Home / Umum / Manfaat / Cara Membuat Motor Bahan Bakar Gas LPG

Cara Membuat Motor Bahan Bakar Gas LPG

Perkembangan dunia otomotif semakin canggih di mana ada sebuah konsep cara membuat motor bahan bakar gas elpiji. Tentu, hal tersebut dilatarbelakangi karena harga dari BBM itu sendiri semakin mahal sehingga cukup banyak pihak yang berinovasi. Dengan dalih penghematan, sejumlah uji coba dilakukan guna menerapkan bahan bakar gas pada sepeda motor.

Cara Membuat Motor Bahan Bakar Gas LPG

Cara membuat motor bahan bakar gas tersebut Tidaklah terlalu sulit. Terlebih, di saat sekarang ini berbagai macam peralatan sangat membantu mereka di dalam melakukan uji coba sehingga Tingkat keberhasilan di dalam membuat sepeda motor berbahan bakar gas semakin tinggi.

Salah satu jenis gas yang sekarang ini memiliki harga cukup murah dan mudah didapat adalah elpiji. Gas jenis elpiji tersebut cukup banyak dipakai di sejumlah kendaraan berat, di mana sekarang ini bidikannya sudah semakin luas, yakni di kendaraan menengah dan juga para pemakai sepeda motor.

Hanya saja, pemakaian dari gas elpiji tersebut membutuhkan modifikasi pada kendaraan. Sebab, hal tersebut memiliki tujuan supaya khas yang dipakai sebagai bahan bakar bisa mengalir dan juga terbakar secara sempurna tanpa terjadi kebocoran.

Baca Juga:   Manfaat Plastik UV dan Fungsinya

Cara membuat motor bahan bakar gas elpiji

Beberapa peralatan dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan modifikasi pada kendaraan supaya bisa memakai gas elpiji adalah:

1. Membran

Bagian yang paling pertama dan utama adalah membran. Gas yang berasal dari tabung elpiji yang mempunyai berat jenis jauh lebih ringan dibandingkan dengan bahan bakar minyak bensin kentu tidak Dapat secara langsung dialirkan ke bagian ruang bakar di sepeda motor. Untuk itulah, dibutuhkan teknik khusus supaya gas yang dialirkan tersebut tidak mengalami kebocoran.

Apabila pada motor konvensional memakai pelampung di bagian karburator, maka pada sepeda motor yang memakai bahan bakar elpiji fungsi dari pelampung akan digantikan oleh bagian membran. Bagian membran tersebut dibuat dari suatu tabung besi yang memiliki fungsi guna menyimpan pasokan elpiji sebelum dimasukkan ke dalam ruang bakar lewat karburator.

Bagian membran tersebut dibuat menggunakan tabung besi yang memiliki diameter 8 cm dan memiliki panjang kurang lebih 4 cm. Pada bagian permukaan bawah dan permukaan atas pada tabung membran diberikan lapisan karet.

Baca Juga:   Cara Membuat Bahan Bakar Dari Singkong

Agar tidak mengalami kebocoran, maka pada bagian permukaan karet akan dilapisi kembali dengan plat besi tipis. Dari bagian tabung membran itulah disediakan suatu katup penyaluran gas ke arah karburator.

2. Karburator

Ketika memakai gas elpiji sebagai bahan bakar, maka karburator juga harus mendapatkan sedikit modifikasi. Berkaitan dengan fungsi pelampung yang sudah digantikan oleh bagian membran, maka bagian pelampung yang ada di dalam mangkok karburator harus dihilangkan.

3. Katup penyalur gas

Bagian katup penyalur gas tersebut berada di bagian dalam membran, dan memiliki fungsi guna mengatur debit gas di karburator. Bagian tersebut memiliki syarat di mana katup harus mampu untuk menahan tekanan yang berasal dari gas pada tabung elpiji yang bisa mencapai 12 Bar.

Di sepeda motor menggunakan bahan bakar bensin memakai perbandingan antara udara dengan bensin yakni 15:1. Apabila sepeda motor sudah memakai elpiji, maka komposisi perbandingan di antara gas elpiji dengan bagian udara tentu lebih besar lagi Apabila dibandingkan dengan yang memakai bensin, yakni 18:1.

Baca Juga:   Manfaat Daur Ulang Plastik Secara Umum

Dapat disimpulkan bahwa pemakaian gas elpiji Merupakan salah satu Bahan alternatif yang sangat efisien. Untuk setiap kilogram gas elpiji, bisa digunakan untuk menempuh jarak antara 100 km sampai dengan 200 KM henti-hentinya berbeda dengan menggunakan bahan bakar bensin di mana untuk 1 liter nya hanya bisa menempuh jarak sekitar 60 KM saja.

Demikianlah ulasan singkat tentang cara membuat motor bahan bakar gas elpiji yang bisa saya ulas pada posting di kesempatan kali ini. Semoga saja, tutorial singkat Pada kesempatan kali ini mampu memberikan Anda inspirasi sekaligus memiliki kemampuan untuk memodifikasi sepeda motor berbahan bakar bensin ke sepeda motor berbahan bakar gas sehingga akan didapat efisiensi yang lebih baik. Terima kasih dan selamat berkarya, semoga sukses.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Membuat Bahan Bakar Dari Singkong

Cara Membuat Bahan Bakar Dari Singkong

Banyaknya singkong yang tersebar di desa-desa membuat sebuah inovasi cara membuat bahan bakar dari singkong. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *