Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Membuat Bahan Bakar Air Untuk Sepeda Motor

Cara Membuat Bahan Bakar Air Untuk Sepeda Motor

Memang kedengarannya Aneh ketika kita mendengar cara membuat bahan bakar air untuk sepeda motor. Seyogyanya, sepeda motor dari dulu sampai sekarang pastilah membutuhkan bahan bakar berupa premium, pertalite atau pertamax sebagai bahan bakar untuk menghidupkan mesin. Namun ternyata ada sebuah cara membuat air menjadi bahan bakar yang sudah dipraktekkan oleh siswa SMAK di salah satu kota di Bali. Tentunya, hasil capaian yang sudah didapat oleh siswa SMAK tersebut cukup menyedot banyak perhatian.

Cara Membuat Bahan Bakar Air Untuk Sepeda Motor

Cara membuat bahan bakar air untuk sepeda motor yang sudah diujicoba oleh salah satu siswa yang berasal dari SMAK di Pulau Bali tersebut memang cukup menarik perhatian dari berbagai macam kalangan, termasuk adalah para dealer kendaraan untuk bisa menjadi bagian sponsor pada pengembangan bahan bakar air sebagai pengganti dari bahan bakar minyak tersebut. Tentunya, apabila bahan bakar air atau BBA benar-benar bisa diterapkan pada suatu kendaraan, maka nilai dari penghematan yang bisa didapat akan sangat tinggi.

Lantas, Bagaimanakah cara membuat bahan bakar air untuk motor tersebut? Disampaikan oleh salah satu siswa yang berasal dari jurusan Teknik Mesin pada sekolah tersebut yang bernama Ni Made Ayu Rita Adriani bahwasanya BBA atau bahan bakar air pada sepeda motor buatannya tidaklah murni hanya mengandalkan air saja. Di dalamnya, masih terdapat sejumlah bahan lain yang dipakai sebagai campuran bahan bakar air.

Baca Juga:   Komponen Kelistrikan Sepeda Motor Dan Fungsinya

“Bahan bakar yang digunakan tidak hanya dari air, akan tetapi juga sudah dicampur dengan soda kue supaya bisa menimbulkan panas” ujar pencetus dari BBA yang berasal dari desa Mambang, Kecamatan selemadeg Timur di hari Sabtu tanggal 16 bulan April.

Disampaikan pula oleh Ni Made Ayu Rita Andriani bahwasanya sistem kerja pada sepeda motor yang menggunakan bahan bakar air yaitu pada saat kunci kontak di nyalakan, maka bagian dari terminal positif tabung reaktor memperoleh aliran arus listrik yang berasal dari aki dan akan mengalir di kumparan maupun lilitan yang ada di dalam tabung pertama atau tabung reaktor. Setelah itu nantinya akan muncul efek pemanasan dari campuran air dengan soda kue yang pada akhirnya akan memproduksi gas.

Dilanjutkan pula oleh satu tim Ni Made Ayu Rita Adriani, yakni I Dewa Gede Eka Putra Wirawan, apabila sepeda motor yang dipakai adalah sepeda motor jenis biasa yang mana nantinya dimodifikasi dengan cara menambahkan 2 toples kaca yang memiliki kegunaan sebagai tabung reaktor dan juga tabung filter.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

Nantinya, tabung reaktor isinya adalah campuran dari soda kue, sementara itu isi dari tabung filter hanyalah untuk penyaringan saja. Pada sisi takaran, air sebanyak 1 liter akan dicampurkan dengan soda kue sebanyak 25 gram atau satu sendok makan. Pada tabung reaktor Nantinya juga akan ada lilitan atau kumparan.

Selanjutnya, pada saat reaktor memproduksi gas, gas tersebut yang merupakan hasil dari adanya reaksi soda kue dengan reaksi air yang sudah dipanaskan akan dialirkan ke bagian tabung 2 yang berfungsi sebagai katalisator atau filter. Tahapan tersebut bertujuan untuk kegiatan penyaringan.

Berikutnya, gas keluaran akan dialirkan ke bagian percabangan dari saluran hisap lewat pipa vacuum membrane Yang berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar ke bagian in take manifold ke arah ruang pembakaran.

Ditambahkan pula oleh Kepala Sekolah di mana Ni Made Ayu Ita Adriani mengenyam pendidikan bahwa apabila pada pemakaian air sebanyak 1 liter yang dicampur kan soda kue sebanyak 1 sendok makan dan BBM sebanyak 2 liter akan mampu untuk menempuh jarak kurang lebih 120 km.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Byson

Tentunya, cara membuat bahan bakar dari air yang sudah dipelajari oleh siswa bernama Ni Made Ayu Rita Adriyani tersebut barulah pada tahap prototype yang belum bisa diaplikasikan 100% kendaraan sepeda motor. Masih perlu banyak analisis pengembangan dan uji coba supaya memperoleh hasil maksimal.

Demikianlah penjabaran singkat tentang cara membuat bahan bakar air untuk sepeda motor yang merupakan Inovasi dan karya siswa siswa SMAK yang patut untuk mendapat apresiasi dan dukungan dari semua pihak supaya mereka akan selalu mampu untuk mengembangkan penemuan-penemuan yang telah mereka dapatkan. Terima kasih dan selamat berinovasi pula untuk anda.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Menghitung CC Motor

Cara Menghitung CC Motor Yang Wajib Diketahui Oleh Siapapun

Sebenarnya, Para produsen sepeda motor tentunya sudah menginformasikan kapasitas mesin sepeda motor yang mereka produksi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *