Home / Tips dan Trik / Cara Membuat Suara Dua Dengan Mudah dan Cepat

Cara Membuat Suara Dua Dengan Mudah dan Cepat

Pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi cara membuat suara dua dengan mudah dan cepat. Hal tersebut tentunya bertujuan supaya Anda sebagai pemula bisa mendapatkan pemahaman lebih mudah di dalam bernyanyi. Apalagi yang saat ini anda hendak berlatih untuk bernyanyi dengan suara dua atau sering dikenal dengan istilah backing vocal.

Cara Membuat Suara Dua Dengan Mudah dan Cepat

Yang dimaksud dengan backing vokal adalah suara yang mengiringi vokal Utama. Suara dua atau backing vocal dapat bernyanyi hanya dengan menambah nada-nada ataupun bernyanyi bersama dengan Penyanyi utama. Tidak mudah untuk bisa bernyanyi menjadi suara dua atau backing vocal. Tetap diperlukan teknik vokal yang baik ketika kita hendak bernyanyi pada suara dua.

Adapun cara membuat suara dua dengan mudah dan cepat pada artikel kali ini bertujuan supaya Anda bisa melatih diri, setidaknya mendapatkan tambahan wawasan baru mengenai cara membuat suara dua dengan benar dan baik. Secara umum, Tehnik untuk membuat suara dua mirip dengan teknik latihan vokal secara umum, akan tetapi ada beberapa teknik dasar yang perlu anda pelajari lagi lebih dalam.

Cara membuat suara dua dengan mudah dan cepat

Berikut ini adalah beberapa langkah di dalam membuat suara dua yang bisa Anda pahami dan anda cermati serta praktekkan. Secara umum, belajar membuat suara dua tentunya memakai teknik yang hampir sama dengan suara pertama. Hanya saja, rata-rata suara dua pada saat bernyanyi memiliki volume yang lebih rendah Apabila dibandingkan dengan suara vokal pertama. Silahkan anda Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Notifikasi Unduhan Di Android

1. Teknik artikulasi pada saat bernyanyi

Teknik artikulasi adalah sebuah kebutuhan yang begitu penting pada orang yang sedang berlatih bernyanyi. Hal tersebut disebabkan karena pada saat bernyanyi seseorang wajib bisa menyampaikan sebuah arti pada masing-masing lirik yang dinyanyikan. Bisa dipastikan artikulasi mempunyai kaitan dengan musik yang akan dinyanyikan. Ada dua hal yang bisa digunakan untuk berlatih artikulasi memakai bahasa Indonesia yaitu huruf mati atau huruf konsonan dan huruf hidup atau huruf vokal. Huruf hidup atau huruf vokal terdiri dari huruf A, I, U, E, O. Silahkan anda hafalkan secara berulang-ulang huruf tersebut.

Pada saat menghafalkan, anda bisa mencoba untuk membuka mulut selebar-lebarnya. Pelafalan dari huruf tersebut juga haruslah benar, misalnya huruf A haruslah dibaca A bukan HA ataupun AH, demikian juga untuk huruf dibaca I bukan IH, dan seterusnya. Demikian juga untuk huruf mati atau konsonan juga bisa anda pelajari untuk dihafalkan dan diucapkan.

2. Melatih pernafasan pada saat bernyanyi

Ada dua jenis pernafasan di dalam bernyanyi yaitu pernafasan yang menggunakan diafragma dan pernafasan yang menggunakan perut. Ketika kita menggunakan pernapasan perut, maka tempat yang digunakan untuk menyimpan udara adalah rongga perut. Ciri-ciri orang yang memakai pernafasan perut adalah pada saat sedang menarik udara, perut yang mengembang. Sementara itu, pernafasan diafragma merupakan pernafasan yang memanfaatkan rongga dada didalam menyimpan udara.

Pada saat bernyanyi, jenis pernafasan yang direkomendasikan adalah pernafasan diafragma. Proses produksi udara akan lebih efektif apabila menggunakan pernafasan diafragma. Hal tersebut tentunya akan membuat pemakaian alat musik juga akan lebih efektif. Berlatihlah untuk menggunakan pernafasan diafragma secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama. Tariklah dalam-dalam nafas hingga masuk kedalam rongga dada, bukan rongga perut.Setelah itu, silakan Anda keluarkan udara yang ada di rongga dada secara perlahan-lahan. Latihan vokal A, I, U, E, O juga bisa menerapkan pernafasan diafragma ini.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Download Di Youtube dibawah Video

3. Pemilihan vokal pada saat bernyanyi

Guna memperoleh suara yang enak didengar dan juga baik, kita tentunya membutuhkan latihan khusus. Salah satu latihan khusus adalah dengan rutin mengerjakan senam pernafasan serta rutin pula mengkonsumsi air putih. Tentunya ada banyak teknik yang bisa anda kerjakan supaya bisa mengolah suara vokal dengan lebih baik, diantaranya adalah artikulasi atau latihan pengucapan kata perkata dan latihan pernafasan. Seperti yang sudah di singgung di atas bahwa pernafasan ada dua jenis yaitu pernapasan perut dan pernapasan dada.

4. Latihan vibrato

Vibrato adalah sebuah usaha untuk mempercantik nyanyian dengan teknik memberikan getaran pada suara. Teknik ini biasanya dilakukan pada akhir sebuah lagu.

5. Teknik phrasering

Phrasering adalah sebuah aturan proses pemenggalan kalimat sesuai dengan aturannya supaya dapat dipahami dan dimengerti oleh semua pendengar, yang mana proses pemenggalan kalimat tersebut dilakukan sesuai dengan kaidah tata bahasa yang berlaku.

6. Bahasa tubuh

Tentunya, bahasa tubuh juga amat berpengaruh di dalam proses bernyanyi. Rileks dan santai tentunya bisa anda lakukan pada saat bernyanyi jadi tidak terpaku Anda harus berdiri. Anda boleh saja duduk pada saat bernyanyi namun posisi duduk tidak boleh mengganggu saluran pernafasan. Akan tetapi tentunya bernyanyi dengan posisi berdiri jauh akan lebih baik Apabila dibandingkan dengan posisi duduk.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Yang Lemot Dan Lambat

7. Latihan resonansi

Resonansi merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk mempercantik nyanyian dengan cara memanfaatkan rongga-rongga udara yang tentunya ikut bergetar atau bervibrasi di sekitar tenggorokan dan mulut.

8. Latihan improvisasi

Improvisasi merupakan sebuah usaha yang dilakukan pada sebuah nyanyian untuk menambah atau merubah sejumlah melodi lagu, akan tetapi tentunya tidak boleh mengubah melodi intinya.

9. Latihan intonasi

Intonasi merupakan tinggi rendahnya sebuah nada yang tentunya harus dinyanyikan dengan tepat oleh seorang penyanyi. Sejumlah syarat supaya bisa memiliki intonasi yang baik dan benar adalah dengan cara mempunyai kemampuan pendengaran yang cukup baik, mampu mengontrol pernafasan serta mempunyai jiwa musik yang bagus.

Demikianlah sejumlah cara membuat suara dua dengan baik dan cepat yang mana teknik tersebut bisa anda latih setiap hari sehingga Anda benar-benar mampu dan berbakat untuk menjadi seorang backing vokal atau suara dua. Syarat untuk menjadi seorang yang mampu mengisi suara dua atau backing vocal tentunya adalah suara yang dimilikinya tidak Fals dan memiliki nada volume yang lebih kecil dibandingkan dengan volume suara pertama.Akhir kata, Selamat berlatih untuk menjadi backing vokal, semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *