolah penerbangan maka jagalah kesehatan anda mulai dari sekarang.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pembelajaran

Untuk tes kesehatan itu sendiri pada bagian yang berwenang melakukan pengetesan, yaitu ada di hapten yang berlokasi di balai kesehatan penerbang. Selain kesehatan, yang bentuknya berat badan dan tinggi yang dimiliki oleh calon siswa sekolah penerbangan haruslah ideal dan sesuai dengan syarat yang berlaku di masing-masing sekolah penerbangan.

3. Tingginya kompetisi untuk masuk sekolah penerbangan

Profesi penerbang merupakan salah satu profesi yang sangat diminati oleh hampir seluruh warga Indonesia dan dunia. Oleh sebab itu, maka tentunya sangat banyak masyarakat yang antusias untuk bersekolah di Sekolah penerbangan. Namun, untuk bisa masuk ke sekolah penerbangan bukanlah hal yang mudah. Banyak yang mau dan juga banyak yang mampu sehingga kompetisi untuk masuk sekolah penerbangan semakin tinggi.

Masing-masing sekolah penerbangan akan melakukan tes dengan ketat supaya siswa yang masuk di dalamnya benar-benar merupakan siswa terbaik. Oleh sebab itu, persiapkan diri Anda sebaik mungkin dari sisi prestasi, kemampuan, akhlak dan berbagai macam hal lainnya. Sekolah penerbangan merupakan sekolah yang berdisiplin tinggi dan memiliki aturan, jadi andalah yang harus mengikuti aturan sekolah bukan sekolah yang harus mengikuti standar anda.

Baca Juga:   Cara Moderator Membuka Dan Menutup Diskusi

Demikianlah sedikit ulasan cara masuk sekolah penerbangan khususnya hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum anda mendaftarkan diri untuk bisa masuk ke sekolah penerbangan tersebut. Banyak hal yang harus dipersiapkan karena standar untuk sekolah penerbangan cukuplah tinggi dan tidak bisa diikuti dengan sembarangan. Gagal di dalam mengikuti tes masuk sekolah penerbangan saja sudah membutuhkan biaya yang cukup banyak. Oleh sebab itulah maka persiapan dari awal termasuk kesehatan jasmani dan rohani sangatlah penting untuk dilakukan. Akhir kata, selamat berjuang, semoga Anda sukses untuk bisa masuk ke dalam sekolah penerbangan.

Artikel menarik lainnya

Apa Arti Dari Indonesia Menurut Beberapa Sumber

Apa Arti Dari Indonesia Menurut Beberapa Sumber

Indonesia merupakan negara yang kita tempati. Lantas, apa arti dari indonesia itu sendiri? Sebelumnya, mari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *