Home / Elektronika / Cara Membuat Rangkaian Listrik Campuran Sederhana

Cara Membuat Rangkaian Listrik Campuran Sederhana

Pada penjelasan artikel yang lalu saya sudah membahas mengenai cara membuat rangkaian listrik seri dan rangkain listrik paralel. Pada kesempatan yang baik ini saya masih akan membahas materi yang hampir sama, yaitu cara membuat rangkaian listrik campuran sederhana, dimana yang dimaksud dengan rangkaian listrik campuran adalah rangkaian listrik yang didalamnya diterapkan metode listrik secara paralel dan secara seri. Rangkaian listrik campuran ini juga tentunya digunakan pada beberapa aplikasi rangkaian listrik.

Pada proses pembuatan rangkaian listrik campuran ini kita harus mengetahui terlebih dahulu nilai dari hambatan yang dimiliki oleh setiap model rangkaian, baik rangkaian seri maupun paralel. Jika nilai hambatan dari setiap rangkaian tersebut sudah diketahui, maka barulah kita menghitung nilai hambatan dari total gabungan pada rangkaian seri dan paralel tersebut.

Penjabaran didiatas adalah contoh penerapan yang dilakukan pada bentuk rangkaian listrik secara seri, yang mana nantinya angka total dari rangkaian yang hendak dicari menggunakan nilai hambatan pengganti yang ada di rangkaian hambatan untuk model seri. Selanjutnya, pada bentuk rangkaian paralel, kita musti menemukannya dengan menggunakan teknik menyambungkan sebuah hambatan yang disambungkan menggunakan model paralel sehingga nanti kita baru mendapatkan hasilnya.

Baca Juga:   Cara Membuat Antena TV Sederhana Memakai Pipa Paralon

Dibawah ini anda akan mendapatkan penjelasan dari tiap-tiap jenis rangkaian listrik, baik rangkaian paralel maupun seri. Pada rangkaian seri, proses pemasangan aliran listrik dengan beban terpasang secara seri atau sejajar. Contoh penerapan dari model rangkaian listrik seri adalah pada pemakaian senter, dimana posisi batu baterai dalam senter rata-rata tersususn secara seri. Pada rangkaian seri ini biasanya terdapat setidaknya 2 rangkaian kelistrikan yang terdiri dari barerai dan bola lampu. Bahkan pada beberapa kasus akan didapat penggunaan rangkaian seri dengan jumlah lampu yang cukup banyak, yang natinya sumber daya listrik langsung menganbil dari power supply atau dari adaptor.

Cara Membuat Rangkaian Listrik Campuran Sederhana

Cara Membuat Rangkaian Listrik Campuran Sederhana

Pada rangkaian campuran yang dibuat dengan menggunakan model paralel dan seri hanya mempunyai satu titik pusat dimana bagian tersebut tidak terkoneksikan yang mengarah ke bagian pengantar arus pada rangkaian listrik. Apabila rangkaian tersebut tersusun dengan model rangkaian seri, maka jaringan listrik tersebut menggunakan model rangkaian seri. Dengan model rangkaian seri, maka setiap beban atau elemen listrik akan mendapat jatah arus listik yang sama besar.

Baca Juga:   Cara Memasang AVR Pada Genset

Pada jenis rangkaian paralel, model peletakan beban listrik disususn dengan model paralel atau berderet. Contoh penerapan dari model rangkaian paralel ini adalah pada proses instalasi listrik di rumah-rumah.

Selanjutnya, untuk rangkaian listrik campuran yang bisa dikaitkan pada model rangkaian paralel adalah jenis kendaraan bermotor (sepeda motor) dimana hampir seluruh bagian didalamnya memiliki kebutuhan arus listrik yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan rangkaian listrik seri. Masing-masing rangkaian yang sudah dibahas didepan bisa dengan mudah disambungkan atau di putuskan. Walaupun demikian, hal tersebut tidak memperngaruhi bagian rangkaian lainnya. Pada 2 jenis rangkaian listrik yaitu rangkaian seri dan rangkaian paralel digunakan untuk menyambungkan rangkaian listrik seri dan rangkaian listrik paralel sehingga nantinya akan didapat rangkaian listrik dengan model baru, yaitu rangkaian listrik campuran sederhana.

Tutorial sederhana kali ini tentang Cara Membuat Rangkaian Listrik Campuran Sederhana semoga bisa anda maksimalkan fungsinya, supaya anda bisa membuat rangkaian paralel dan seri atau model dari keduanya yang disatukan, yaitu rangkaian listrik campuran. Terima kasih dan salam sukses.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Stavolt Lengkap

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *