Home / Pendidikan / Cara Membuat Pertanyaan Dalam Diskusi

Cara Membuat Pertanyaan Dalam Diskusi

Pada saat anda menghadiri sebuah acara seminar, kegiatan perkuliahan, forum, serta pembelajaran di kelas, tentunya presenter atau pembicara akan selalu memberikan waktu kepada setiap peserta maupun audiens untuk memberikan pertanyaan. Perasaan deg-degan pada saat itu biasanya akan muncul kepada anda ketika hendak mengangkat tangan untuk memberikan pertanyaan. Dan pada akhirnya anda tidak jadi bertanya kepada presenter ataupun pembicara. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena kita belum siap dengan pertanyaan yang akan diberikan. Dari latar belakang tersebut, Alangkah baiknya apabila kita memahami Bagaimana cara membuat pertanyaan dalam diskusi, forum ataupun di dalam pembelajaran di sekolah.

Cara Membuat Pertanyaan Dalam Diskusi

Kadang kala, kita juga merasa lagu manakala pertanyaan kita kurang bermutu atau tidak bagus. Walaupun sebenarnya pada dasarnya pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada presenter atau pembicara pada saat diskusi tidaklah ada yang memiliki bagus ataupun tidak bagus. Hal tersebut dikarenakan pertanyaan yang dilontarkan pada saat diskusi merupakan sebuah pertanyaan yang membutuhkan permasalahan bukan pertanyaan yang nantinya hendak dinilai kualitasnya.

Setiap pertanyaan tentunya memiliki bobot tersendiri dan membutuhkan pemecahan tersendiri yang berasal dari pembicara ataupun presenter yang ada di dalam diskusi tersebut. Selain persiapan soal yang baik, keberanian juga tentunya dibutuhkan pada saat hendak melontarkan pertanyaan kepada pembicara di saat diskusi. Oleh sebab itulah, rasa percaya diri sangat diperlukan oleh peserta diskusi supaya beragam pertanyaan yang sudah terkumpul bisa disampaikan pada saat itu juga.

Baca Juga:   Cara Bergaul Dengan Teman Baru Di Sekolah

Cara membuat pertanyaan dalam diskusi

Untuk mempermudah anda di dalam memahami cara membuat pertanyaan dalam diskusi, maka pada kesempatan yang baik ini akan saya ulas beberapa langkah yang bisa Anda coba praktekkan pada saat diskusi sehingga Anda bisa menciptakan pertanyaan-pertanyaan yang nanti diberikan kepada presenter atau pembicara. Silakan anda Simak beberapa poin di bawah ini.

1. Awali dengan memahami topik yang diangkat

Topik yang diangkat atau dibahas oleh presenter pada saat diskusi haruslah Anda pahami terlebih dahulu supaya Anda bisa mengerucutkan permasalahan sehingga Anda bisa membuat sebuah pertanyaan yang belum terbahas pada saat pembicara menyampaikan ulasannya. Tentunya topik-topik yang diangkat oleh presenter juga bisa didapat dari berbagai macam sumber. Sebagai contoh, buku pelajaran merupakan salah satu sumber bagi Anda yang kebetulan berprofesi sebagai siswa.

Selain menggunakan media formal sebagai bahan topik yang hendak ditanyakan, anda juga bisa memanfaatkan media-media informal yang berasal dari luar pembahasan presenter atau pembicara. Intinya, asalkan topik yang anda tanyakan masih ada kaitanya dengan bahasan yang diberikan oleh presenter, maka hal tersebut tidak menyalahi aturan diskusi.

2. Pahami inti dari topik yang dibahas

Setelah anda berhasil inti pembahasan dari topik yang diberikan oleh presenter atau pembaca, maka supaya tidak lupa Anda bisa menulisnya di atas kertas. Setelah anda memahami inti dari topik tersebut, maka silakan Anda susun pertanyaan yang sekiranya belum terbahas pada saat presenter membawakan materinya. Setelah yakin bahwa materi tersebut belum dibahas, maka silakan Anda angkat tangan untuk bertanya kepada presenter setelah Masuk sesi tanya jawab.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Pembelajaran

3. Tunjukkan rasa percaya diri

Rasa percaya diri merupakan salah satu hal yang sangat penting di dalam keberhasilan Anda bertanya pada sebuah forum maupun diskusi. Walaupun anda sudah memiliki kumpulan soal dan pertanyaan cukup banyak, namun tidak memiliki kepercayaan diri di dalam bertanya, maka tentunya pertanyaan-pertanyaan tersebut hanya akan menjadi sebuah catatan kecil saja. Untuk menghilangkan rasa takut serta minder, anda tentunya bisa menghilangkan pikiran-pikiran yang bisa melemahkan anda. Mulailah untuk memikirkan kelebihan Anda yang bisa anda banggakan sehingga Anda akan merasa lebih percaya diri untuk mengangkat tangan sekaligus bertanya kepada pembicara setelah sesi tanya jawab dimulai.

4. Memilih tempat duduk di bagian paling depan

Salah satu hal yang membuat anda merasa minder manakala hendak mengajukan Pertanyaan pada sebuah forum maupun diskusi adalah ketika duduk di bagian bangku paling belakang. Hal tersebut dikarenakan dengan duduk di bagian bangku paling belakang maka anda akan melihat banyak peserta lain yang secara tidak langsung akan membuat anda merasa grogi. Berbeda ketika Anda duduk di barisan paling depan pada sebuah forum ataupun diskusi yang mana hal tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, ketika Anda duduk di bangku paling depan, maka pada ssat anda mengajukan pertanyaan tentunya Anda tidak akan melihat muka muka manusia yang sedang memperhatikan Anda. Hal tersebut sangat penting karena mampu mengurangi rasa grogi pada diri anda.

Baca Juga:   Cara Agar Anak Mau Sekolah Dengan Mudah

5. Bersuara dengan lantang dan keras.

Selalu berusaha untuk memberikan pertanyaan dengan jelas. Caranya adalah dengan mengeraskan suara sehingga pertanyaan yang Anda berikan kepada presenter maupun pembicara bisa langsung didengar oleh peserta lainnya. Selain itu, anda juga bisa mendukung rasa kepercayaan diri Anda dengan cara mengatur bahasa tubuh serta gerak-gerik anggota tubuh yang mendukung guna meningkatkan rasa percaya diri anda. Suara yang lantang dan keras juga tentunya akan membuat image anda lebih baik karena hal tersebut mengindikasikan bahwa anda benar-benar orang yang memiliki percaya diri cukup tinggi.

Itulah sejumlah cara membuat pertanyaan dalam diskusi yang baik dan benar serta berusaha untuk mampu melontarkan pertanyaan pertanyaan tersebut di dalam forum ataupun diskusi. Dengan menerapkan tehnik-tehnik di atas, maka diharapkan berbagai macam permasalahan yang sudah anda rangkum di dalam sebuah pertanyaan bisa dilontarkan kepada presenter maupun pembicara sehingga Anda bisa mendapatkan jalan keluar dari permasalahan tersebut. Akhir kata, semoga Anda sukses di dalam membuat pertanyaan sekaligus mendapatkan Jawaban dari pertanyaan tersebut. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Aturan dalam lingkungan sekolah

Aturan dalam lingkungan sekolah

Sekolah merupakan salah satu tempat belajar di mana peserta didik bisa menuntut ilmu dengan beragam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *