Home / Umum / Manfaat / Cara Membuat Kompor Bahan Bakar Air

Cara Membuat Kompor Bahan Bakar Air

Apakah anda sudah mendengar cara membuat kompor bahan bakar air? Memang, kedengarannya cukup mustahil untuk menciptakan kompor yang menggunakan bahan bakar air. Terlebih, sekarang ini sudah ada gas elpiji yang memiliki harga sangat terjangkau. Namun ternyata semakin hari harga dari gas elpiji juga semakin naik dan tentunya akan membuat masyarakat ekonomi bawah merasa kesulitan untuk memperoleh gas elpiji tersebut. Dan pada akhirnya tanpa adanya gas elpiji maka aktivitas di dapur akan semakin susah. Oleh sebab itulah, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas Bagaimana cara membuat kompor berbahan bakar air.

Cara Membuat Kompor Bahan Bakar Air

Tentunya, pada umumnya kita sudah memahami bahwasanya kompor menggunakan bahan bakar gas atau minyak. Namun, belakangan ini telah Ada masyarakat yang mulai mengembangkan air untuk dijadikan bahan bakar. Tentunya, apabila dilihat dari fungsinya, apa iya air dapat digunakan sebagai bahan bakar.

Ternyata, hal tersebut sangat dimungkinkan, sebab secara umum di dalam air terkandung atom oksigen dan atom hidrogen. Sebagai pengetahuan saja bahwasanya atom hidrogen yang memiliki bentuk gas amatlah mudah terbakar, sehingga gas hidrogen tersebut bisa kita manfaatkan untuk bahan bakar.

Baca Juga:   Cara Membuat Bahan Bakar Dari Plastik

Guna menjabarkan air untuk dijadikan gas oksigen maupun gas hidrogen, maka bisa kita manfaatkan teknik elektrolisa air. Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan pada aktivitas teknik elektrolisa air, di antaranya yaitu:

Teknik elektrolisa air secara manual atau konvensional, di mana teknik tersebut memakai bassa atau elektrolit asam.

Teknik elektrolisasi air nonkonvensional di mana teknik tersebut tidak memakai elektrolit, Namun sebagai penggantinya digunakan plasma, gelombang ultrasonik, tegangan tinggi serta frekuensi radio.

Selanjutnya, gas hidrogen yang telah diproduksi pada proses elektrolisa tersebut bisa dimanfaatkan guna menghidupkan kompor yang setiap hari kita pakai, sehingga kita dapat menggantikan posisi gas elpiji menggunakan gas hidrogen. Dengan memakai gas hidrogen yang diambil dari air guna menyalakan kompor, artinya secara tidak langsung kita sudah memakai air sebagai bahan bakar kompor.

Sekedar informasi saja bahwasanya elektrolisis adalah suatu proses kimia yang berguna untuk mengubah energi listrik dijadikan energi kimia. Adapun komponen yang paling penting pada proses elektrolisis tersebut yaitu larutan elektrolit dan elektrode. Sementara itu, elektroda yang dipakai pada proses elektrolisis bisa Digolongkan menjadi dua bagian, diantaranya adalah:

Baca Juga:   Cara Membuat Motor Bahan Bakar Air

Elektroda Aktif, contohnya adalah perak, tembaga, seng dan elektroda inert yang terdiri atas emas, platina, grafit, potasium dan kalsium.

Bagian elektrolitnya bisa berupa larutan garam, basa dan asam dan dapat juga berupa larutan garam Halida maupun leburan oksida. Adapun kombinasi diantara larutan elektrolit dan juga elektrode akan memproduksi tiga kategori penting pada elektrolisis, yakni elektrolisis leburan menggunakan elektrode inert, elektrolisis larutan menggunakan elektroda aktif dan elektrolisis larutan menggunakan elektrode inert.

Pada bagian elektrolisis, anode adalah kutub positif dan katoda adalah kutub negatif. Di bagian katoda tersebut akan terjadi suatu reaksi reduksi dan pada bagian anode akan terjadi suatu rahasia oksidasi.

Demikianlah Uraian singkat tentang cara membuat kompor bahan bakar air di mana air yang digunakan untuk membuat bahan bakar tersebut akan mengalami reaksi terlebih dahulu yang nantinya akan menghasilkan gas hidrogen. Mudah-mudahan artikel singkat pada kesempatan ini bisa dijadikan aspirasi oleh anda guna mengembangkan ilmu dan pengetahuan. Terima kasih.

Baca Juga:   Manfaat Limbah Plastik Yang Belum Banyak Diketahui

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Membuat Motor Bahan Bakar Gas LPG

Cara Membuat Motor Bahan Bakar Gas LPG

Perkembangan dunia otomotif semakin canggih di mana ada sebuah konsep cara membuat motor bahan bakar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *