Home / Elektronika / Cara Membuat Genset Mini Tanpa Bahan Bakar

Cara Membuat Genset Mini Tanpa Bahan Bakar

Istilah genset pastinya bukan lagi merupakan hal yang asing bagi warga masyarakat Indonesia. Apalagi bagi daerah dimana sering terjadi pemadaman aliran listrik, pastinya kenal dengan alat genset yang satu ini. Bisa dikatakan, genset adalah sebuah alat yang berguna merubah bentuk energy mekanik ke energy listrik. Beberapa contoh dari bentuk energy mekanik adalah aliran air, panas, angin dan energi yang lainnya.

Cara Membuat Genset Mini

Didalam penerapannya, sebuah pembangkit listrik, baik energy uap, energy atau tenaga air bisa dipastikan memakai sebuah generator sebagai bagian keluaran dari bagian turbin yang berguna untuk mengubah energy mekanik berupa putaran turbin ke bentuk energy listrik. Contoh menerapan lain dari system kerja generator bisa anda jumpai pada mesin genset dan juga mesin diesel.

Berbagai macam jenis listrik juga bisa didapatkan dari sebuah genset. Sebuah genset bisa memproduksi arus listrik searah (listrik DC) dan arus listrik bolak-balik (listrik AC). Oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini inanesia.com akan menghadirkan tutorial Cara Membuat Genset Mini Tanpa Bahan Bakar yang tuntunya bisa anda praktekan sendiri dirumah karena cara membuat genset mini sederhana termasuk cara yang sangat sederhana yang bisa diikuti oleh siapapun.

Baca Juga:   Cara Menyambung Kabel Speaker Subwoofer Baik Seri Maupun Parelel

cara buat genset mini ini memang masih tergolong cukup baru karena kebutuhan listrik warga masih bisa terpenuhi oleh listrik PLN. Namun demikian tentunya tidak ada salahnya apabila kita mencoba mempraktekan bagaimana cara membuat genset mini supaya kita memiliki pengalaman baru dibidang elektronika, khususnya listrik arus lemah.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa cara membuat genset tanpa bbm ini sangatlah sederhana sehingga alat dan bahan yang diperlukan juga cukup sederhana dan dengan mudah bisa anda dapatkan di toko elektronika. Modal atau biaya yang harus dikeluarkan untuk mempraktekan cara membuat genset sederhana ini juga tidaklah terlalu besar, bahkan bisa dinaggap sangat kecil apabila dibandingkan dengan harga genset pada umumnya.

Cara membuat genset sendiri

pada kesempatan yang baik ini inanesia.com akan mencoba membeberkan untuk anda tutorial bagaimana cara membuat mini genset yang mana bahan-bahan yang dibutuhkan cukuplah sederhana, ada yang bisa dibeli di toko elektronika, ada juga yang bisa didapat disekitar rumah. Bahkan barang-barang bekas disekitar rumah yang sudah tidak terpakai bisa anda manfaatkan.

Baca Juga:   Cara Ganti Oli Genset Dengan Baik Dan Benar

Sebelum anda mempraktekan langkah-demi langkah didalam mempraktekan cara membuat genset, dibawah ini adalah sejumlah komponen yang musti anda persiapkan supaya generator atau genset mini bisa anda rangkai atau buat.

Komponen yang perlu disiapkan untuk membuat genset mini:

  1. Tuas untuk memutar
  2. 1 buah motor listrik arus DC
  3. Baterai jenis recharger
  4. Kawat secukupnya
  5. Kabel secukupnya
  6. Lampu LED

Jika seluruh alat diatas sudah tersedia, maka kita bisa masuk ke tahapan membuat genset mini. Dibawah ini adalah tahapan demi tahapan Cara Membuat Genset Mini Tanpa Bahan Bakar:

  1. Tahapan pertama silahkan anda persiapkan motor listrik DC yang bisa anda beroleh dari bekasan motor listrik DC yang diambil dari DVD ROM Drive bekas. Pastikan tegangan kerjanya 12 Volt.
  2. Tahap berikutnya, silahkan anda kaitkan bagian poros motor listrik dengan bagian tuas pemutar supaya bagian motor listrik bisa diputar dengan tangan secara manual.
  3. Tahap berikutnya, silahkan anda persiapkan baterai jenis isi ulang dengan tegangan kerja 12 volt.
  4. Dengan menggunakan kabel, silahkan anda hubungkan baterai isi ulang ke bagian katoda dan anoda dari motor listrik DC.
  5. Apabila anda tidak memiliki baterai isi ulang, anda bisa menghubungkan langsung bagian lampu LED ke bagian motor listrik DC seperti ditunjukan pada gambar berikut ini:
Baca Juga:   Cara Menampilkan Subtitle Di TV

Cara Membuat Genset Mini Tanpa Bahan Bakar

Rangkaian Cara Membuat Genset Mini Tanpa Bahan Bakar

Keterangan komponen yang digunakan untuk membuat genset mini tanpa bahan bakar:

  1. Motor listrik DC
  2. 1 buah diode jenis kiprok (diode 4 kaki)
  3. Kapasitor dengan nilai 250 volt 22 nf
  4. Kapasitor dengan nilai 80.000 nf dengan tegangan kerja 80 volt
  5. Kumparan ferrid dengan jumlah lilitan sebanyak 17
  6. Lampu LED sesuai dengan kebutuhan
  7. Kabel sesuai dengan kebutuhan

Sekian tutorial singkat mengenai Cara Membuat Genset Mini tanpa bahan bakar yang bisa saya bahas pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan artikel singkat dan sederhana ini bisa berguna dan bermanfaat untuk anda yang sedang mencari cara dan referensi mengenai Cara Membuat Genset Mini dan sederhana. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Skema Rangkaian Desulfator Untuk Mengatasi Masalah Sulfation Pada Aki

Tentunya, sangat senang ketika saya bisa berbagi ilmu serta meluangkan waktu untuk memposting artikel tentang …

One comment

  1. Mantabbb…. mau tak praktekin ahhh…
    Ini outputnya brp volt? brp watt kah?
    apa bisa diperbesar, utk hasil yg lebih besar?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *