Home / Elektronika / Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Sederhana

Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Sederhana

Rangkaian lampu led banyak yang mencarinya belakangan ini dikarenakan pemanfaatan dari lampu led itu sendiri sudah semakin luas. Jika pada jaman dahulu lampu led hanya digunakan sebagai lampu indikator pada sebuah peralatan elektronika, pada saat ini lampu led sudah dikembangkan untuk beragam aplikasi seperti untuk penerangan, untuk lampu pengatur lalu lintas, lampu senter dan beragam jenis lampu lainnya. Tentunya lampu led tidak bisa dihubungkan secara langsung ke sumber listrik, namun harus ditambahkan komponen elektronika lainnya supaya bisa menyala dengan aman. Oleh sebab itulah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas mengenai carai membuat rangkaian lampu led sederhana sebagai bagian proses belajar bagi anda yang ingin memperdalam pengetahuan mengenai perakitan rangkaian lampu led dengan beberapa model.

Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Sederhana

Lampu led untuk saat ini hanya bisa bekerja pada tegangan 3 volt saja. Apabila lampu led diberikan listrik dengan tegangan kurang dari 3 volt, maka biasanya akan menyala dengan redup, namun tidak akan merusak lampu led. Apabila lampu led diberikan tegangan diatas 3 volt, maka lampu led akan menyala secara maksimal, namun biasanya akan cepat rusak. Semakin jauh jeda besarnya tegangan yang dibutuhkan lampu led, maka semakin cepat lampu led akan putus atau mati.

Lampu led sebenarnya lampu yang sangat hemat energi. Jika dibandingkan dengan lampu neon atau lampu TL, kebutuhan daya untuk menyalakannya hanya sekitar 30-50 % saja. Oleh karena itulah banyak perusahan lampu yang sekarang ini memproduksi lampu jenis LED. Berbagai macam keunggulan tentunya ditawarkan oleh lampu jenis LED ini.

Baca Juga:   Bagian dari Multimeter/Multitester dan Cara Menggunakannya

Kelebihan dan keunggulan lampu LED:

  1. Umur lampu LED sangat panjang. Bahkan, jika tidak ada kesalahan penggunaan pada tegangan listrik, umur lampu LED bisa mencapai puluhan tahun.
  2. Nyala lampu LED lebih terang dibandingkan dengan jenis lampu baik lampu bohlam maupun lampu neon.
  3. Kebutuhan daya yang lebih kecil sehingga pada akhirnya tagihan listrik anda akan semakin murah.

Kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh lampu jenis LED harus dibayar mahal dari segi harga. Lampu led yang dijual dipasaran biasanya memiliki harga 2-3 kali lipat dari harga normal lampu TL maupun neon. Oleh sebab itulah alangkah baiknya kita bisa merangkai sendiri lampu led sehingga kita bisa berhemat. Minimal pada postingan mengenai Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Sederhana ini bisa anda terapkan dan anda kembangkan lebih lanjut supaya anda bisa memanfaatkan lampu led dengan baik dan cukup mengeluarkan biaya yang murah.

Seperti yang sudah dibahas dibagian depan, bahwa lampu led tidak bisa langsung disambungkan dengan sumber daya listrik bertegangan 220 volt dari PLN. Kebutuhan tegangan lampu led hanya 3 volt saja. Oleh sebab itu, kita harus mengumpankan tegangan sebesar 3 volt. Cara mudah untuk mendapatkan tegangan sebesar 3 volt adalah dari menggabungkan secara seri 2 buah batu baterai. Hanya saja, arus listrik yang bisa disimpan didalam batu baterai sangat terbatas. Apabila digunakan untuk menyalakan banyak lampu led dalam satu waktu pastinya akan sangat cepat habis.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Stavolt Lengkap

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kita bisa menggunakan sumber listrik dari PLN dengan cara menurunkan tegangannya terlebih dahulu menggunakan adaptor ke angka 12 volt. Anda bisa membeli adaptor di toko elektronika terdekat. Setelah anda dapat menurunkan tegangan listrik PLN dari 220 volt ke 12 volt, maka selanjutkan kita bisa melanjutkan untuk membuat rangkaian lampu led sederhana.

Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Sederhana

Lampu led sederhana pertama adalah hanya berupa rangkaian lampu led yang terdiri dari kumpulan lampu led yang disusun sedemikian rupa sehingga bisa menyala secara bersamaan. Apabila lampu led yang menyala dalam jumlah yang banyak, maka tentunya bisa digunakan untuk menerangi ruangan di rumah. Pada contoh rangkaian lampu led sederhana dibawah ini menggunakan 9 buah lampu led yang disusun dengan model rangkaian campuran. 3 lampu led digabung menggunakan rangkaian seri hingga didapat 3 blok rangkaian lampu led seri, setelah itu, ke 3 rangkaian seri tersebut disusun secara paralel. Rangkaian lampu led sederhana ini diberikan tegangan listrik sebesar 12 volt dengan diberikan resistor 40 Ohm untuk masing-masing blok rangkaian seri yang terdiri dari 3 lampu led.

Baca Juga:   Cara Setting Karburator Genset Dan Sistem Kerjanya

Gambar rangkaian lampu led sederhana

Gambar rangkaian lampu led sederhana

Cara Membuat Rangkaian Lampu Led berjalan

Selain hanya bisa menyala saja, lampu led juga bisa dimodifikasi hingga menyalanya bisa berjalan. Untuk bisa membuat rangkaian lampu led berjalan, makan dibutuhkan lebih banyak komponen elektronika, seperti IC, kapasitor, resistor, potensiometer, elco dan komponen lainnya. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat gambar rangkaian lampu led berjalan.

Gambar Rangkaian Lampu Led berjalan

Gambar Rangkaian Lampu Led berjalan

Cara Membuat Rangkaian Lampu Led dengan tegangan 220 Volt

Apabila anda malas untuk membeli adaptor tegangan dari 220 volt ke 12 volt, maka anda bisa langsung membuat rangkaian lampu led yang langsung menggunakan tegangan 220 volt. Menggunakan tegangan 220 volt untuk menyalakan lampu led tidaklah membutuhkan trafo, namun cukup memanfaatkan dioda, elco dan resistor saja.

Gambar Rangkaian Lampu Led dengan tegangan 220 volt

Gambar Rangkaian Lampu Led dengan tegangan 220 volt

Demikianlah penjabaran mengenai Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Sederhana yang bisa saya ulang pada postingan kali ini. Semoga anda bisa mengambil manfaat dari penjabaran diatas serta bisa mengembangkan rangkaian lampu led sederhana menjadi rangkaian lampu led yang lebih komplek lagi. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *