Home / Elektronika / Cara Membuat Antena TV Sederhana Memakai Pipa Paralon

Cara Membuat Antena TV Sederhana Memakai Pipa Paralon

Apakah anda sekarang ini belum memiliki antena tv yang berkualitas? Atau Sebenarnya anda ingin membeli antena TV namun harganya masih mahal? Anda tidak perlu berkecil hati karena pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara membuat antena TV sederhana memakai pipa paralon namun memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan yang dijual di pasaran. Tentunya membuat antena TV sendiri lebih berhemat dan juga bisa melatih keterampilan di dunia elektronika dibandingkan dengan harus membelinya di toko. Modal yang perlu dikeluarkan untuk membuat antena TV sederhana ini juga cukup murah dan mudah didapat karena bahan-bahan yang diperlukan juga cukup mudah didapatkan di pasaran.

Antena TV yang akan kita jabarkan cara pembuatannya pada artikel kali ini memang tidak 100% menggunakan pipa paralon. Pipa paralon yang digunakan di dalam proses pembuatan antena TV ini berfungsi sebagai bracket yang mana bagian tersebut digunakan untuk memasang pipa pipa aluminium yang disusun sedemikian rupa. Lalu apa saja bahan dan alat yang diperlukan untuk mempraktekkan cara membuat antena TV sederhana ini?

Bahan dan alat untuk membuat antena TV sederhana:

  • Gergaji dengan ukuran mata kecil atau gergaji besi yang digunakan untuk memotong paralon.
  • Lem untuk paralon jenis PVC
  • 1 buah bor listrik dengan menggunakan mata bor ukuran kecil
  • Beberapa sekrup kecil yang digunakan untuk memasang terminal kabel coax
  • Klem cekak atau plastik Dengan ukuran menyesuaikan ukuran pipa paralon serta tiang antena
  • Kabel coax untuk TV dengan panjang secukupnya
  • Konektor untuk kabel coax TV
  • Sambungan pipa paralon jenis T sebanyak 4 buah dengan ukuran setengah inci
  • Pipa aluminium PVC dengan ukuran 30 cm sebanyak 2 buah dan ukuran 15 cm sebanyak 2 buah
Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Paralel Sederhana

Cara membuat antena TV sederhana:

Langkah pertama, sediakan sambungan T paralon, lalu melakukan pembelahan menjadi 2 memakai gergaji besipada bagian lobang dengan posisi satu arah. Kerjakan hal tersebut untuk sambungan paralon T keempat tempatnya. Hasilnya kurang lebih didapat seperti pada gambar di bawah ini:

Cara membuat Antena TV Sederhana Keren

Tahap berikutnya, silahkan anda sediakan pipa paralon yang memiliki panjang sekitar 30 cm dengan ukuran setengah inci. Bagian ini akan kita manfaatkan sebagai bagian penyangga T pipa PVC yang tadi. Langkah membuat bagian segmen antena TV memakai T PVC bisa anda kerjakan seperti pada gambar dibawah ini:

Cara Membuat Bracket Antena Analog

Manfaatkan bagian penutup PVC yang memiliki ukuran sama guna menutup bagian atas antena TV paralon supaya bagian tersebut tidak bisa dimasuki air atau supaya terlihat lebih rapi dan juga keren. Proses pemasangan paralon diusahakan memakai pipa jenis aluminium yang memiliki ukuran sama dengan bagian lobang PVC setengah inchi. Apabila ukuran pipa aluminium antena terlalu kecil, maka anda dapat melakukan modifikasi T paralon yang kemudian bisa diselipkan diantara bagian lobang T paralon dengan pipa aluminium sehingga posisi dudukannya menjadi lebih kencang dan kuat.

Baca Juga:   Cara Membuat Genset Mini Tanpa Bahan Bakar

Langkah berikutnya, silahkan Anda persiapkan kabel antena, Lalu lakukan pengupasan di bagian ujungnya. Setelah itu silahkan Anda persiapkan kabel tersebut menjadi dua bagian, yaitu bagian serabut dan bagian inti. Sesuai dengan gambar yang sudah ditunjukkan pada bagian di atas, anda bisa menggabungkan terlebih dahulu bagian titik A dengan titik B menjadi satu memakai kabel jenis tunggal dengan memanfaatkan skrup kecil yang terlebih dahulu Dibor memakai bor listrik guna melakukan pemasangan sekrup bagian pada kedua ujung kabel tersebut. Posisikan sedemikian rupa sehingga bagian mata bor mampu menembus sebagian ujung pipa aluminium yang terdapat di dalam T PVC tersebut. Di saat anda melakukan pemasangan, usahakan juga supaya badan sebab tersebut bisa menjauh bagian pipa aluminium yang ada di dalamnya.

Pemasangan Antena TV Sederhana Keren

Lakukan pemasangan bagian kabel antena dengan posisi kabel serabut pembagian Terminal B dan kabel inti atau kabel yang satunya ke bagian Terminal D. Apabila anda memasang kabel tersebut secara terbalik juga tidak akan menjadi masalah.Dalam hal ini, anda bisa melakukan modifikasi dan kreasi sesuai dengan keinginan Supaya hasil yang terlihat nantinya bisa terkesan lebih terapi. Salah satu contohnya adalah dengan memasukkan kabel kabel pada Pipa paralon jenis PVC.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Untuk ukuran pipa aluminium nya, Anda juga bisa menyesuaikan dengan keinginan Anda, termasuk adalah pada diameter dari pipa aluminium yang akan digunakan. Misalnya, ukuran diameter pipa aluminium 15 cm bisa anda ubah dengan pipa aluminium dengan ukuran diameter 14 cm sampai dengan 20 cm. Untuk pipa aluminium yang memiliki ukuran 30 cm bisa anda ubah dengan pipa aluminium yang memiliki ukuran diameter berkisar dari 28 cm sampai dengan 40 cm. Selain itu, anti juga bisa melakukan pemutaran arah antena baik antena satu maupun antena dua ke arah yang berbeda di saat pemasangannya. Cukup mudah dan keren bukan Bagaimana cara kita membuat antena TV sederhana dari paralon?

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara membuat antena TV sederhana memakai pipa paralon yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, tutorial ini bisa menginspirasi anda di dalam proses pembuatan antena televisi sehingga Anda tidak perlu lagi untuk membeli antena TV di toko Elektronika yang harganya cukup mahal namun belum tentu sesuai dengan selera anda. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja AC Portable Yang Mudah Dipindah

Sistem Kerja AC Portable Yang Mudah Dipindah

Belakangan ini, suhu udara dan cuaca panas memang kerap terjadi sehingga pada akhirnya aktivitas di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *