Home / Elektronika / Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana

Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana

Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana tentunya sudah pernah dipelajari oleh kita semua. Materinya sudah kita dapatkan pada saat kita masih duduk di bangku sekolah tingkat pertama. Biasanya pada saat belajar mengenai rangkaian listrik, seluruh peserta didik dikumpulkan pada lab IPA atau lab elektronika. Pada 2 lab tersebut biasanya tersedia peralatan yang lengkap untuk kebutuhan perakitan rangkaian listrik baik seri maupun paralel.  Karena pada artikel yang sebelumnya saya sudah pernah membahas mengenai Cara Membuat Rangkaian Paralel Sederhana, maka pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas mengenai Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana.

Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana

Apa yang dimaksud dengan rangkaian listrik seri?

Pengertian rangkaian listrik seri adalah sebuah rangkaian listrik yang pada proses pemasangannya dilakukan dengan cara berurutan yang mana nantinya besarnya daya yang akan diterima oleh setiap beben adalah sama besarnya. Secara umum bisa dijelaskan bahwa sebuah rangkaian listrik dimana bagian kabel dan beban atau komponen dipasang dengan cara sejajar dan juga berurutan. Penerapan metode rangkaian listrik seri ini biasanya dipakai pada bangunan-bangunan dengan listrik yang berskala besar, misalnya adalah pada bangunan sekolah dan bangunan perkantoran.

Rangkaian listrik seri adalah salah satu bagian dari rangkaian listrik yang ada didunia. Model dari rangkaian seri ini tentunya sangat berbeda dengan rangkaian listrik paralel. Model paling sederhana dari rangkaian listrik adalah pada rangkaian listrik seri. Akan tetapi, walaupun sederhana, proses pemasangan dan perakitan rangkaian listrik seri ini membutuhkan ketelitian dan kejelian supaya kita bisa terhindar dari kesalahan yang mengakibatkan konsleting atau kejadian lainnya.

Baca Juga:   Cara Menggunakan Genset Supaya Lebih Awet

Kenapa rangkaian listrik seri ini dipilih? Hal tersebut tentunya karena besarnya keuntungan yang bisa didapat. Salah satu keuntungan dari penggunaan rangkaian listrik seri ini adalah terlihat pada bagitu mudahnya proses penggunaan dan proses merangkainya. Hanya saja, walaupun terkesan sangat mudah didalam merangkai rangkaian listrik seri, banyak diantara kita yang belum bisa mempraktekannya. Malahan ada yang benar-benar tidak memiliki gambaran bagaimana cara Membuat Rangkaian Listrik Seri yang paling Sederhana.

Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana pada media papan

Pada bagian artikel dibawah ini saya akan mencoba untuk mengulas kembali cara membuat rangkaian listrik seri sederhana. Siapa tau sekarang ini anda sedang membutuhkan informasi tersebut karena sudah lupa mata pelajaran tentang pembuatan rangkaian listrik seri yang pernah didapat di bangku SMP. Model dari rangkaian listrik yang akan dibuat masihlah sederhana, sehingga tentunya berbagai alat dan bahan yang dibuthkan juga sangat mudah didapat disekitar kita. Ayo, sekarang kita persiapkan segala kebutuhannya.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Genset Bensin Yang Sulit Hidup

Bahan-bahan untuk membuat rangkaian listrik seri:

  1. Alas yang bisa anda buat dari papan triplek maupun papan kayu dengan ketebalan sekitar 2 cm
  2. Tempat memasang bohlan (vitting lampu) lengkap dengan bohlamnya dengan jumlah 4 buah
  3. Tempat/soket memasang baterai lengkap dengan baterainya
  4. Kabel listrik dengan ukuran secukupnya
  5. Saklar lampu 1 buah
  6. Isolasi listrik yang biasanya memiliki warna hitam
  7. Tang untuk mengupas kabel. Bisa juga menggunakan gunting atau cutter sebagai alternatifnya.

Apakah peralatan diatas sudah tersedia semuanya? Apabila sudah, maka kita bisa melanjutkan untuk belajar merakit rangkaian listrik seri sederhana.

Langkah Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana

  1. Tahap pertama, silahkan anda lakukan pemotongan kabel dengan ukuran sesuai dengan keperluan. Pada bagian ujung kabel, silahkan anda kupas kulit kabel dengan tang pengupas kabel. Apabila tidak tersedia, anda bisa menggunakan alternative seperti gunting maupun cutter.
  2. Langkah selanjutnya, silahkan anda pasang seluruh komponen pada papan kayu atau papan triplek yang sebelumnya sudah anda siapkan
  3. Langkah berikutnya, silahkan anda pasang baterai pada soket/tempat baterai yang sudah disediakan.
  4. Pada tahap terakhir dibagian persiapan alat, silahkan anda pasang seluruh bohlam pada vitting bohlam
  5. Pada tahap perakitan awal, setiap vitting lampu silahkan anda sambungkan dengan kabel yang sebelumnya sudah anda potong. Setelah anda menyelesaikan tahap ini, maka akan didapat hasil yaitu seluruh lampu akan saling tersambung antara lampu yang satu dengan lampu yang lainnya menggunakan kabel.
  6. Dibagian berikutnya, anda bisa menggunakan potongan kabel lagi untuk menghubungkan kabel yang berasal dari vitting bohlam menuju ke salah satu kutub baterai, misalnya adalah kutub positif. Sementara itu, kabel lainnya dihubungkan ke kutub negatif baterai.
  7. Supaya kita bisa menambahkan saklar pada rangkaian listrik seri tersebut, anda bisa memotong salah satu kabel yang menuju ke bagian baterai. Kabel yang direkomendasikan untuk dipotong adalah kabel yang menuju ke kutub positif baterai.
  8. Pasang saklar dengan cara melilitkan potongan kabel pada masing-masing ujung saklar.
Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Amplifier Sederhana

Setelah anda menyelesaikan proses pemasangan rangkaian listrik seri diatas, maka anda bisa mulai untuk melakukan uji coba. Caranya cukup mudah, yaitu anda cukup menekan saklar ke posisi “ON”. Apabila lampu yang terpasang semuanya bisa menyala, maka rangkaian listrik seri yang anda buat berhasil dan semua komponen tentunya bisa terpasang dengan baik dan sempurna.

Setelah anda memahami Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana, mudah-mudahan anda bisa mengaplikasikan teknik tersebut pada kehidupan sehari-hari, sehingga ilmu dibidang elektronika anda semakin terasah dan semakin baik apabila sering digunakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *