Home / Multimedia / Cara Membuat Video Tanpa Suara

Cara Membuat Video Tanpa Suara

Cara membuat video tanpa suara merupakan salah satu metode dimana kita hendak mengedit sebuah video dan menghilangkan suaranya. Jaman dahulu, video ini disebut dengan video bisu karena yang tampil hanyalah gambar saja tanpa disertai suara. Di jaman dahulu, video Tanpa Suara merupakan salah satu jenis video gagal produk. Namun, sekarang ini malah justru sebaliknya dimana pada sebuah kondisi video dihilangkan suaranya supaya menjadi video bisa.

Cara Membuat Video Tanpa Suara

Cara membuat video tanpa suara bisa dikatakan cukup mudah hanya memanfaatkan software gratisan saja. Salah satu software yang cukup terkenal dan memiliki salah satu fungsi membuat tanpa suara adalah Windows Movie Maker. Windows Movie Maker bersifat gratis karena software tersebut sudah include otomatis pada sistem operasi Windows.

Windows Movie Maker juga merupakan salah satu software yang cukup ringan untuk dioperasikan serta memiliki interface atau tampilan yang sederhana. Oleh sebab itu banyak diantara pengguna komputer yang Mampu mengoperasikan software Windows Movie Maker untuk melakukan proses editing video sederhana, salah satunya adalah membuat video Tanpa Suara.

Baca Juga:   Cara Membuat Logo Dengan Cepat dan Mudah

Selain Windows Movie Maker, terdapat pula software software yang memiliki fitur sangat lengkap dan sangat baik di dalam proses pengolahan video. Beberapa software yang memiliki kemampuan lebih baik dari Windows Movie Maker adalah Adobe Premiere Pro, pinnacle studio, Corel Video Studio, dan beragam software aplikasi pengolah video.Hanya saja, yang menjadi kekurangan software tersebut adalah sifatnya yang shareware sehingga Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa membeli software tersebut.

Berbeda dengan Windows Movie Maker dimana software tersebut sudah langsung ikut terinstal secara otomatis manakala anda melakukan instalasi sistem operasi Windows. Oleh sebab itulah, maka anda tentu sangat dimanjakan dengan keberadaan Windows Movie Maker karena kita tidak perlu lagi repot-repot di dalam Mencari software untuk membuat video tanpa suara, karena Windows sudah menyediakan secara lengkap untuk anda.

Cara Membuat Video Tanpa Suara

Berikut ini adalah langkah demi langkah Bagaimana cara membuat video tanpa suara pada Windows Movie Maker. Silahkan anda ikuti tutorial sederhana hingga Anda terampil di dalam membuat video Tanpa Suara.

Baca Juga:   Cara Membuat Suara Di Komputer
  1. Tahap pertama, silahkan anda buka Windows Movie Maker. Sesuai dengan namanya, pastinya software Windows Movie Maker hanya ada pada sistem operasi berbasis Windows.
  2. Setelah Windows Movie Maker terbuka, silahkan anda klik menu import media yang berfungsi guna memasukkan video yang hendak dihilangkan suaranya ke dalam Library Windows Movie Maker.
    import pada windows movie maker
  3. Tahap berikutnya, silakan Anda tarik video yang ada di library Windows Movie Maker ke Storyboard atau timeline. Tariklah ke timeline untuk video.
    timeline video windows movie maker
  4. Langkah selanjutnya, silahkan anda klik Tanda plus (+) yang berada di sebelah kanan timeline video.
    explore timeline video windows movie maker
  5. Setelah Tanda plus ter explore, maka akan kelihatan timeline audio. Silahkan anda klik kanan timeline audio tersebut, lalu pilih menu “mute”.
    mute video windows movie maker
  6. Selesai, anda bisa mempreview terlebih dahulu hasil editan yang sudah anda kerjakan di Windows Movie Maker pada video.
  7. Tahap terakhir, anda bisa merender video tersebut dan nantinya Video hasil renderan sudah hilang suaranya atau berubah menjadi video tanpa suara

Demikianlah tutorial singkat mengenai bagaimana cara membuat video tanpa suara yang bisa Anda coba praktekkan menggunakan software sederhana Windows Movie Maker yang bisa anda dapatkan secara gratis dan langsung bisa dipakai karena software tersebut sudah include secara otomatis pada sistem operasi Windows. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membeli software video editor yang harganya cukup mahal. Terimakasih dan Selamat berkarya, semoga tutorial ini bisa terus Anda kembangkan hingga memberikan hasil inovasi yang memuaskan.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Gambar

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Apa Yang Dimaksud Dengan Receiver ? Beda Receiver Mpeg4 Dengan Mpeg2

Akhir-akhir ini, kata receiver mpeg4 cukup sering didengar di telinga kita. Untuk itulah, pada kesempatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *