Home / Tips dan Trik / Cara Membuat Suara Menjadi Bagus Saat Bernyanyi

Cara Membuat Suara Menjadi Bagus Saat Bernyanyi

Mempunyai suara yang indah serta bagus merupakan sebuah potensi yang sangat baik apabila anda merupakan penghobi dari olah vokal baik itu dalam kegiatan mengaji maupun bernyanyi. Untuk sejumlah penyiar radio, penyanyi, Master of Ceremony, dan presenter televisi Tentunya semua mengharapkan suara yang indah, bagus serta Mantab. Guna bisa mempunyai kriteria suara yang sudah disebutkan di depan, maka ada sejumlah hal yang wajib diperhatikan dimana hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kesehatan dan juga gaya hidup. Sejumlah kebiasaan yang jelek tentunya bisa menjadikan kualitas vokal Anda rusak. Contoh dari kebiasaan yang buruk diantaranya adalah sering mengkonsumsi kafein, sering telat minum, kurang berolahraga serta terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak. Untuk itulah ijinkan Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas Bagaimana cara membuat suara menjadi bagus saat bernyanyi.

Cara Membuat Suara Menjadi Bagus Saat Bernyanyi

Cara membuat suara menjadi bagus saat bernyanyi

Ada sejumlah langkah dan tips sehat sebagai bagian dari upaya membuat suara menjadi bagus saat menyanyi. Bahkan sebenarnya tips ini juga bisa anda terapkan bukan hanya untuk bernyanyi saja, namun juga untuk pelatih menjadi seseorang yang membutuhkan olah vokal yang bagus. Berikut uraiannya.

1. Memperoleh cukup hidrasi

Supaya pita suara bisa bergetar dengan efektif dan efisien, maka perlu adanya pelumas. Salah satu langkah yang bisa berguna untuk melumasi lipatan pita suara adalah dengan rutin meminum air putih. Secara aturan, kebutuhan tubuh terhadap air putih dalam sehari adalah 2 liter. Namun, hal tersebut tentu juga harus melihat kondisi ginjal serta fungsi jantung masing-masing orang.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Gitar Bagus

2. Jauhi kegiatan merokok, mengkonsumsi makanan berkafein dan alkohol

Beberapa jenis makanan dan minuman tersebut memiliki Kegunaan untuk menarik air keluar dari tubuh sehingga bisa mengurangi bahkan menghilangkan pelumas yang ada pada pita suara. Segala macam jenis minuman yang mengandung kafein termasuk Teh, kopi serta beberapa jenis minuman ringan memang dalam jumlah yang kecil bisa diterima oleh tubuh, namun tentunya juga harus diimbangi dengan meminum air putih dalam jumlah yang banyak. Selanjutnya, untuk asap rokok memiliki sifat yaitu sangat merusak paru-paru serta lipatan pita suara.

3. Kurangi minuman dengan suhu diatas atau dibawah normal

Berbagai jenis minuman yang memiliki suhu di bawah ataupun diatas suhu normal tentunya tidak baik untuk kesehatan pita suara. Suhu normal dari minuman yang Baik untuk diminum adalah yang memiliki suhu ruangan.

4. Kurangi berada pada lingkungan dengan udara yang berkualitas buruk

Kondisi ini Tentunya bisa berpengaruh terhadap proses pelumasan pada pita suara, Terlebih pada lingkungan yang memiliki udara cukup kering. Salah satu penyebab dari munculnya udara kering diantaranya adalah ruangan ber-ac, Tungku yang cukup panas, serta cuaca yang memiliki kelembaban udara cukup rendah. Pelumasan pita suara bisa juga berkurang ketika kita sering keluar di malam hari. Hal tersebut disebabkan karena udara malam hari memiliki kelembaban yang cukup rendah.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Hidden Folder Dengan Cepat dan Mudah

5. Kurangi kadar asam lambung

Asam lambung merupakan sebuah zat yang diperlukan pada lambung guna membantu proses pencernaan makanan. Akan tetapi apabila jumlah asam lambung yang terlalu banyak atau tinggi tentunya dapat naik ke tenggorokan sampai dengan paru-paru. Korosif adalah sifat dari asam lambung yang mana hal tersebut bisa merusak pita suara. Bahkan, dapat menimbulkan permasalahan pada jantung dan paru-paru.

Untuk menghindari naiknya kadar asam lambung tentunya kita bisa mencoba untuk berolahraga yang cukup, makan secara teratur, hindari terlalu banyak makanan yang mengandung minyak, mengkonsumsi makanan yang bergizi, hindari alkohol dan kopi. Secara umum, aturlah pola hidup yang sehat untuk menjaga suara kita.

6. Hindari memaksa pita suara

Alangkah baiknya kita mengurangi kegiatan menjerit atau berteriak. Ketika anda merasakan tenggorokan sudah mulai lelah dan kering, atau bahkan suara anda sudah terdengar mulai serat, maka akan lebih baik anda mengurangi pemakaian suara.

7. Usahakan kondisi leher santai dan jagalah otot tenggorokan

Buatlah cerita teks mungkin kondisi otot leher dan tenggorokan Anda Walaupun anda sedang semangat semangat nya di dalam bernyanyi baik menggunakan nada tinggi maupun nada rendah.

8. Atur frekuensi di dalam membersihkan kondisi tenggorokan

Pada saat anda melakukan pembersihan tenggorokan, maka secara tidak langsung Anda juga akan menggosok bagian pita suara. Ketika anda mempunyai alergi sinus atau dalam kondisi batuk serta asam lambung, maka lebih baik anda berobat ke dokter daripada Membersihkan tenggorokan.

Baca Juga:   Cara Mendengarkan Radio Di PC Tanpa Internet

9. Cukup berolahraga

Salah satu yang membuat kondisi tubuh tetap prima adalah cukup berolahraga. Dengan merutinkan olahraga, maka tentunya tubuh akan lebih kebal dari sakit serta hal tersebut juga akan mengurangi terjadinya infeksi pada tenggorokan. Tentunya jenis olahraga yang perlu dirutinkan adalah olahraga yang mengarah ke latihan pernafasan supaya lebih panjang dan lebih kuat sehingga bermanfaat untuk seorang penyanyi. Beberapa contoh olahraga nya adalah lari, berenang, dan bersepeda.

10. Melatih pernafasan dalam

Untuk memperoleh suara yang kuat dan sehat di dalam bernyanyi, anda bisa berlatih jenis pernafasan dada atau paru-paru atau diafragma dengan cara menghirup udara sedalam-dalamnya, lalu mengeluarkan kembali sampai habis. Kegiatan tersebut bisa anda kerjakan pada saat berdiri, duduk maupun berbaring. Ketika anda berlatih dalam posisi duduk atau berdiri, maka anda bisa meletakkan tangan di perut serta memaksa udara yang anda hirup untuk keluar. Pada saat Anda berlatih dalam posisi berbaring, tempatkan buku di atas dada sampai tidak bisa bergerak.

Sekian ulasan singkat bagaimana cara membuat suara menjadi bagus saat bernyanyi. Efektivitas di dalam melatih diri menerapkan teknik-teknik di atas tentunya akan sangat bermanfaat melatih kemampuan tarik suara Anda sehingga Anda bisa lebih percaya diri bernyanyi karena memiliki suara yang bagus dan merdu. Terima kasih atas kunjungan anda, semoga bermanfaat.

Artikel menarik lainnya

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Cara Menampilkan Subtitle Di Android

Sekarang ini, smartphone yang sangat digandrungi dan diminati oleh para pengguna gadget adalah smartphone yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *