Home / Multimedia / Cara Membuat Suara DJ Sendiri

Cara Membuat Suara DJ Sendiri

Halo pengunjung setia inanesia.com. Bagaimana kabarnya hari ini? Saya harap anda semua dalam keadaan sehat. Pada kesempatan yang baik ini ijinkan saya kembali untuk berbagi ilmu mengenai cara membuat suara DJ sendiri. Artikel ini dilatarbelakangi karena perkembangan dunia musik saat ini cukuplah pesat, apalagi kegemaran di dalam pengolahan nada-nada lagu yang semakin banyak digemari oleh kalangan muda.

Cara Membuat Suara DJ Sendiri

Sebenarnya cara membuat suara DJ sendiri termasuk kedalam kategori yang sangat mudah. Namun tentunya setelah anda mengetahui ilmu yang digunakan. Sebelum anda memulai untuk belajar mengaplikasikan cara membuat suara DJ sendiri, Alangkah baiknya apabila anda mempersiapkan dulu beberapa peralatan yang nanti akan anda gunakan untuk membuat suara DJ sendiri. Peralatan-peralatan tersebut ada yang wajib Anda beli, namun ada juga yang bisa anda download secara gratis di internet.

Peralatan membuat suara DJ sendiri

Berikut ini adalah beberapa peralatan yang harus Anda persiapkan sebagai tahapan awal untuk berkreasi membuat suara DJ sendiri.

1. Microphone

Pastinya anda sudah mengetahui bahwa fungsi dari mikrofon adalah untuk melakukan perekaman suara. Nantinya, mikrofon akan digunakan untuk merekam inisial yang akan anda buat. Carilah microphone yang memiliki kualitas cukup bagus.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Gambar Bitmap

Apabila anda cukup awam di dalam dunia elektronika terutama pada mikrofon, anda bisa mempertimbangkan harga dari mikrofon yang ditawarkan. Secara hukum pasar bahwa semakin tinggi harga sebuah barang, maka kualitasnya juga akan semakin baik. Walaupun hal tersebut bukanlah jaminan, namun tetap bisa dijadikan sebagai sebuah acuan.

2. Software Adobe Audition

Salah satu kebutuhan pokok di dalam proses membuat suara DJ sendiri adalah merekam suara. Sebenarnya, software yang bisa digunakan untuk merekam suara tidak hanya bisa dilakukan oleh Adobe Audition saja, namun bisa dilakukan software perekam yang lainnya seperti Cool Edit Pro atau windows sound recorder. Hanya saja kualitas rekaman suara yang dihasilkan oleh software Adobe Audition bisa dikatakan melebihi dari software software lainnya.

3. Software FLStudio

Kadangkala, proses perekaman suara yang kita lakukan tidaklah benar-benar jernih. Di dalamnya masih terdapat beberapa noise yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda melanjutkan untuk membuat suara DJ di software FLStudio.

Setelah anda benar-benar yakin bahwa suara rekaman yang anda lakukan sudah jernih, maka anda bisa manipulasi suara tersebut menjadi suara DJ dengan menggunakan software FLStudio. Banyak efek-efek spesial suara untuk membuat suara seolah-olah seperti DJ, salah satunya adalah reverb. Anda juga bisa bereksperimen memilih efek-efek khusus yang sudah disediakan. Silakan Anda ubah sesuka hati sesuai dengan keinginan.

Baca Juga:   Cara Membuat Video Tanpa Suara

4. Software Virtual DJ

Setelah anda selesai melakukan pengeditan menggunakan software FLStudio, silakan lanjutkan untuk membuka software Virtual DJ. Tahap berikutnya, anda bisa melakukan eksperimen dengan meload sampler ataupun inisial yang sebelumnya sudah anda buat. Setelah selesai, tentunya Anda bisa coba bagikan ke teman-teman bahwa anda sudah mampu untuk membuat suara DJ sendiri.

Sekian tutorial singkat mengenai bagaimana cara membuat suara DJ sendiri yang bisa anda praktekan dirumah tanpa membutuhkan peralatan yang mahal. Mudah-mudahan, keterangan di atas mampu memberikan ilmu baru bagi anda sekalian, sehingga Anda bisa berkreasi meningkatkan kualitas suara ataupun memodifikasinya. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Akhir-akhir ini, kata receiver mpeg4 cukup sering didengar di telinga kita. Untuk itulah, pada kesempatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *