Home / Elektronika / Cara Membuat Suara Bass Dengan Memodifikasi Amplifier

Cara Membuat Suara Bass Dengan Memodifikasi Amplifier

Cara membuat suara bass dengan cara modifikasi amplifier tentunya bisa anda tempuh manakala amplifier rakitan yang anda miliki tidak mampu untuk mengangkat dengan baik, atau sudah keluar pas namun kurang menendang. Tentunya, dengan beberapa trik maka power amplifier rakitan bisa dinaikkan lagi kemampuannya sehingga mampu mengangkat nada bass lebih kuat lagi.

Cara Membuat Suara Bass Dengan Memodifikasi Amplifier

Untuk bisa membuat suara bass dengan cara memodifikasi amplifier memang dibutuhkan pengetahuan di bidang elektronika. Minimal, anda mengetahui dasar-dasar dari komponen elektronika Sehingga nantinya tidak bingung bagian mana saja yang harus diubah. Namun apa yang secara umum tentunya kita bisa membuat suara bass lebih nendang di loud speaker dengan cara memodifikasi power amplifier yang anda miliki. Namun, tutorial cara membuat suara bass dengan memodifikasi amplifier ini hanya berlaku pada rangkaian OCL, Power Blazer, amplifier simetrik, serta Morales.

Cara membuat suara bass dengan memodifikasi amplifier

Berikut ini adalah sejumlah cara yang bisa Anda coba praktekkan di dalam melakukan modifikasi bagian power amplifier rakitan supaya nada bass yang bisa diangkat semakin mantap.

Langkah pertama yang bisa dikerjakan serta bisa dikatakan cukup mudah untuk dapat memperoleh pangkat yang cukup besar yaitu dengan jalan menaikkan angka tegangan yang berada di power supply. Sebagai contoh, misalnya power amplifier yang anda miliki memakai rangkaian elektronik power supply dengan tegangan +47 volt, CT, +47 Volt Yang mana dari tegangan tersebut akan dihasilkan daya 250 Watt RMS pada masing-masing transistor outputnya.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Freezer Yang Tidak Dingin

Sementara itu, pada catu daya +32 volt, CT, +32 Volt dipower OCL, alangkah baiknya anda tidak terlalu memaksa dengan cara men drive loud speaker dengan ukuran 15 inchi apabila suara bass yang dihasilkan masih kurang nendang. Anda bisa memakai trafo arus setengah yang berasal dari tegangan sekunder. Sebagai contoh, transformator tegangan sekundernya keluar 30 Volt CT, maka akan arus minimal yang disarankan adalah 15 Ampere.

Langkah kedua yang bisa dilakukan untuk membuat suara bass dengan cara memodifikasi amplifier rakitan adalah dengan memakai rail transistor final minimal 2 buah. Artinya adalah 1 Rail = 1 pasang yang masing-masing memiliki kegunaan untuk membantu mereduksi panas dan juga memperingan kinerja dari transistor.

Disamping itu, guna memperoleh nada bass yang diharapkan, maka alangkah baiknya memakai loud speaker spesial untuk bahas sesuai dengan keinginan. Sebagai contoh, loud speaker yang memiliki ukuran 12 inchi tentunya akan lebih tepat guna menyuarakan Kick drum ataupun hentakan Serta Tribel. Selanjutnya, loadspeaker yang memiliki ukuran 15 inci lebih tepat digunakan untuk mengangkat suara bass yang menengah serta gitar bass.

Baca Juga:   Cara Memasang AVR Pada Genset

Bisa dikatakan, Power Blazer mempunyai nilai gain yang sangat rendah. Sejumlah orang memiliki pendapat apabila transistor Sanken memiliki sifat suara bass yang sangat empuk, namun suaranya tersebut hanya seperti itu saja. Artinya adalah suara yang dihasilkan tidak bias dan juga menempuh jarak yang terlalu jauh. Transistor yang memiliki ukuran besar rata-rata mempunyai kekuatan gain atau penguatan yang cukup rendah.

Oleh sebab itulah sangat pantas apabila suara bass yang dihasilkan cenderung terlihat lebih lemah. Guna menaikkan nilai gain yang harus anda kerjakan yaitu menambahkan sejumlah rangkaian. Langkahnya cukup mudah, anda bisa menambahkan kit tambahan berupa rangkaian Master mixer ataupun giga bass yang dapat disambungkan pada bagian input blazer.

Harap diperhatikan, anda memakai yang mempunyai besaran catu daya simetris +12 Volt ct -12 Volt.tujuan dari penggunaan daya sebesar ini yaitu guna menghindari adanya signal transien Yang kadangkala berlebihan ketika power dari amplifier Anda Nyalakan. Selanjutnya, anda juga bisa melakukan modifikasi pada bagian power amplifier rakitan dengan cara mengubah rangkaian.

Seperti yang kita ketahui bahwa rangkaian power mempunyai 5 buah komponen utama, yaitu resistor gain, IC Op-Amp, jaringan R-C, dan resistor input.Fungsi dari resistor gain dan R input adalah meningkatkan kain atau penguatan. Namun, proses penguapan yang terlalu besar akan dapat menimbulkan desis atau noise.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Motor Kipas Angin Yang Berputar Pelan

Besarnya resistor gain pada power amplifier rakitan rata-rata adalah 22k untuk bagian Power Blazer dan 33k untuk bagian power OCL. Tentunya, semakin kecil angka R-gain, maka semakin kecil pula penguatannya serta diikuti dengan semakin kecil suara desisnya. Fungsi dari rangkaian RC adalah untuk resonansi bass, sehingga semakin tinggi nilai dari elko atau C, maka nada bass yang dihasilkan akan semakin ampuh.

Begitu juga sebaliknya, semakin kecil nilai dari C, maka akan semakin tinggi pula nada bass yang dihasilkan. Berikutnya, untuk nilai maksimal dari komponen Elco adalah 47 mikro farad yang diterapkan untuk gitar bass. Sementara itu, Apabila hendak digunakan untuk bas kendang serta drum, maka anda bisa memakai elko dengan nilai 10 sampai dengan 22 mikrofarad dan tidak boleh lebih.

Sekian tutorial singkat mengenai cara membuat suara bass dengan memodifikasi amplifier rakitan. Tentunya, membutuhkan pemahaman dan perjuangan lumayan tinggi untuk bisa mempraktekkan tutorial ini. Namun, semoga saja jerih payah anda di dalam berjuang meningkatkan nada bass pada amplifier yang anda miliki bisa mendapatkan hasil sempurna sehingga Anda puas dengan pekerjaan yang sudah anda lewati tersebut. Terima kasih atas kunjungannya, selamat praktek dan semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *