Home / Tips dan Trik / Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Tanpa Software

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows Tanpa Software

Apakah anda mengetahui cara membuat bootable Flashdisk Windows tanpa Software? Selama ini, ketika kita ingin menginstal Windows pada netbook, tentunya kita harus menggunakan Flashdisk bootable yang sebelumnya dibuat terlebih dahulu menggunakan Software khusus, semisal adalah Software Rufus, Software WinToFlash dan beberapa Software untuk membuat bootable Flashdisk lainnya.

Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows

Tentunya, cara membuat bootable Flashdisk Windows menggunakan Software sudah banyak yang membahasnya. Oleh sebab itulah pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membuat bootable Flashdisk Windows tanpa Software sehingga komputer tidak perlu lagi di install beberapa aplikasi tambahan yang bisa saja memperlambat kinerja dari komputer itu sendiri.

Sebenarnya, cara membuat bootable Flashdisk Windows tanpa Software ini tetap saja menggunakan Software bawaan dari Windows, yaitu Command Prompt yang secara otomatis sudah terinstal pada sistem operasi Windows. Jadi kita cukup memanfaatkan secara langsung Software Command Prompt tersebut.

Seperti biasa, sebelum kita memulai untuk berlatih membuat bootable Flashdisk Windows tanpa Software, ada baiknya kita mempersiapkan terlebih dahulu alat tempur yang kita perlukan, yaitu Flashdisk dengan ukuran minimal 4 GB dan file ISO installer Windows. Disamping itu, usahakan kita menggunakan sistem operasi Windows terbaru supaya proses membuat bootable Flashdisk Windows tanpa Software bisa berjalan dengan lancar. Pada tutorial ini saya menggunakan sistem operasi Windows 10.

Jangan lupa, amankan terlebih dahulu seluruh file yang berada di Flashdisk yang nantinya akan digunakan untuk membuat bootable Flashdisk Windows. Hal tersebut dikarenakan pada proses pembuatan bootable Flashdisk Windows akan terjadi proses format, di mana proses tersebut tentunya akan membuat seluruh data yang ada di Flashdisk terhapus. Jangan sampai anda kehilangan data penting akibat dari proses format Flashdisk tersebut. Sudah siap untuk membuat bootable Flashdisk Windows tanpa Software? Mari kita lanjutkan.

Baca Juga:   Cara Membuat Status BBM Mendengarkan

Langkah membuat bootable Flashdisk Windows tanpa Software:

  1. Langkah pertama, silahkan anda buka jendela “Run” pada Windows dengan cara menekan kombinasi tombol “Win + R”
  2. Setelah jendela Run terbuka, silahkan anda ketik perintah “Diskpart” lalu silahkan tekan “Enter” untuk mengeksekusi perintah tersebut.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 1
  3. Setelah anda menekan tombol Enter pada jendela run, maka jendela command promt akan terbuka. Pada tahap berikutnya, silahkan anda ketik perintah “List Disk” lalu tekan Enter
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 2
  4. Nantinya akan dimunculkan list disk yang terpasang pada komputer. Termasuk didalamnya adalah Flashdisk yang sudah terpasang pada port USB komputer.pastikan bahwa Flashdisk yang nantinya digunakan untuk membuat bootable Windows sudah terpasang.pada contoh dibawah ini Flashdisk yang terpasang berada pada posisi disk 3.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 3
  5. Tahap selanjutnya, silahkan anda pilih dan aktifkan disk 3 dengan cara mengetik perintah “select disk 3” lalu lanjutkan dengan menekan tombol Enter pada keyboard. (apabila urutan Flashdisk yang terpasang berbeda dengan contoh diatas, maka silahkan anda ganti angka 3 sesuai dengan ID yang tertulis pada jendela Command Prompt)
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 4
  6. Bagian selanjutnya adalah proses penghapusan partisi, data dan juga file sistem yang ada pada flashdisk. Caranya adalah dengan mengetik perintah “clean” lalu menekan tombol Enter. Anda harus memastikan bahwa proses clean pada Flashdisk tersebut sukses.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 5
  7. Tahapan selanjutnya adalah proses pembuatan partisi flashdisk. Caranya adalah dengan mengetikkan “create partition primary” lalu tekan tombol Enter pada keyboard. Pastikan juga proses pembuatan partisi primer ini berjalan dengan lancar.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 6
  8. Setelah proses pembuatan partisi selesai, maka silahkan anda jadikan partisi tersebut aktif dengan cara mengetik perintah “active” lalu tekan tombol Enter pada keyboard. Anda juga harus memastikan bahwa partisi sudah berhasil diaktifkan.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 7
  9. Pada tahapan berikutnya kita lanjutkan dengan proses melakukan format pada partisi Flashdisk tersebut menggunakan file system FAT32. Cara memformat Flashdisk menggunakan FAT32 juga cukup mudah, yaitu silahkan anda ketik perintah “format fs=fat32 label=Windows quick” lalu eksekusi perintah tersebut dengan menekan tombol Enter pada keyboard. Untuk label anda bisa mengganti sesuka hati sesuai dengan keinginan.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 8
Baca Juga:   Cara Menampilkan Keyboard Virtual atau On Screen Keyboard

Setelah anda berhasil melakukan tahapan di atas, maka anda sudah berhasil membuat Flashdisk yang bootable dan siap untuk diisi file installer Windows ataupun filejenis lain yang membutuhkan proses portable pada flashdisk. Untuk mengakhiri proses di atas, silahkan anda keluar dari jendela Command Prompt dengan mengetik perintah “exit” lalu tekan tombol Enter.

Tahapan berikutnya adalah proses memindah file installer Windows yang masih dalam bentuk ISO ke dalam Flashdisk bootable yang sudah kita buat sebelumnya terhenti cara yang kita tempuh untuk memindah file installer Windows ke Flashdisk juga tergolong cukup mudah, lantaran kita hanya melakukan copy paste secara manual saja.

Tahap memindah file installer Windows ke bootable flashdisk:

  1. Tahapan pertama silahkan anda maunt file ISO installer Windows sehingga nantinya seluruh isi file di dalamnya bisa terlihat.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 9
  2. Setelah isi file ISO installer Windows sudah terlihat keseluruhan, silahkan anda copy dan anda paste Flashdisk portable yang terpasang pada USB komputer anda. Pastikan bahwa seluruh file bisa tercopy dengan sempurna dan tidak tertinggal satu pun. Proses copy paste file ini membutuhkan waktu yang sedikit lama karena ukurannya cukup besar. Jadi anda harus bersabar menunggunya sampai benar-benar selesai.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 10

    Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 11

  3. Apabila proses copy paste file installer Windows ke wallpaper Flashdisk sudah selesai, maka Flashdisk anda sudah siap digunakan untuk menginstal netbook ataupun perangkat komputer lainnya.
    Cara Membuat Bootable Flashdisk Windows 12

Demikianlah tutorial mengenai cara membuat bootable Flashdisk Windows tanpa Software yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Dengan mengetahui dan mengerti cara membuat bootable Flashdisk tanpa menggunakan Software bantuan apa pun maka anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan instalasi Software seperti Rufus maupun WinToFlash. Keahlian untuk membuat Flashdisk bootable Windows ini juga tentu bermanfaat apabila kita tidak memiliki Software seperti Rufus ataupun WinToFlash. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

2 Komentar

  1. Lengkap mas bro tutorialnya, jadi bisa membuat bootable flashdisk tanpa install software apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *