Home / Tips dan Trik / Cara Membuat Suara Cantik dan Merdu Secara Alami

Cara Membuat Suara Cantik dan Merdu Secara Alami

Setiap orang telah diberikan Anugerah suara oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan dapat digunakan untuk bernyanyi. Namun tentunya ada perbedaan kualitas dari masing-masing manusia. Dengan menerapkan teknik yang baik dan benar, kualitas suara tentunya dapat dilatih. Tempat-tempat yang dipakai untuk latihan maupun kursus vokal sekarang ini sudah cukup banyak dibuka. Tentunya salah satu dari tempat latihan tersebut bisa Anda coba ikuti.

Cara Membuat Suara Cantik dan Merdu Secara Alami

Namun, apabila anda hanya ingin untuk bisa bernyanyi dan sedikit cukup malu untuk ikut di dalam latihan vokal pada sebuah tempat kursus, maka tentunya Anda bisa mencoba untuk latihan sendiri. Latihan otodidak tentunya Bisa Anda coba lakukan supaya pada saat tampil bernyanyi kita tidak terlalu malu.

Cara Membuat Suara Cantik dan Merdu Secara Alami

Berikut ini adalah cara membuat suara cantik dan merdu secara alami yang bisa Anda coba praktekkan sendiri.

1. Berlatih mengucapkan kata dan kalimat dengan benar atau artikulasi

Anda bisa memulai dengan latihan mengucapkan kata sederhana namun dengan benar dan jelas. Selanjutnya cobalah berlatih untuk mengucapkan kata yang cukup rumit. Secara perlahan-lahan latihlah untuk mengucapkan kalimat dengan kecepatan rendah terlebih dahulu, lalu perlahan-lahan ditingkatkan hingga ke kecepatan yang cukup tinggi. Oleh sebab itulah nanti akan berefek anda bisa mengucapkan kalimat demi kalimat pada saat bernyanyi dengan baik dan benar.

2. Berlatih menguatkan suara

Pernapasan adalah salah satu bagian penting yang sangat berkaitan dengan kekuatan suara. Kekuatan suara yang dikeluarkan akan semakin baik apabila pernafasan yang dimiliki baik dan benar serta bagus. Kekuatan suara ini tidaklah mengindikasikan kekuatan di dalam berteriak, namun jelas tidaknya suara dan Kejernihan suara tetap bisa didengar. Anda bisa melatih kekuatan suara dengan cara meniup nyala lilin dari jarak satu setengah meter Sampai Padam. Cobalah lakukan latihan ini 20 sampai dengan 30 kali dalam sehari, tentunya untuk memperoleh kekuatan suara vokal anda.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Menjadi Tinggi

3. Berlatih metode pernafasan

Pernafasan yang baik tentunya sangat dibutuhkan pada saat bernyanyi. Teknik pernafasan perut merupakan salah satu teknik pernafasan yang paling efektif di dalam bernyanyi. Jadi bukanlah pernafasan dada yang dibutuhkan ketika bernyanyi. Ciri ketika pernapasan perut digunakan adalah pada saat kita bernafas, maka perut akan mengembang. Berbeda dengan pernafasan dada dimana pada saat kita menarik nafas, maka dadalah yang akan mengembang. Dibawah ini adalah beberapa cara untuk melatih pernafasan perut:

  1. Persiapkan posisi tubuh, anda bisa duduk bersila ataupun berdiri. Silakan Anda tegakkan Posisi badan atau punggung
  2. Selanjutnya, silahkan anda Tarik nafas sedalam-dalamnya dengan menggunakan nafas perut, bisa anda lakukan selama 10 detik. Pada detik ke 10, usahakan perut dalam kondisi maksimal.
  3. Tahap berikutnya, selama 10 menit silahkan Anda tahan nafas. Silahkan tahan kondisi perut hingga terasa keras pada posisi menggelembung tersebut. Anda tentunya bisa mengetik dengan menekan perut yang sudah keras tersebut.
  4. Langkah berikutnya, anda lepaskan sedikit demi sedikit nafas lewat mulut dengan durasi waktu 10 detik. Anda bisa melakukan pengaturan nafas seefektif mungkin dengan membatasi pembukaan mulut sampai dengan detik ke-10 sambil diiringi dengan membunyikan sesuatu di mulut.
  5. Lakukan latihan di atas 1 sampai 4 kali dalam sehari. Intinya adalah Tarik nafas, tahan lalu keluarkan. Anda juga bisa menambahkan durasi di dalam menahan nafas, misalnya adalah menambahkan masing-masing lima detik. Hal tersebut tentunya akan menambah waktu hingga lebih lama lagi
  6. Lakukan pengurangan apabila latihan Anda dirasa masih terlalu berat
Baca Juga:   Cara Membuat Suara Bagus Dan Merdu

4. Berlatih metode vibrasi

Membunyikan suara adalah pengertian dari vibrasi. Kontraksi pada pita suara lah yang menyebabkan terjadinya vibrasi. Pada beberapa huruf tertentu Bagian tenggorokan atau Jabon akan terasa bergetar ketika anda mengucapkan sesuatu. Berikut ini adalah beberapa tahapan untuk melatih vibrasi:

  1. Mulailah dengan merilekskan diri
  2. Silahkan Anda mulai bernyanyi dengan nada yang benar, Pilihlah nada yang tinggi namun jangan yang terlalu tinggi
  3. Silakan Anda rasakan aliran udara yang lewat pada pita suara Anda
  4. Silahkan rasakan bola getarannya
  5. Silahkan anda memfokuskan diri untuk memperoleh vibrasi pada alunan nyanyian anda
  6. Tidak perlu untuk membuat buat nada sehingga memaksa untuk menggerakan Bagian tenggorokan secara berlebihan. Kondisi itu hanya akan menguras energi dan suara tidak akan stabil.
  7. Apabila anda sudah merasakan adanya vibrasi, barulah anda diperbolehkan untuk menggerakan bagian dalam tenggorokan, namun lakukan seperlunya saja. Tidak perlu terlalu berlebihan, tentunya tergantung kepada alunan, ekspresi dan kebutuhan lagu.
  8. Vibrasi yang didapat dari Getaran yang stabil serta natural merupakan vibrasi yang baik. Jadi latihan secara pelan-pelan haruslah selalu dilakukan.

5. Berlatih suara tinggi

Perbedaan prank suara tentunya dimiliki oleh setiap orang. 3 oktaf merupakan vokal pada penyanyi secara umumnya. Namun, ada juga beberapa orang yang mempunyai vokal lebih dari 3 oktaf, bahkan bisa sampai 6 oktaf. Namun tentunya kita bisa berlatih suara tinggi. Beberapa latihan yang bisa membuat suara lebih tinggi adalah:

  1. Lemaskan posisi pita suara sebagai tahapan pemanasan dengan cara bernyanyi beberapa kata
  2. Setiap hari bisa anda luangkan waktunya untuk latihan bernyanyi. Pita suara yang tidak sering dilatih tentunya akan kembali melempem ataupun melemas. Oleh sebab itulah harus dilatih berulang kali supaya kondisi pita suara tetap stabil. Anda juga bisa menggunakan bantuan keyboard atau piano supaya ada sinkronisasi nada antara suara keyboard dan suara anda.
  3. Bernyanyilah satu buah lagu dimana mampu untuk mencapai nilai oktaf yang paling tinggi. Anda bisa mengulangi dua sampai tiga kali Apabila belum yakin nilai oktaf Anda tercapai. Lakukan latihan tersebut dalam kondisi santai serta Ambillah nafas seperlunya. Anda bisa membayangkan dan berkonsentrasi nada tinggi seperti itu bisa mudah untuk dicapai
  4. Setelah nada tinggi di dalam menyanyikan lagu bisa anda capai dengan baik maka anda bisa berlatih untuk menyanyi lagu lainnya yang tentunya memiliki nada tinggi juga. Bahkan Seandainya bisa Carilah lagu dengan nada yang lebih tinggi lagi.
  5. Selanjutnya, silakan Anda nyanyikan Sebuah lagu yang memiliki nilai oktan paling rendah. Anda bisa mengulangi latihan tersebut sampai dengan 3 kali. Setelah anda bisa menguasai lagu yang memiliki oktaf rendah, maka Sekali lagi anda bisa berlatih untuk mencari lagu lain yang memiliki karakter nada rendah hampir sama dengan lagu sebelumnya.
Baca Juga:   Cara Membuat Suara Menjadi Bagus Saat Bernyanyi

Itulah sejumlah cara membuat suara cantik dan merdu secara alami yang bisa anda latih setiap hari sehingga kemampuan Anda didalam melatih pita suara akan semakin terasa. Tidak diperlukan latihan spesial karena cukup mempraktekkan beberapa Tutorial diatas maka secara perlahan-lahan kemampuan pita suara anda akan semakin meningkat sehingga suara yang anda miliki di dalam bernyanyiakan semakin meningkat pula. Terimakasih, Selamat berlatih, Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *