Home / Elektronika / Cara Membuat Rangkaian Amplifier Sederhana

Cara Membuat Rangkaian Amplifier Sederhana

Cara Membuat Rangkaian Amplifier Sederhana bisa anda terapkan bagi anda yang sedang belajar merakit amplifier. Dipasaran elektronika sekarang ini sudah banyak beredar amplifier dengan beragam daya, mulai dari daya kecil seperti 100 watt sampi dengan daya yang cukup besar, yaitu 5000 watt. Amplifier merupakan alat penguat sinyal suara yang disusun dengan komponen yang berbeda-beda untuk setiap jenis amplifier.

Cara Membuat Rangkaian Amplifier Sederhana

Untuk membantu anda didalam mempelajari Cara Membuat Rangkaian Amplifier Sederhana, maka pada kesempatan yang baik ini, inaneSia.com akan mencoba mengulasnya untuk anda. Tentunya amplifier yang akan dibahas proses perakitannya pada kesempatan kali ini menggunakan model perakitan blok/kit, bukan perakitan per komponen. Hal tersebut dikarenakan amplifier merupakan alat elektronika yang disusun dari blok-blok fungsi sehingga akan lebih mudah merakitnya. Secara keseluruhan, amplifier merupakan alat elektronika yang cukup komplek, sehingga tentunya dibutuhkan kemampuan mahir didalam dunia elektronika jika ingin merakitnya dari nol dan memasang satu demi satu komponen yang digunakan.

Bagaimana Cara Membuat Rangkaian Amplifier Sederhana?

Sebelumnya, perlu dipahami bersama bahwa proses perakitan amplifier bukanlah pekerjaan yang telalu sulit. Dalam proses perakitan ini kita tidak perlu membuat layout PCB untuk memasang komponen-komponen elektronika, apalagi kalo harus merangcangnya dari tahap nol. Sekarang ini dipasaran sudah banyak yang menjual blok atau kit bagian-bagian blok untuk kebutuhan perakitan amplifier. Anda tinggal membeli saja per blok/kit tersebut, yang nantinya tinggal dilanjutkan merakitnya.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Freezer Yang Tidak Dingin

Pada tutorial Cara Membuat Rangkaian Amplifier Sederhana ini, kita tidak perlu merakit dari awal, hanya menyambungkan antar blok/kit bagian-bagian amplifier tersebut sehingga bisa bekerja secara sempurna. Walaupun proses perakitan amplifier menggunakan model pemasangan blok ini terkesan lebih mudah, namun biaya yang harus dikeluarkan untuk merakitanya dibandingkan dengan dengan proses perakitan dari tahap nol hampirlah sama. Dipasaran juga tentunya sudah sangat banyak jenis blok/kit bagian-bagian amplifier yang dijual dengan berbagai model tipe dan kelas serta kualitas yang berbeda-beda.

Beranjak ke proses perakitan amplifier, apa saja yang perlu anda persiapkan? Berikut ini adalah blok/kit komponen elektronika yang harus anda persiapkan sebelum anda memulai proses perakitan amplifier. Harap diingat keseluruhan blok/kit dari amplifier harus tersedia agar system amplifier bisa bekerja secara sempurna dan perakitan amplifier anda bisa berhasil sempurna. Pada tutorial Cara Membuat Rangkaian Amplifier Sederhana yang akan dibahas ini akan merakit amplifier dengan daya keluaran sekitar 200 watt model stereo.

Bahan yang perlu disediakan untuk perakitan amplifier sederhana:

  1. Blok/kit tone control sebanyak 1 buah
  2. Blok/kit power ampli dengan daya 200 watt lengkap dengan heatsink pendinginnya
  3. Saklar selector input sebanyak 1 buah
  4. Saklar on/off untuk power sebanyak 1 buah
  5. Elco dengan ukuran 6800uf/50 Volt sebanyak 1 buah
  6. Trafo dengan arus 5 ampere sebanyak 1 buah
  7. Kiprok sebanyak 1 buah, atau bisa diganti dengan diode dengan kekuatan 6 ampere sebanyak 4 buah
  8. Kipas 8 cm 12 volt DC sebanyak 1 buah
  9. Soket Speaker out sebanyak 1 buah
  10. Sekering dan soket colokan listrik AC sebanyak 1 buah
  11. Box ampli (model menyesuaikan) sebanyak 1 buah
  12. Kabel dengan panjang, besar dan model menyesuaikan
  13. Sekrup dan baut dengan jumlah menyesuaikan
  14. Lampu led indikator
  15. Tinol/timah solder
Baca Juga:   Cara Kerja Genset Yang Wajib Anda Pahami

Alat yang perlu disediakan untuk perakitan amplifier sederhana:

  1. Obeng plus dan min
  2. Pinset dan Cutter
  3. Solder listrik
  4. Tang besar dan kecil
  5. Bor Listrik lengkap dengan mata bor nya
  6. Sebuah Gunting

Apakah anda sudah mendapatkan seluruh bahan dan alat yang diperlukan untuk keperluan perakitan amplifier? Apabila sudah, mari kita mulai proses perakitan amplifier sederhana ini. Namun, perlu diingat, proses perakitan ini harus hati-hati, jangan tergesa-gesa karena dapat menimbulkan kegagalan, sehingga anda harus direpotkan dengan melakukan trobelshooting terhadap kegagal perakitan amplifier tersebut.

Berikut adalah Cara Membuat Rangkaian Amplifier Sederhana:

  1. Tahapan awal, silahkan anda pasang dan silahkan anda atur semua posisi blok/kit amplifier pada box amplifier dengan benar dan rapi.
  2. Tahap selanjutnya, silahkan anda sambungkan bagian power AC pada bagian kaki saklar power On/Off dan juga pada bagian trafo untuk tegangan 0-220 volt.
  3. Bagian selanjutnya, silahkan anda sambungkan bagian ke 2 dari kaki power AC pada bagian kiprok ke bagian terminal trafo tegangan 24 volt.
  4. Tahap berikutnya, silahkan anda sambungkan komponen Elco yang nilainya 6800uF/50 Volt dengan model seri. Bagian kaki negatif ke bagian negatif kiprok, sementara bagian kaki positif disambungkan ke bagian kaki positif kiprok.
  5. Tahapan berikutnya, pada kedua kaki Elco yang lain disambungkan ke bagian CT atau ground pada trafo.
  6. Tahap selanjutnya, sambungkan sumber tegangan dari power supply pada kutub + dan kutub – ke bagian blok/kit amplifier.
  7. Sambungkan bagian pin out selector pada bagian pin input kontrol nada atau tone control
  8. Sambungkan lagi bagian pin kontrol nada pada bagian power input 200 watt
  9. Tahap selanjutnya, silahkan anda hubungkan kembali bagian pin power out pada power amplifier ke loud speaker
  10. Rapikan dan atur lagi posisi blok/kit amplifier besarta kabelnya dengan rapi apabila seluruhnya sudah selesai semuanya.
  11. Amplifier rakitan anda sudah siap untuk diuji dan digunakan.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Genset Tidak Keluar Tegangan

Ternyata cukup mudah bukan Cara Membuat Rangkaian Amplifier Sederhana yang saya bahas pada kesempatan kali ini. Semoga saja informasi dan tutorial singkat ini bisa berguna bagi anda, terutama yang hobi dibidang elektronika dan ingin selalu memperdalam ilmu dunia elektronika. Semoga berguna dan bermanfaat. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *