Home / Software / Windows / Cara Membagi Partisi Windows 7 Tanpa Install Ulang

Cara Membagi Partisi Windows 7 Tanpa Install Ulang

Membagi partisi Windows 7 tentunya wajib untuk dilakukan karena partisi pada sebuah hardisk memiliki banyak sekali manfaat. Namun, bagi seorang pemula di bidang komputer kadang kala masih merasa bingung bagaimana cara membagi partisi Windows 7 dengan cepat tanpa proses instal ulang. Rata-rata, pemain baru di dunia komputer mengenal partisi hardisk pada saat melakukan instal ulang sistem operasi Windows.

Cara Membagi Partisi Windows 7 Tanpa Install Ulang

Dengan memanfaatkan salah satu fitur yang ada pada Windows 7 menjadikan kegiatan membagi partisi Windows 7 bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan bagi seorang pemula sekalipun, cara membagi partisi Windows 7 tanpa instal ulang bisa dipelajari dengan cepat dan mudah. Untuk membantu anda di dalam mengetahui cara melakukan partisi Windows 7 dengan cepat dan mudah, pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berbagi pengalaman mengenai cara membuat partisi Windows 7 dengan cepat dan aman. Sebelum kita belajar bagaimana cara membagi partisi Windows 7, alangkah baiknya kita mengetahui beberapa manfaat adanya partisi pada Windows 7.

Beberapa manfaat dari partisi Windows 7 adalah sebagai berikut:

  1. Ketika hardisk dibagi menjadi beberapa partisi, maka proses maintenent bisa dilakukan dengan lebih ringan dan cepat. Beberapa proses maintenance yang perlu dilakukan pada hardisk komputer Windows 7 adalah scan disk hp disk clean up, dan disk defragmenter. Karena ukuran partisi hardisk yang tidak terlalu besar membuat beberapa kegiatan maintenance komputer bisa diselesaikan dalam waktu yang relatif singkat.
  2. Ketika terjadi permasalahan pada salah satu partisi hardisk, maka kondisi partisi hardisk yang lain tidak akan terpengaruh. Misalnya, partisi hardisk ke 1 terkena serangan virus, maka partisi hardisk yang lain tetap dalam kondisi aman asalkan tidak dilakukan aktivitas yang memicu virus bisa menyebar ke partisi hardisk yang lain.
  3. Pengorganisasian pada beberapa jenis file juga lebih mudah dilakukan apabila sebuah komputer memiliki beberapa partisi.sebagai contoh, file musik bisa disimpan pada partisi d, file video bisa disimpan pada partisi e, file pekerjaan kantor bisa disimpan pada partisi f, dan begitu juga seterusnya. Intinya pada proses pengorganisasian jenis file yang lebih rapi akan membuat kita lebih cepat di dalam menemukan jenis file yang diinginkan.
  4. Apabila terjadi permasalahan fisik pada salah satu partisi, misalnya terkena bad sector, maka file yang berada pada partisi yang lain akan tetap terjaga. Pada model pembagian partisi, proses untuk mengatasi masalah bad sector juga lebih dipermudah, lantaran kita bisa melewati bagian hardisk yang terkena bad sector tersebut.
Baca Juga:   Cara Menghapus Data Yang Tidak Bisa Dihapus

Itulah beberapa manfaat dari partisi hardisk.oleh sebab itu, wajib hukumnya bagi sebuah komputer supaya hardisk nya bisa dibagi menjadi beberapa partisi. Tahapan berikutnya adalah kita mempelajari langkah demi langkah bagaimana membagi partisi Windows 7 tanpa instal ulang. Dengan kata lain,kita membagi partisi pada Windows 7dimana komputer yang digunakan juga sudah cara instal sistem operasi Windows 7.

Cara membagi partisi Windows 7 tanpa instal ulang:

  1. Langkah pertama, silahkan anda klik tombol start menu, lalu silahkan anda ketik perintah “diskmgmt.msc” pada edit box yang sudah disediakan lalu lanjutkan dengan menekan tombol “Enter”.
  2. Selain menggunakan perintah pada poin pertama,membagi partisi Windows 7 bisa dukungan dengan klik start menu, klik kanan menu “Computer” lalu silahkan anda memilih menu “Manage”.
    Cara Membagi Partisi Windows 7 1
  3. Setelah jendela “Computer Management” terbuka, silahkan anda lanjutkan dengan memilih menu disk management lalu silahkan anda memilih hardisk yang akan diubah partisinya lalu silahkan klik pilihan menu “Shirink Volume…” Untuk lebih jelasnya anda bisa memperhatikan gambar dibawah ini.
    Cara Membagi Partisi Windows 7 2
  4. Pada bagian selanjutnya, anda akan diminta untuk mengisi beberapa data isian angka terkait dengan proses pembuatan partisi pada Windows 7. Pada jendela yang muncul silahkan anda isi sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda perhatikan contohnya dibawah ini.
    Cara Membagi Partisi Windows 7 3
  5. Setelah anda menyelesaikan tahapan di atas, maka terbentuk 1 partisi baru. Untuk mengaktifkan partisi tersebut supaya bisa digunakan lain bisadilakukan dengan memilih partisi yang hendak diaktifkan klik kanan dan pilih menu “new simple volume”. Untuk lebih jelasnya anda bisa memperhatikan gambar di bawah ini.
    Cara Membagi Partisi Windows 7 4
  6. Lanjutkan proses membagi partisi Windows 7 tanpa instal ulang di atas dengan mengklik tombol “Next” sampai dengan munculnya tombol “Finish”.
Baca Juga:   Cara Instal Windows 7 Dengan Flashdisk Paling Cepat

Setelah selesai di dalam melakukan pembagian partisi Windows 7, maka tiba saatnya anda untuk melakukan pengecekan pada ktentunya sangat merepotkan “Computer Explorer” apakah pada jendela explorer sudah ditambahkan1 buah partisi baru. Apabila pada jendela “Computer Explorer” sudah ditambahkan satu partisi baru dengan kapasitas sesuai dengan pengaturan yang dilakukan, maka anda sudah berhasil di dalam membagi partisi Windows 7 tanpa melakukan instal ulang Windows 7.mudah-mudahan artikel singkat kali ini bisa selalu memberikan tambahan pengetahuan bagi pengunjung setia InaneSia.com.

Artikel menarik lainnya

Cara Menghapus Data Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus Data Yang Tidak Bisa Dihapus

Kondisi dimana pada saat kita menghapus sebuah file namun file tersebut tidak bisa dihapus. Kondisi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *