Home / Elektronika / Cara Membuat ATS Genset Paling Lengkap

Cara Membuat ATS Genset Paling Lengkap

Teknologi ATS pada genset bukanlah teknologi baru sehingga Sebagai pengguna genset tentunya kita berusaha untuk memahami Bagaimana cara membuat ATS genset. Latar belakang tersebut diambil karena harga dari atas genset itu sendiri masih tergolong mahal. Lalu, Apakah anda mengetahui apa itu sebenarnya atas genset? ATS memiliki kepanjangan automatic transfer switch, yaitu merupakan sebuah alat yang berguna untuk melakukan pemindahan koneksi dari sumber listrik yang satu ke sumber listrik yang lainnya yang dilakukan secara otomatis. Atas ini sering juga disebut dengan istilah automaticcos yang memiliki kepanjangan dari change over switch.

Peralatan atas tentunya erat kaitanya dengan peralatan AMF. AMF itu sendiri memiliki kepanjangan dari automatic main Failure. Fitur ini berguna untuk menghidupkan mesin genset apabila peralatan yang terhubung dengannya kehilangan sumber daya listrik dari PLN atau sumber daya listrik utama.

Dari beberapa penjelasan diatas maka bisa kita logika bahwa ATS atau AMF memiliki fungsi untuk menghidupkan mesin genset pada saat sumber listrik utama yang berasal dari PLN mengalami pemadaman. Selain itu juga dilanjutkan dengan proses menghubungkan sumber daya listrik yang berasal dari genset ke berbagai macam peralatan listrik secara otomatis. Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara membuat ATS genset secara lengkap namun sederhana sehingga bisa dikerjakan oleh siapapun. Cara ini Tentunya bisa anda aplikasikan untuk pemakaian genset sehari-hari yang nantinya bisa digunakan di rumah ataupun di industri.

Sebagai pemahaman awal, proses pertama di dalam menghidupkan genset sudah memakai sistem starter listrik, yaitu cukup menekan tombol starter saja. Kemudian, untuk mematikannya juga demikian dimana kita cukup memencet tombol off saja. Apabila dan genset yang dimiliki kebetulan memiliki teknik menyalakan yang berbeda maka silahkan anda rubah terlebih dahulu system kerjanya seperti yang sudah saya Sebutkan Di depan. Intinya adalah untuk menghidupkan mesin genset cukup menekan tombol on, dan untuk mematikan mesin genset cukup menekan tombol off. Apabila anda mengalami kesulitan untuk mengubah sistem genset seperti itu, maka anda bisa menghubungi teknisi listrik ataupun penjual gensetuntuk memodifikasi pada bagian tersebut.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Sederhana

Pada pembahasan mengenai cara membuat ATS genset yang akan saya angkat pada postingan kali ini adalah bagaimana cara membuat panel ATS secara dasarnya saja. Tentunya fungsi tambahan seperti adanya ampere meter, Volt meter, frekuensi meter dan juga pilot lamp serta adanya phase Failure Rela tidak disertakan. Pada bagian ini saya hanya memfokuskan bagaimana otomatis fungsi dari sebuah janji yaitu menyala assist pada saat listrik PLN padam dan mati secara listrik PLN Menyala kembali menggunakan fitur ATS atau AMF.

Membuat ATS/AMF genset membutuhkan peralatan sebagai berikut:

  1. Select Switch sebanyak 2 buah
  2. Kontaktor 220 Volt 4pole sebanyak 2 buah yang mana komponen ini harus disesuaikan dengan NFB
  3. Rally 11 PIN 1 buah. Gunakan jenis Omron MK3P-1 220V (R1|) lengkap dengan soketnya
  4. Relay 8 pin 1 buah. Gunakan jenis omron MK2P-1 220V (R1) lengkap dengan soketnya
  5. TDR sebanyak 1 buah. Gunakan jenis Omron H3CR-A8, 220V lengkap dengan soketnya
  6. MCB 2A sebanyak 6 buah
  7. TDR sebanyak 2 buah. Gunakan Omron H3Y-2 24VDC lengkap dengan soketnya
  8. Relay sebanyak 1 buah. Gunakan jenis Omron MKS2PI 24VDC lengkap dengan soketnya
  9. Aki 12 volt sebanyak 2 buah (bisa diseri sehingga mendapatkan tegangan 24 volt). Sesuaikan juga dengan relay dan TDR dengan aki yang digunakan
  10. Kabel kawat dengan diameter 1.5 mm lengkap dengan garpu sesuai dengan kebutuhan
  11. Box panel dengan model dan ukuran yang disesuaikan
  12. Terminal atau soket untuk blok input output power yang disesuaikan dengan kebutuhan
  13. Terminal atau soket blok input output control model TR-10
  14. Rel untuk komponen
  15. Kabel jenis duct
  16. Kabel jenis ties
Baca Juga:   Cara Kerja AVR Genset Dan Cara Mengatasi Kerusakannya

Untuk mempermudah anda didalam memperlajari Cara Membuat ATS Genset, dibawah ini saya tampilkan salah satu gambar rangkaian atau skema dari ATS/AMF

Rangkaian Ats Genset

Prinsip kerja dari ATS:

Di dalam panel AMF atau ATS yang sudah ditunjukkan pada gambar di atas terbagi menjadi 3 Blok utama yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi Blok 1:

Blok 1 adalah sebuah rangkaian yang berguna sebagai detektor untuk sumber daya Inti atau utama. Blok 1 ini memiliki kegunaan sebagai pemberi informasi Bagaimana kondisi dari pada sumber listrik Inti atau utama, apakah dalam keadaan menyala atau dalam keadaan mati Yang diberikan kepada bagian rangkaian blok Starter mesin yang dipegang oleh bagian NC M1. Apabila listrik utama dalam kondisi hidup atau menyala, maka blok detektor ini juga akan menghidupkan bagian M1. Begitu juga sebaliknya, blok ini juga akan mematikan bagian stop engine pada NC R2 disaat kondisi listrik utama pada Matau mati.

Pada soket yang diberikan keterangan nomor 5 dan 6, anda wajib untuk menghubungkan secara seri pada rangkaian mesin genset yang berperan sebagai tombol off atau mati. Pada blok ini juga disediakan selector switch yang memiliki kegunaan Untuk memfungsikan rangkaian pada blok ini bekerja secara otomatis dan standar. Disaat blok ini bekerja dengan normal, maka bagian dari change over switch akan non aktif atau tidak bekerja.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Listrik Campuran Sederhana

Fungsi blok 2

Blok 2 dari rangkaian AMF atau ATS berisi rangkaian relay untuk mendeteksi daya genset. Secara umum fungsi dari relai detektor adalah rangkaian yang berguna sebagai receiver atau penerima informasi mengenai daya dan tegangan pada mesin genset pada bagian rangkaian utama ketika listrik Inti atau listrik dari PLN padam dengan cara meng on-kan bagian M2 sesaat setelah genset bekerja.

Fungsi blok 3

Blok 3 ini merupakan blok yang berisi engine starter. Blok ini memiliki kegunaan sebagai rangkaian untuk menyalakan mesin genset. Bagian ini berfungsi dan bekerja dengan mengikuti masukan yang berasaldari bagian blok detektor sumber daya inti atau blok NC M1 yang berperan sebagai bagian awal dari sistem kerja Star. Komponen T4 dan T3 memiliki kegunaan dari starter delay, sedangkan R3 berfungsi sebagai kontak starter.spesial untuk rangkaian pada blok 3 ini memakai komponen yang memiliki tegangan kerja sebesar 12 volt arus DC dan memakai aki sebanyak 2 buah dengan tegangan 12 volt DC serta dipasang dengan rangkaian seri.

Apabila pada suatu saat nanti anda menggunakan komponen pada blok 3 ini yang memiliki tegangan kerja sebesar 12 volt DC, maka anda cukup memakai aki sebanyak 1 buah saja. Pada rangkaian diblok 3 ini juga diberikan selector switch yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi pada bagian aki supaya selalu dalam kondisi stand by. Pada soket Terminal dengan label nomor 8 dan nomor 7, anda bisa menghubungkan secara paralel pembagian setarter atau aki guna menyalakan mesin genset.

Sekian penjabaran singkat mengenai cara membuat ATS genset paling mudah dan paling lengkap yang bisa saya bahas pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan bahasan singkat Pada kesempatan kali ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi anda yang sedang mencoba untuk memperdalam materi tentang genset. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja AC Portable Yang Mudah Dipindah

Sistem Kerja AC Portable Yang Mudah Dipindah

Belakangan ini, suhu udara dan cuaca panas memang kerap terjadi sehingga pada akhirnya aktivitas di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *