Home / Multimedia / Cara Membuat Suara Di Komputer

Cara Membuat Suara Di Komputer

Aktivitas perekaman sekarang ini memang merupakan sebuah kebutuhan. Merekam suara bisa dilakukan menggunakan komputer, bisa juga dilakukan menggunakan smartphone. Banyak sekali aplikasi yang sekarang ini bisa dimanfaatkan untuk proses merekam suara ataupun membuat suara. Dengan adanya beragam aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat suara ataupun merekam suara pastinya akan lebih mempermudah pengguna perangkat komputer maupun smartphone untuk mengabadikan suara.

Cara Membuat Suara Di Komputer

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat ketika kita bisa merekam ataupun membuat suara. Salah satunya adalah pada proses pembelajaran dimana ketika kita sudah membuat suara terlebih dahulu sebelum Pelajaran dimulai, maka nantinya kita bisa memutar ulang suara tersebut apabila dibutuhkan di kelas berikutnya. Hal tersebut tentunya akan sangat menghemat tenaga bagi seorang pengajar.

Walaupun cara membuat suara bisa dilakukan di Smartphone ataupun di komputer, tetap saja Penggunaan komputer akan lebih baik dan lebih bagus dari sisi kualitas hasilnya. Selain itu, proses perbaikan dan juga editing suara bisa lebih leluasa apabila dilakukan pada komputer. Oleh sebab itulah, apabila anda sudah memiliki perangkat komputer, maka disarankan untuk membuat suara di komputer supaya Anda memiliki keleluasaan di dalam proses editing sekaligus mempertahankan kualitas suara tetap dalam kondisi terbaik.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Gambar

Ada beragam aplikasi yang bisa anda manfaatkan untuk membuat suara di komputer. Aplikasi-aplikasi tersebut tentunya tidak hanya dikhususkan untuk membuat suara saja, namun juga bisa digunakan untuk mengedit suara sekaligus menjerat beberapa nada.

Cara membuat suara di komputer

Lalu, apa saja yang perlu kita sediakan sebagai langkah awal di dalam belajar cara membuat suara di komputer? Silakan Anda persiapkan beberapa alat sekaligus software yang harus anda miliki.

1. 1 unit komputer

Perangkat wajib yang harus anda miliki adalah unit komputer lengkap dengan monitor dan keyboard nya. Anda juga bisa memanfaatkan komputer jinjing atau laptop apabila anda tidak memiliki komputer desktop. Carilah komputer yang memiliki spesifikasi cukup tinggi sehingga komputer tersebut bisa berjalan lebih cepat.

2. Kartu suara atau sound card

Secara umum, perangkat ini sebenarnya sudah menyatu secara langsung pada komputer. Anda hanya perlu memastikan bahwa dibagian belakang casing komputer sudah disediakan kartu suara atau sound card yang siap untuk dihubungkan ke Microfon ataupun ke speaker.

Baca Juga:   Apa yang dimaksud dengan iklan

3. Loud speaker

Perangkat ini haruslah ada karena digunakan untuk mendengarkan suara-suara yang masuk sekaligus membantu proses editing.

4. Microphone

Perangkat ini juga haruslah ada karena berguna untuk menterjemahkan suara yang berasal dari luar sehingga bisa disimpan dalam bentuk digital di komputer yang mana nantinya lebih mudah untuk dilakukan proses manipulasi atau editing.

Setelah anda mempersiapkan beberapa peralatan di atas, selanjutnya Anda harus mempersiapkan software software yang bisa digunakan untuk membuat suara di komputer. Ada sejumlah software yang gratis dan bebas anda gunakan, ada juga beberapa software yang harus anda bayar terlebih dahulu sebelum Anda menggunakan secara penuh. Software apa yang nantinya akan anda gunakan tentunya terserah kepada anda sendiri. Namun, yang secara umum software gratis pun sudah sangat cukup untuk kebutuhan membuat suara di komputer.

Ketika Anda membutuhkan fitur dasar di dalam membuat suara di komputer, maka anda bisa menggunakan Windows sound recorder yang sudah secara otomatis bisa anda gunakan ketika Anda memakai sistem operasi berbasis Windows. Namun, apabila anda menginginkan proses perbaikan suara yang sudah dibuat, maka anda bisa menggunakan software editing audio yang berbayar, contohnya adalah Adobe Audition atau Cool Edit Pro. Kedua software tersebut sangatlah populer di kalangan audio editor karena memiliki fungsi dan fitur yang sangat bagus di dalam pengolahan audio atau suara.

Baca Juga:   Cara Membuat Video Tanpa Suara

Demikianlah sedikit informasi mengenai cara membuat suara di komputer yang bisa anda kerjakan di sendiri hanya memanfaatkan unit komputer dan software tertentu. Mudah-mudahan, informasi sederhana pada kesempatan kali ini bisa memberikan pengetahuan baru bagi anda sekalian, terutama di bidang audio pada komputer. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Akhir-akhir ini, kata receiver mpeg4 cukup sering didengar di telinga kita. Untuk itulah, pada kesempatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *