Home / Elektronika / Cara Membuat Rangkaian Power Bank Paling Mudah

Cara Membuat Rangkaian Power Bank Paling Mudah

Power bank bisa dikatakan merupakan alat wajib yang harus dimiliki oleh para pemilik smartphone saat ini. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan sumber daya listrik pada smartphone semakin tinggi. Banyak smartphone yang hanya memiliki kemampuan sehari untuk bisa hidup mengandalkan daya baterai yang ada didalamnya. Apa jadinya jika smartphone tersebut harus dicas, namun tidak tersedia sumber listrik? Solusinya adalah dengan memiliki cadangan listrik yang tersimpan pada power bank. Power bank itu sendiri sudah banyak dijual dipasaran dengan harga yang berfariasi, mulai dari 100 ribu sampai dengan 500 ribu. Apabila kita ingin berhemat, maka kita bisa mencoba membuat power bank sendiri. Untuk membantu anda merealisasikan kebutuhan membuat power bank sendiri, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mengulas bagaimana cara membuat rangkaian power bank dengan bahan dan biaya yag cukup murah.

Cara Membuat Rangkaian Power Bank

Bagaimana bentuk dari skema rangkaian power bank?

Bagi anda yang kebetulan menggemari hobi elektronika pastinya akan cukup penasaran dengan bentuk skema dan rangkaian dari power bank. Oleh sebab itulah maka ada baiknya kita perdalam bagian-bagian dari power bank supaya kita bisa mendapatkan gambaran yang lebih jauh mengenai alat bantu pengecasan handphone dan smartphone ini. Dengan memahami secara mendetail bagian demi bagian power bank, maka tentunya kita akan semakin mudah didalam membuat rangkaian power bank. Silahkan simak terus penjelasan dalam artikel ini.

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Listrik Campuran Sederhana

Bagian utama dari rangkaian skema power bank:

  1. Bagian Baterei model baterai rechargeable
  2. Bagian Rangkaian untuk keperluan Charging Baterei
  3. Bagian Rangkaian untuk Charging Gadget

Bagaian diatas adalah bagian utama yang harus ada pada sebuah power bank. Masing-masing bagian tersebut tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Apa saja fungsi dari ke tiga bagian tersebut? Berikut ini adalah penjelasannya.

Bagian baterai

baterai recharger NiMH

Komponen baterai bukanlah komponen yang asing bagi kita. Baterai pada power bank berguna untuk menyimpan arus listrik dalam jangka waktu tertentu. Baterai yang digunakan pada power bank adalah baterai yang bisa di charger atau bisa diisi kembali apabila sudah kosong. Jadi baterai yang digunakan pada power bank bukan baterai sekali pakai seperti merk baterai alkaline dan baterai merk ABC. Untuk tipe baterainya, power bank biasanya menggunakan jenis baterai Ni-MH karena jenis baterai ini memiliki banyak kelebihan, seperti bisa di charger walaupun kondisinya belum habis, tidak memiliki efek memori dan siklus pengisian baterai yang lebih panjang.

Bagian rangkaian charger baterai

Modul Rangkaian charging untuk baterai dan gadget

Fungsi bagian rangkaian charger baterai adalah untuk mengatur proses isi ulang arus listrik kedalam baterai power bank. Rangkaian charger baterai ini harus memiliki spesifikasi yang disesuaikan dengan spesifikasi baterai Ni-MH yang anda gunakan untuk power bank. Besarnya arus dan tegangan keluaran pada bagian rangkaian charger baterai ini harus seimbang dengan arus dan tegangan kerja pada baterai. Apabila ada perbedaan yang terlampau jauh biasanya akan menyebabkan kondisi baterai akan cepat rusak. Oleh sebab itu, sebelum anda merakit bagian charger ini, silahkan pastikan dulu keluaran arus dan tegangannya sudah tepat.

Baca Juga:   Kekurangan Dan Kelebihan Lampu LED

Bagian rangkaian charger gadget/smartphone

Bagian rangkaian charger gadget/smartphone berguna untuk mengatur proses pengecasan pada gadget atau smartphone anda. Pada rangkaian ini arus dan tegangan keluaran akan diatur sedemikian rupa sehingga akan aman untuk mengecas gadget atau handphone/smartphone. Mengapa tidak langsung saja output dari baterai diumpankan ke perangkat yang akan di charger? Hal tersebut dikarenakan keluaran arus dan tegangan kerja dari baterai power bank tidak sesuai dengan kebutuhan arus dan tegangan pada handphone. Oleh sebab itulah dibutuhkan proses adaptasi arus dan tegangan dari baterai power bank menuju ke smartphone supaya lebih sesuai.

Bagaimana Cara Membuat Rangkaian Power Bank sendiri?

Apabila anda tertarik untuk mencoba merakit power bank sendiri, maka minimal anda harus menyediakan 3 komponen pokok yang sudah dibahas didepan, yaitu rangkaian charger baterai, rangkaian charger gadget dan baterai rechangeble. Untuk praktek kali ini baterai yang akan digunakan adalah baterai laptop bekas yang sudah tidak digunakan lagi. Pengambilan baterai laptop bekas sebagai baterai power bank karena kemampuan penyimpanan arus listrik yang lebih besar, sehingga bisa digunakan untuk mengecas perangkat/gadget lebih banyak.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

baterai laptop untuk power bank

Seperti yang sudah dibahas didepan bahwa rangkaian charger baterai dan charger gadget memiliki fungsi yang sangat komplek dan bagian komponen pembentuknya juga cukup komplek. Harus ada kesesuaian besarnya arus dan tegangan pada masing-masing bagian. Apabila anda yakin memiliki kemampuan untuk membangun kedua blok rangkaian tersebut, maka silahkan lanjutkan untuk merakitnya sendiri. Namun, apabila anda ragu dengan hasil perakitan sendiri, maka anda bisa membeli modul charger untuk baterai dan gadget yang sudah jadi. Modul charger tentunya banyak dijual ditoko elektronika. Nantinya anda cukup menghubungkannya antara blok charger dengan blok baterai. Dengan membeli modul charger, maka rangkaian power bank yang kita buat akan lebih aman. Disamping itu, harga modul charger juga cukup murah sehingga cukup ekonomis apabila kita membelinya di toko elektronika.

rangkaian charger pada power bank

Berikut ini adalah contoh skema secara umum power bank yang sudah dirakit

bentuk umum rangkaian power bank yang sudah jadi

Ternyata Cara Membuat Rangkaian Power Bank yang saya bahas pada kesempatan kali ini tidak ada yang sulit. Bahkan bisa dikatakan cukup mudah melakukannya. Hanya menyediakan baterai laptop bekas dan membeli 2 buah modul charger yaitu charger baterai Ni-MH dan charger gadget, kita sudah bisa merakit power bank sendiri dengan kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kapasitas power bank yang banyak dijual dipasaran. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih dan selamat berkreasi.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *