Home / Elektronika / Cara Membuat Sekring Otomatis Hanya Memanfaatkan Lampu Bohlam

Cara Membuat Sekring Otomatis Hanya Memanfaatkan Lampu Bohlam

Pernahkah anda berpikir cara membuat sekring otomatis? Tentunya hanya dengan memanfaatkan peralatan di sekitar kita, misalnya adalah lampu bohlam. Tentunya kegunaan sekring sekarang ini sangatlah besar, salah satunya sebagai alat pengaman untuk menjaga pada saat peralatan listrik yang kita miliki mengalami konslet maupun hubung singkat. Dengan adanya sekring, maka tentunya bahaya yang ditimbulkan dari adanya konsleting listrik tersebut bisa diminimalisir.

Sekring Otomatis

Sebenarnya, memang dengan memanfaatkan MCB yang ada di meteran maka peralatan listrik dirumah kita sudah aman. Manakala terjadi konsleting listrik, maka tentunya MCB yang ada di meteran akan otomatis anjlok ataupun njegleg. Hanya saja, ketika MCB pada meteran anjlok maka tentunya kita harus menaikkan kembali supaya peralatan listrik dirumah kita bisa bekerja kembali.

Dengan membuat sekring otomatis yang menggunakan lampu bohlam, maka kita bisa lebih mengamankan kelistrikan yang ada di dalam rumah sekaligus lebih mudah mendeteksi peralatan mana yang mengalami hubung singkat ataupun konsleting. Lalu bagaimana cara membuat sekring otomatis dengan menggunakan lampu bohlam tersebut? Berikut ini adalah uraiannya

Sebelum kita memulai membuat sekring otomatis menggunakan lampu bohlam, maka terlebih dahulu kita persiapkan beberapa alat dan bahannya, yaitu:

Baca Juga:   Cara Membuat Rangkaian Lampu Led Sederhana
  1. 1 buah lampu bohlam dengan daya 100 watt. Carilah lampu bohlam yang memang benar-benar memiliki daya 100 watt supaya rangkaian sekring otomatis ini bisa bekerja. Alangkah lebih baik jika anda bisa mendapatkan lampu bohlam dengan daya diatas 100 watt.
  2. Stop kontak special untuk kebutuhan service
  3. Steker listrik atau sering disebut dengan colokan listrik
  4. Kabel dengan panjang secukupnya

Tahapan atau cara membuat sekring otomatis menggunakan lampu bohlam:

  1. Silakan anda siapkan peralatan elektronika yang hendak anda cek apakah mengalami konslet atau tidak.
  2. Setelah itu, silakan anda susun secara seri peralatan elektronika tersebut menggunakan lampu bohlam yang memiliki kapasitas daya 100 watt tersebut.
  3. Untuk lebih jelasnya silakan anda perhatikan rangkaian nya pada gambar dibawah ini.
    Cara Membuat Sekring Otomatis Hanya Memanfaatkan Lampu Bohlam

Cara kerja rangkaian sekring otomatis menggunakan lampu bohlam:

Apabila alat elektronika yang anda hubungkan dalam kondisi normal, maka lampu bohlam dengan daya 100 Watt akan menyala hanya sebentar saja, lalu kemudian mati. Selanjutnya alat elektronika yang ada hubungan tersebut akan bekerja dalam kondisi normal seperti apa adanya. Namun, kadangkala juga akan ditemukan kondisi dimana lampu bohlam dalam kondisi menyala dan mati secara bergantian terus-menerus. Kondisi ini juga mengindikasikan bahwa peralatan elektronika yang anda gunakan dalam kondisi normal dan tidak mengalami konslet.

Baca Juga:   Inilah Cara Membuat Rangkaian Flip Flop Sederhana

Apabila alat elektronika yang anda hubungkan tersebut dalam kondisi konslet, maka lampu bohlam tersebut akan menyala secara terus-menerus. Tujuan dari penggunaan lampu bohlam memakai daya 100 Watt adalah dengan harapan daya dari alat elektronika yang tersambung lebih kecil dibandingkan dengan daya bohlam itu sendiri. Apabila anda menggunakan bohlam dengan daya yang lebih kecil dibandingkan peralatan elektronika yang disambungkan, maka dalam kondisi apapun baik terjadi konslet maupun tidak konslet maka lampu bohlam akan tetap menyala.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara membuat sekring otomatis hanya dengan memanfaatkan lampu bohlam saja. Alangkah baiknya apabila anda bisa menyediakan lampu bohlam dengan daya di atas 100 Watt, supaya setiap beban yang anda hubungkan ke sekring otomatis tersebut berada pada daya dibawah daya lampu bohlam yang anda gunakan. Mudah-mudahan tutorial di atas bisa anda pahami dan anda praktekan, sehingga anda bisa lebih mengamankan peralatan listrik dan elektronika dirumah anda. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *