Home / Umum / Manfaat / Cara Membuat Bahan Bakar Dari Plastik

Cara Membuat Bahan Bakar Dari Plastik

Mempelajari cara membuat bahan bakar dari sampah merupakan salah satu alternatif yang bisa ditempuh oleh manusia guna meminimalisir jumlah sampah yang selalu bertambah setiap harinya. Memang,nya pemanfaatan sampah plastik di kehidupan sudah tidak bisa terelakkan lagi. Sejumlah besar penduduk di dunia memakai plastik untuk menunjang kegiatan kehidupan sehari-hari.

Cara Membuat Bahan Bakar Dari Plastik

Berdasarkan perhitungan dari Kementerian lingkungan hidup di tahun 2008, total dari jumlah sampah plastik di Indonesia setiap harinya mencapai 23.600 ton dan Sampai dengan saat ini telah terjadi penumpukan sampai dengan 6.000.000 ton atau bisa dikatakan setara dengan gajah dewasa sebanyak 1 juta.

Hal tersebut juga didukung dengan kegiatan impor plastik serta berbagai macam barang berbahan dasar plastik di sepanjang bulan Januari sampai dengan Juli pada tahun 2011 yang melonjak sampai dengan 46% Apabila dibandingkan pada periode sebelumnya, yakni di tahun 2010. Kondisi tersebut juga didukung lagi dengan tingginya permintaan akan bahan baku plastik dalam negeri. Berbagai macam jenis barang impor yang terbuat dari plastik dalam bentuk barang jadi contohnya adalah peralatan dapur/ piring plastik, mainan anak-anak yang terbuat dari plastik, dan terpal plastik import.

Tentunya, plastik memiliki keistimewaan di mana membutuhkan energi yang cukup hemat. Disamping itu, plastik juga mempunyai bobot yang cukup ringan, sangat praktis serta tidak mudah pecah sehingga membuat masyarakat tidak dapat terlepas dari plastik. Indonesia Solid waste Association atau inswa yang telah berdiri di tahun 2003 yang berperan sebagai salah satu wadah asosiasi yang bertugas menangani secara khusus proses pengelolaan sampah Di Indonesia menyampaikan bahwasanya perlu untuk masing-masing warga masyarakat guna mendukung proses penggunaan serta pengelolaan plastik yang ramah lingkungan.

Masalah plastik di Indonesia adalah salah satu fenomena nasional yang membutuhkan perhatian khusus guna mendapatkan jalan keluar paling baik berkaitan dengan bagaimana melakukan daur ulang, pemakaian kembali, pengurangan serta pengelolaan plastik.

Baca Juga:   Manfaat Kantong Plastik Yang Sangat Penting

Sesuai dengan yang disampaikan oleh ketua umum inswa, yakni Insinyur Sri Bebassari, msi yakni 100% manusia di seluruh belahan dunia selalu menghasilkan sampah, namun hanya terdapat 1% yang memiliki kepedulian mengenai proses pengelolaan sampah tersebut. Tentunya, tidak ada satupun dari mereka yang memiliki kesediaan untuk ketempatan sampah, walaupun sampah tersebut merupakan hasil dari pembuangan dirinya sendiri.

Pada undang-undang nomor 18 tahun 2008 mengenai pengelolaan sampah, di mana pasal 15 berisi bahwa setiap produsen memiliki kewajiban untuk melakukan pengelolaan kemasan dan atau terhadap barang yang sudah diproduksi nya yang tidak bisa maupun sulit untuk diuraikan pada proses alam.

Berkaitan dengan semakin meningkatnya jumlah penduduk yang ada di Indonesia maupun dunia, pergerakan dari pemakaian plastik juga terus mengalami peningkatan. Pemakaian dari kemasan plastik juga mengalami peningkatan antara 10% sampai dengan 13% untuk setiap tahunnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Amerika telah menemukan sebuah fakta bahwasanya satu keluarga yang didalamnya terdapat 4 anggota keluarga, dalam waktu setahun dapat memakai kantong plastik sekitar 1460 buah. Selanjutnya, berdasarkan kajian penelitian dari inswa, pada setiap harinya, sejumlah orang Indonesia akan menghasilkan 0.5 kilogram sampah dan 13% diantaranya yakni masuk kategori sampah plastik.

Dengan pemanfaatan teknologi tepat guna, nantinya berbagai macam sampah plastik bisa dikelola kembali dengan cukup baik. Salah satu contohnya adalah yang sudah mulai dikembangkan, yakni Mengubah sampah plastik untuk dijadikan bahan bakar minyak yang setara dengan Premium maupun Solar. Adapun sistem kerja yang dipakai yakni sistem kerja pirolisis, Dimana sampah plastik akan dipanaskan pada suhu yang sangat panas, yakni di atas 300 derajat celcius sampai dengan berubah menjadi uap, lalu akan didinginkan kembali oleh fluida cair guna memperoleh minyak yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga:   Cara Membuat Motor Bahan Bakar Air

Adapun alat yang digunakan pada sistem tersebut merupakan hasil pengembangan dari bapak Tri Handoko yang merupakan salah satu pengajar di SMKN 3 Madiun dengan cara melakukan modifikasi pada tabung kondensor dan tabung reaktor. Modifikasi juga telah dilakukan oleh Syamsiro yang saat ini sedang melanjutkan pendidikan S3 di negara Jepang bersama-sama dengan tim pada laboratorium konversi energi di jurusan Teknik Mesin di Universitas Gadjah Mada. Adapun tujuannya adalah guna mencari cara mengoptimalkan reaktor.

Cara membuat bahan bakar dari plastik Pada reaktor pengkonversi sampah

Jenis tabung reaktor yang digunakan adalah material bekas dari tabung freon yang memiliki ketebalan sekitar 3 mm. Selanjutnya, tabung kondensor didesain guna memproduksi bahan bakar minyak atau BBM yang setara dengan solar, sementara itu tabung kondensor yang lainnya didesain guna memproduksi BBM yang setara dengan Premium. Proses pemanasan memakai aktivitas pembakaran menggunakan LPG maupun dari biomassa, yakni dari sekam, potongan kayu atau yang lainnya.

Pada proses pengujian pertama dengan memakai gas sisa yang berasal dari reaktor elektrik yang ada pada laboratorium konversi energi jtmi UGM. Di kegiatan awal, proses tersebut bisa berjalan dengan lancar, terbukti pada botol menghasilkan gas dari proses pemanasan sampah plastik yang ada. Suhu bisa tercatat mencapai 178 derajat Celcius di tabung reaktor. Setelah proses pemanasan selama 2 jam, gas yang berada pada botol penampung minyak ternyata menghilang. Hal tersebut menunjukkan terjadinya kesalahan pada proses pemanasan.

Selanjutnya, proses pengecekan dilakukan pada bagian reaktor elektrik, dan ternyata tidak terdapat permasalahan. Akan tetapi, terdapat kondisi dimana sisa gas yang telah dibakar memang mengecil secara perlahan. Bisa disimpulkan bahwa hanya pada pengujian pertama dengan memakai gas sisa pembakaran yang berasal dari reaktor elektrik mengalami kegagalan. Asumsinya adalah gas sisa yang dibakar akan menimbulkan panas yang kurang stabil.

Baca Juga:   Manfaat Plastik UV dan Fungsinya

Pada uji coba yang kedua memakai kompor menggunakan minyak tanah dan memiliki tekanan. Masyarakat sering menyebut jenis kompor tersebut dengan istilah ngowos yang memakai bahan bakar terdiri atas 20% minyak pirolisis sampah plastik jenis ldpe dan 80% menggunakan Solar. Adapun tabung dari kompor diisi menggunakan 2 liter bahan bakar minyak. Suhu panas yang dihasilkan dari kompor cukuplah stabil sehingga diproses pengujian yang kedua tersebut dapat dikatakan cukup berhasil. Minyak yang diproduksi juga memiliki warna jernih. Pada proses pengujian yang selanjutnya apa ya silakan ditunggu update yang berikutnya.

Alat mengkonversi sampah plastik untuk dijadikan BBM memiliki harga yang cukup mahal. Berdasarkan informasi dari syamsiro bahwasanya alat yang sudah ideal dapat memiliki harga sampai dengan 100 juta rupiah. Pada skala penelitian yang memiliki ukuran panjang kali lebar kali tinggi, 30 * 20 * 40 di mana sisa gas dari proses pembakaran akan diproses kembali menggunakan inverter supaya hasil pembuangannya cukup aman untuk manusia memiliki harga tidak lebih dari Rp. 2.500.000 dan hampir seluruhnya menggunakan bahan material bekas. Namun tentunya minyak yang diproduksi sangatlah memuaskan.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara membuat bahan bakar dari plastik yang bisa dioptimalkan guna menjaga lingkungan hidup dari banyaknya sampah plastik. Sampah plastik merupakan salah satu jenis sampah yang cukup lama untuk diuraikan secara alami sehingga Alangkah baiknya apabila bisa dimanfaatkan untuk membuat minyak. Terima kasih dan selamat berkreasi.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Membuat Motor Bahan Bakar Gas LPG

Cara Membuat Motor Bahan Bakar Gas LPG

Perkembangan dunia otomotif semakin canggih di mana ada sebuah konsep cara membuat motor bahan bakar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *