Home / Pendidikan / Cara Masuk Sekolah Pilot Cukuplah Sulit

Cara Masuk Sekolah Pilot Cukuplah Sulit

Cara masuk sekolah pilot untuk sekarang ini memanglah cukup sulit.in namun, Walaupun sulit tentunya kita bisa berupaya semaksimal mungkin supaya kita bisa masuk untuk belajar menjadi seorang pilot hingga akhirnya cita-cita kita bisa terlaksana. Bisa dikatakan, impian banyak orang  memanglah menjadi pilot. Namun, dari sekian banyak orang yang berkeinginan menjadi pilot contohnya banyak juga yang tidak mengetahui secara pasti Bagaimana proses untuk bisa masuk sekolah pilot. untuk itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas cara masuk sekolah pilot yang bisa Anda coba ikuti.

Cara Masuk Sekolah Pilot Cukuplah Sulit

Cara Masuk Sekolah Pilot Cukuplah Sulit

Menurut salah satu direktur yang bekerja di sekolah pilot, menyampaikan bahwa untuk bisa menjadi seorang pilot memang harus sekolah di sekolah khusus untuk pilot. Jenjang pendidikan sebelumnya untuk bisa masuk ke sekolah pilot adalah lulus SMA atau sederajat serta memiliki usia minimal 17 tahun. Sementara itu, untuk tinggi badan calon siswa di sekolah pilot adalah 160 cm. Mampu berbahasa Inggris dengan baik juga merupakan salah satu syarat mutlak untuk menjadi pilot di samping tubuh yang sehat.

Baca Juga:   Cara Diskusi Yang Baik dan benar

hanya saja, ada pengecualian pada sekolah pilot seperti STPI dimana calon siswa sekolah pilot minimal harus berasal dari SMA dengan jurusan IPA. Sementara itu, untuk tinggi badan 160 cm tidak lah wajib, artinya Calon siswa yang memiliki tinggi badan 160 cm kurang 1 centimeter atau 2 cm, namun setelah mengikuti tes kesehatan ternyata memiliki potensi untuk Bisa bertambah lagi, maka calon siswa tersebut bisa melanjutkan untuk proses pendaftaran Di sekolah pilot.

Tes kesehatan tidak dilakukan pada Puskesmas atau rumah sakit secara sembarangan, namun dilakukan di HATPEN  atau balai kesehatan penerbangan yang berlokasi di Jakarta. Departemen ini dimiliki oleh instansi Departemen Perhubungan. Beberapa bagian yang dilakukan pengetesan pada calon siswa sekolah penerbangan diantaranya adalah jantung, mata, pendengaran, serta EEG.Untuk bisa lolos seleksi tes kesehatan dengan mudah di balai kesehatan penerbangan tersebut, maka peserta tidak boleh memiliki kelainan mata atau buta warna, penyakit jantung serta epilepsi.

Dikarenakan Bahasa komunikasi sehari-hari seorang pilot adalah menggunakan bahasa Inggris, maka kemampuan bahasa Inggris pada proses tes tersebut adalah merupakan sebuah kewajiban. Bahasa Inggris akan digunakan oleh pilot untuk berkomunikasi dengan Air Traffic Controller atau dikenal dengan istilah ATC yang berada di bandara.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Menjadi Pintar Di Sekolah

Apabila kemampuan berbahasa Inggris pas-pasan, bahkan ada di bawah maka setelah berhasil lulus dari sekolah pilot rata-rata calon pilot tersebut akan mengalami kesulitan karena tidak bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik.Oleh sebab itulah, kemampuan di dalam bahasa Inggris merupakan salah satu penentu Apakah anda layak untuk menjadi calon pilot atau belum.

Sebagai tambahan informasi disampaikan bahwa masing-masing maskapai rata-rata tidak mau mengambil resiko dengan cara mempekerjakan seorang pilot yang tidak bisa berkomunikasi serta mengerti instruksi yang berasal dari ATC. Oleh sebab itulah, apabila kemampuan di dalam bahasa Inggris Anda masih pas-pasan, maka alangkah baiknya untuk selalu belajar menguasai bahasa Inggris dengan sebaik-baiknya.

Harap untuk ingat pula  apabila ditemukan adanya sekolah pilot yang tetap menerima calon siswanya sementara ada berbagai macam persyaratan yang tidak terpenuhi maka tentunya menjadi sebuah tanda tanya. Sebab, bentuknya sekolah pilot haruslah memperdulikan siswanya nanti apabila sudah lulus, berusaha supaya siswa tersebut memiliki kompetensi untuk benar-benar bisa menjadi seorang pilot yang handal dan bisa dengan mudah diterima di berbagai maskapai penerbangan. Jangan sampai, sekolah pilot yang sudah anda tempuh cukup lama tidak akan bisa menghantarkan anda untuk bisa menjadi seorang pilot.

Baca Juga:   Cara Agar Punya Banyak Teman Di Sekolah

Ada banyak kasus dimana terjadi penyesalan di akhir ketika orang tua dan calon pilot merasa awam di dalam memilih sekolah pilot di awal. Oleh sebab itulah cara masuk sekolah pilot tetap harus dipahami oleh setiap orang tua yang hendak menyekolahkan anaknya di sekolah pilot tersebut sehingga berbagai macam persyaratan untuk bisa masuk sekolah pilot bisa terpenuhi dan pada akhirnya bisa lulus dengan predikat yang bagus serta tanpa menunggu lama bisa bekerja di maskapai penerbangan. Terima kasih atas kunjungan anda, Semoga impian anda menjadi seorang pilot bisa terlaksana.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung 2,5 Persen Pada Zakat

Cara Menghitung 2,5 Persen Pada Zakat Yang Perlu Dipahami Bersama

Di bulan Romadhon, di samping kita berpuasa untuk menahan haus dan lapar, di bulan tersebut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *