Home / Tips dan Trik / Cara Membuat Suara Menjadi Tinggi

Cara Membuat Suara Menjadi Tinggi

Suara tinggi dari seseorang tentunya bisa dilatih. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi karena adanya perbedaan dari reng suara yang dimiliki oleh setiap orang. Rata-rata orang Indonesia mempunyai range vokal 3 oktaf. Maksudnya adalah dari oktaf rendah sampai dengan oktaf tertinggi, yang tentunya didasari pada skala tertentu. Tentunya, range vokal yang berada di atas angka 3 oktaf juga dimiliki oleh sejumlah orang, bahkan pada orang-orang tertentu memiliki oktaf sampai dengan 6 Oktaf. Oleh sebab itulah, karena suara tinggi bisa dilatih maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk berbagi ilmu kembali bagaimana cara membuat suara menjadi tinggi.

Cara Membuat Suara Menjadi Tinggi

Walaupun secara umum saya tidak begitu pandai di dalam tarik suara, namun saya sedikit mengetahui bagaimana tips dan trik Bagaimana melatih suara supaya bisa memiliki nada yang lebih tinggi. Beberapa tips cara membuat suara menjadi tinggi yang akan saya sampaikan tentunya cukup mudah diikuti, hanya butuh niat dan konsistensi di dalam berlatih saja setiap hari supaya Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Terlebih lagi bagi Anda yang dalam waktu dekat mungkin saja hendak pentas di atas panggung untuk bernyanyi. Tentunya Anda membutuhkan latihan-latihan khusus dan cepat supaya suara Anda bisa menjangkau nada yang tinggi.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Notifikasi Unduhan Di Android

Cara membuat suara menjadi tinggi

Berikut ini adalah beberapa langkah dasar dan umum yang bisa Anda coba tempuh untuk berlatih menjadikan vokal lebih tinggi dan nyaring:

1. Kerjakan pemanasan

Anda bisa melakukan beberapa tahapan pemanasan sebelum Anda mulai untuk berlatih bernyanyi. Anda tentunya bisa mulai mengucapkan beberapa nada dasar mulai dari “mah”, “ah”, “mi”, “doh”, “mah”, “mei”, “mu”, “mow”. Anda bisa mengucapkan beberapa contoh bunyi tersebut dengan range Oktaf cukup murah sampai dengan oktaf yang tinggi.

2. Rutin di dalam berlatih

Hal ini Tentunya wajib untuk anda kerjakan Apabila Anda ingin mendapatkan perkembangan suara menjadi tinggi lebih cepat. Rutin disini artinya setiap hari, jadi Anda wajib untuk berlatih Menguatkan pita suara setiap hari. Apabila anda jarang berlatih, maka tentunya kondisi pita suara akan kembali lemas. Apabila diperlukan, anda juga bisa menjadikan alat bantu musik seperti keyboard dan piano untuk mengiringi latihan Anda supaya mendapatkan nada-nada yang lebih presisi.

Anda bisa mencoba untuk menyanyikan beberapa lagu yang masih mampu anda capai nada tingginya. Nyanyikan berulangkali lagu tersebut hingga benar-benar anda mampu menguasai bagian nada tingginya. Setiap harinya, ulangilah dua sampai tiga kali bernyanyi untuk lagu yang sama. Setelah anda berhasil menguasai lagu tersebut Anda bisa menyanyikan kembali lagu lain dengan nada yang lebih tinggi lagi dan melakukan hal yang sama untuk lagu tersebut.

Baca Juga:   Cara Menampilkan Jam Di Layar Depan Android

Semakin banyak Anda mencoba untuk latihan menyanyikan lagu dengan oktaf tinggi, maka akan semakin cepat perkembangan pita suara anda di dalam menguasai nada-nada tinggi. Sekarang ini Tentunya sudah banyak sekali contoh-contoh lagu yang bisa anda Tiru yang memiliki nada cukup tinggi. Anda tidak akan merasa kesulitan karena hanya dengan memanfaatkan internet, maka anda sudah mampu untuk mendapatkan lagu-lagu yang diinginkan.

3. Kurangi konsumsi minuman dan makanan yang mengandung susu

Susu merupakan salah satu jenis makanan dan minuman yang mampu melapisi bagian pita suara yang mana hal tersebut akan menjadikan kondisi pita suara menjadi lebih tegang. Apabila anda sudah terlanjur meminum susu, maka untuk melemaskan nya Anda bisa meminum teh hangat. Namun usahakan teh hangat dalam kondisi tawar bukan teh hangat manis karena hal tersebut juga akan mempengaruhi kesehatan tenggorokan.

4. Perbanyak meminum air putih

Seperti yang sudah direkomendasikan oleh banyak Baqarah bahwa meminum air putih secara Standar adalah 2 liter dalam sehari atau sebanyak 8 gelas. Selain menjaga kesehatan tubuh supaya tetap Prima, air putih juga tentunya akan menyehatkan kondisi pita suara

Baca Juga:   Cara Membuat Status BBM Mendengarkan

5. Pelan-pelan berlatih, Jangan memaksa

Memaksakan berlatih nada tinggi secara instan cukuplah berbahaya. Yakinlah bahwa nada tinggi yang sekarang anda latih akan berhasil di kemudian hari secara bertahap. Tidak ada instansi dalam berlatih untuk menguatkan pita suara. Justru, apabila anda memaksa kemampuan kita suara maka ditakutkan kondisi bekas suara akan mengalami kerusakan. Salah satu jenis kerusakan yang sering muncul pada pita suara adalah munculnya suara serak.

Itulah sejumlah cara membuat suara menjadi tinggi yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Berlatih untuk mendapatkan nada tinggi dalam bernyanyi merupakan sebuah proses yang tentunya harus anda nikmati dan ikuti dengan santai. Tidak ada hal yang perlu dipaksakan untuk bisa mendapatkan nada sampai nilai oktaf yang paling tinggi. Yang ada adalah latihan demi latihan guna memperoleh nada tinggi sesuai dengan keinginan. Akhir kata, semoga Anda bisa sukses di dalam melatih pita suara sehingga mampu menyanyikan lagu dengan nada tinggi. Terima kasih.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Cara Mengukur Tinggi Badan

Cara Mengukur Tinggi Badan Tanpa Alat Ukur Pada Wanita Dan Pria

Masing-masing wanita tentang mengharapkan untuk bisa tumbuh lebih tinggi secara maksimal. Seorang wanita yang mempunyai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *