Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Yang Sudah Soak Dan Ngedrop

Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Yang Sudah Soak Dan Ngedrop

Kondisi aki basah motor yang soak atau ngedrop tentunya sangat mempengaruhi sistem kerja dari sepeda motor, terutama pada bagian kelistrikan. Tentunya bisa kita bayangkan ketika lampu sein menyala dengan redup, elektrik starter tidak berfungsi dan suara klakson melemah akibat dari aki basah motor yang sudah soak atau ngedrop. Pastinya kegiatan berkendara kita akan menjadi sangat menjengkelkan dan tidak nyaman. Padahal harga aki basah motor sekarang ini juga lumayan tinggi, tergantung dari kapasitas arus yang bisa disimpannya. Oleh sebab itu tentunya dibutuhkan teknik dan cara memperbaiki aki basah motor yang bisa kita coba praktekan, siapa tau bisa berhasil dan tentunya kita tidak perlu membeli aki basah baru yang memiliki harga cukup tinggi.

Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Yang Sudah Soak Dan Ngedrop

Penyebab aki basah motor soak atau ngedrop

Sebelum kita membahas mengenai cara memperbaiki aki basah motor yang soak atau ngedrop, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab yang bisa menimbulkan aki motor menjadi soak atau ngedrop, yaitu:

  1. Kondisi kiprok yang tidak bagus. Salah satu fungsi kiprok adalah untuk mengecas aki sepeda motor pada saat sepeda motor menyala. Apabila kondisi kiprok tidak bagus pada bagian charger, maka tentunya pasokan arus listrik ke aki berkurang, sementara banyak beban dalam sepeda motor yang harus disuplay dari aki tersebut. Hal tersebut berakibat aki motor tekor karena suplay cas arus listrik yang masuk lebih kecil dari yang digunakan.
  2. Level air aki dibawah batas bawah dalam jangka waktu terlalu lama. Biasanya kondisi seperti itu akibat kita lupa tidak melakukan pengecekan rutin dan teratur. Kondisi air aki yang kurang sangat berpengaruh pada umur cell dari aki. Cell aki yang kekurangan air aki akan lebih cepat rontok dan rusak. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan pengecekan rutin level air aki sebulan sekali.
  3. Penggunaan beban listrik yang tidak sesuai prosedur. Misalnya pada saat penggunaan elektrik starter yang tidak benar. Secara aturan, menyalakan sepeda motor dengan elektrik starter maksimal adalah 5 detik. Apabila dalam 5 detik mesin sepeda motor belum hidup, maka penekanan tombol elektrik starter harus dihentikan. Penekanan tombol elektrik starter berikutnya harus menunggu sekitar 10 detik. Pada beberapa kasus penggunaan elektrik starter yang salah, proses menekan tombol elektrik starter bisa sampai 30 detik, sehingga arus aki dengan sangat cepat bisa terkuras habis. Hal tersebut dikarenakan elektrik starter memang membutuhkan arus listrik yang sangat besar.
  4. Melanjutkan pada point 3, penggunaan lampu tidak standart juga bisa menyebabkan aki basah motor soak atau drop, terutama pada sepeda motor jenis kelustrikan full wave DC. Contoh penggunaan lampu tidak standart misalnya adalah adalah jenis lampu HID, lampu halogen dan lampu Xeon. Untuk pengguna sepeda motor yang hendak melakukan modifikasi pada bagian lampu, harus dilakukan modifikasi pada bagian pengisian/kiprok sepeda motor supaya bisa mengecas aki dengan lebih cepat.
  5. Salah menggunakan jenis cairan pengisi aki. Biasanya kondisi tersebut terjadi pada pengguna motor yang masih baru. Cairan penambah air aki berbeda dengan cairan pengisi air aki pertama, yaitu air aki zuur. Air aki zuur yang digunakan untuk menambah ketinggian level air aki akan membuat cell aki rontok.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Koil Motor Yang Mati

Ciri-ciri aki basah motor yang sudah ngedrop atau soak:

Sebelum kita mencoba memberbaiki aki basah motor yang soak, ada baiknya kita mengetahui ciri-ciri aki basah sepeda motor yang sudah soak, yaitu:

  1. Nyala lampu sen biasanya berkedip dengan kecepatan tidak normal, kadang lebih cepat. Pada kondisi aki basah yang sangat drop, nyala lampu sen malah tidak berkedip.
  2. Nyala lampu sen menjadi lebih redup karena kekurangan arus dan tegangan dari aki.
  3. Suara klakson melemah, bahkan kadang berubah nada menjadi “sember”
  4. Eletrik starter tidak bisa digunakan. Biasanya pada saat tombol eletrik starter ditekan, maka hanya terdengar suara “ceklik” saja yang berasal dari bendik, namun dinamo starter tidak bisa berputar karena kekuranga arus dan tegangan listrik.
  5. Nyala lampu rem ikut melemah, apalagi jika dinyalakan dengan lampu sen.

Beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan dalam perbaikan aki basah motor yang soak atau drop:

  1. Obeng untuk membuka penutup cell aki
  2. Air aki zuur untuk mengisi ulang air aki
  3. Air setengah panas
  4. Obat penghilang pusing kepala, yaitu bodrex
  5. Alat cas aki basah motor (optional)
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Yang Sudah Soak Dan Ngedrop

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa anda coba untuk memperbaiki aki basah motor yang sudah soak atau drop, yaitu:

  1. Buka seluruh penutup aki bagian atas, lalu buang air aki sampai bersih
  2. Masukan air setengah panas, lalu tutup dan diamkan sebentar. Tujuannya adalah untuk menghidupkan kembali kondisi cell aki yang sudah mati.
  3. Setelah itu, silahkan kocok-kocok aki sebentar, lalu buang sampai kering.
  4. Kerjakan point 2 dan 3 beberapa kali sampai kerak yang ada didasar aki bersih.
  5. Jika sudah bersih bagian dalam aki, diamkan beberapa saat untuk memastikan kondisi aki bagian dalam benar-benar kering.
  6. Masukan air aki zuur sampai level batas atas aki.
  7. Haluskan 1 tablet bodrex dan masukan kedalam 1 sekat cell aki. Kerjakan hal yang sama untuk sekat cell aki yang lain.
  8. Diamkan kembali aki basah motor kurang lebih 12 jam.
  9. Lakukan pengecasan aki sampai kondisi penuh (jika memilikinya)
  10. Pasang kembali aki basah motor ke sepeda motor dan lakukan uji coba pada sistem kelistrikan sepeda motor.
  11. Apabila pada point ke 9 tidak dikerjakan, maka anda perlu penggunakan kick starter sepeda motor beberapa kali untuk menyalakan sepeda motor supaya aki basah motor terisi dulu.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Matic

Itulah beberapa Cara Memperbaiki Aki Basah Motor Yang Sudah Soak Dan Ngedrop yang bisa saya bahas pada posting kali ini. Tidak ada jaminan keberhasilan menerapkan teknik diatas karena jenis kerusakan dari aki basah motor tentunya berbeda. Apabila kondisi kerusakan cell aki basah sudah terlalu parah, maka tingkat keberhasilkan proses perbaikan aki basah motor semakin kecil. Terima kasih dan semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *