Home / Elektronika / Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Untuk Rumah

Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Untuk Rumah

Cara membuat rangkaian lampu led untuk rumah perlu kita pelajari bersama lantaran teknologi lampu rumahan yang digunakan saat ini adalah teknlogi LED, bukan jenis bohlam maupun TL/neon. Dahulu, teknologi lampu LED hanya digunakan untuk keperluan indikator peralatan elektronika saja. Namun sekarang ini, teknologi lampu penerangan juga sudah menggunakan lampu jenis LED ini. Namun pada intinya, prinsip kerja dari sebuah lampu adalah sama, yaitu menghasilkan cahaya dari proses mengkonversi energi listrik.

Cara Membuat Rangkaian Lampu Led

Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Untuk Rumah

Pada artikel kali ini inanesia.com akan mencoba menerepkan teknologi lampu led yang bisa diaplikasikan untuk kebutuhan penerangan rumah. Tentunya proses mengubah fungsi lampu LED supaya bisa berguna memberikan penerangan pada rumah membutuhkan cara yang khusus.pada saat sekarang ini, penggunaan teknologi lampu LED untuk penerangan rumah sangatlah banyak. Hal tersebut dikarenakan cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED lebih terang dibandingkan dengan lampu TL maupun bohlam. Disamping itu, lampu LED adalah jenis lampu yang sangat hemat energi, sehingga tentu bisa menghemat pengeluaran biaya listrik anda. Apabila kita bandingkan, lampu jenis LED hanya memakan energi listrik dari 30-50% dibandingkan dengan jenis-jenis lampu biasa.

Baca Juga:   Cara Hidupkan Genset Dan Mematikannya Sesuai Prosedur

Kelebihan lain dari lampu LED adalah umur pakai yang lebih lama. Umur hidup dari lampu LED bisa 2 kali lama dibandingkan dengan jenis lampu TL. Bahkan berdasarkan pengalaman bisa lebih lama lagi. Bagian dari lampu LED rumahan yang mengalami kerusakan biasanya bukan terjadi pada bagian lampu LED yang mati, akan tetapi terjadi pada komponen-komponen pendukungnya.

Disamping kelebihan lampu LED yang sudah dijabarkan diatas, ternyata lampu LED memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Namun, walaupun demikian, tetap saja banyak masyarakat yang berbondong-bondong berpindah ke teknologi lampu LED karena memang jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan lampu lainnya. Akan lebih hemat lagi jika kita bisa membuat lampu LED sendiri untuk rumah. Pastinya biaya yang dikeluarkan untuk lebutuhan penerangan dirumah jauh bisa ditekan.

Dari banyaknya keuntungan yang bisa didapat dari penggunaan lampu LED, maka mari kita belajar mengenai cara membuat rangkaian lampu led untuk rumah yang sebenarnya bisa kita praktekan dengan mudah dan tentunya tidak membingungkan. Pekerjaan membuat lampu LED untuk rumah akan dipandu tahapannya oleh inanesia.com sehingga anda benar-benar bisa membuatnya sendiri tanpa harus mengeluarkan dana lebih untuk membeli lampu LED yang sudah jadi.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Pijar Pada Kendaraan

Pada tahapan awal yang musti dikerjakan adalah proses mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk kebutuhan pembuatan lampu LED untuk rumah. Kita bisa mencoba untuk membuat rangkaian LED rumah satu dulu sebagai bahan eksperimen.

Beberapa bahan atau komponen elekronika yang dibutuhkan adalah:

  1. Lampu LED dengan jumlah 24 buah. Harga lampu LED putih standart sekitar Rp. 500,-
  2. Resistor dengan nilai hambatan 1000 Ohm dan daya 3 Watt supaya mampu memberikan hambatan yang kuat pada arus listrik AC 220 Volt. Untuk harga resistor tersebut sekirar Rp. 1000,-
  3. Kapasitor 1 buah dengan ukuran 0,22 uF dengan harga kurang lebih Rp.3000,-

Anda bisa mendapatkan komponen-komponen diatas dengan mudah pada toko elektronika di kota-kota anda. Setelah seluruh komponen diatas siap, maka pada tahap berikutnya adalah proses merakit atau merangkai seluruh lampu LED dan komponen pendukungnya jadi satu sistem. Apabila anda bingung bagaimana cara cara membuat rangkaian lampu led untuk rumah dari bahan diatas, maka dibawah ini adalah gambar rangkaian lampu LED untuk rumah yang bisa anda coba ikuti:

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Freezer Yang Tidak Dingin

Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Untuk Rumah

Pada rangkaian lampu LED yang sudah anda bangun diatas bisa bekerja pada listrik dengan tegangan 220 Volt yang berasal dari listrik PLN 1 fasa. Anda bisa menyusun lampu LED sesuai dengan keinginan supaya nantinya tidak membosankan. Proses perakitan lampu LED diatas tentunya didesain dengan tujuan supaya bisa lebih hemat dan lebih efisien dari segi penggunaan daya listrik. Sebagai perkiraan saja, lampu LED yang sudah anda bangun hanya mengkonsumsi daya listrik PLN sekitar 24 watt saja ketika sedang digunakan. Tentunya angka tersebut bisa dikatakan lebih hemat jika dibandingkan dengan daya lampu jenis lainnya.

Semoga saja, artikel diatas mengenai cara membuat rangkaian lampu led untuk rumah bisa bermanfaat dan berguna bagi anda yang sedang mencari terobosan baru didunia elektronika khususnya pada bidang lampu penerangan rumah. Bagi para pecinta dunia elektronika, tentunya tutorial ini bisa menambah wawasan baru di bidang rangkaian elektronika. Akhir kata, silahkan anda kembangkan sendiri rangakaian lampu LED diatas supaya anda bisa mendapatkan manfaat penggunaan lampu LED yang lebih banyak lagi. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *