Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Memperbaiki Aki Motor Jenis Basah dan Kering

Cara Memperbaiki Aki Motor Jenis Basah dan Kering

Aki atau baterai pada sepeda motor adalah salah satu komponen yang sangat penting. Dengan menggunakan aki, hampir seluruh kelistrikan sepeda motor berfungsi. Lalu, apa jadinya jika aki motor mengalami kerusakan? Hal tersebut tentunya akan menyebabkan terjadinya gangguan pada beberapa bagian kelistrikan di sepeda motor, salah satunya adalah pada lampu. Tanpa aki yang bagus, maka tentunya menyala dari setiap lampu juga tidak akan maksimal. Dari latar belakang itulah maka diharapkan aki motor tetap bagus. Apabila sudah terlanjur mengalami kerusakan, maka tentunya sebuah aki motor bisa dicoba untuk diperbaiki. Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas bagaimana cara memperbaiki aki motor baik untuk jenis aki basah maupun aki kering.

Cara Memperbaiki Aki Motor

Perbedaan Antara Aki Motor Jenis Basah Dan Kering

Perbedaan mendasar pada aki motor jenis basah dan kering terletak pada jenis cairan yang digunakan. Pada aki motor basah, media elektrolit yang digunakan di dalam aki berupa cairan yang diambil dari air aki zuur. Air aki inilah yang akan selalu berkurang seiring dengan lamanya waktu pemakaian. Sedangkan pada aki motor kering didalamnya terdapat bahan sejenis kapas yang berfungsi untuk menyimpan cairan aki. Di samping itu, jenis aki motor kering bodinya tertutup rapat sehingga akan meminimalisir proses penguapan dari cairan yang ada di dalam aki kering tersebut. Dengan demikian, tentunya volume dari cairan di dalam aki kering akan tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Baik aki motor kering maupun air di motor basah selalu berpotensi terjadi kerusakan seiring dengan penggunaan. Biasanya, umur produktif dari sebuah aki motor paling lama adalah 5 tahun. Setelah itu, biasanya performa aki di dalam menyimpan arus listrik akan semakin melemah.disamping lamanya pemakaian,cara pemakaian dari aki juga turut mempengaruhi umur aki itu sendiri. Penggunaan setarter yang ditekan secara terus-menerus tentunya akan menyebabkan aki cepat soak karena daya di dalam aki dengan cepat terkuras habis.

Penyebab aki motor mengalami kerusakan

Aki pada sepeda motor tentunya tentunya akan merusak setelah digunakan. Namun, perlu kita ketahui bersama bahwa ada beberapa hal yang bisa mempercepat kerusakan dari aki sepeda motor, baik jenis aki basah maupun aki kering.

  1. Penggunaan beban yang berlebihan pada aku sepeda motor tentunya akan menyebabkan aki cepat rusak. Beberapa contoh beban yang bisa menyedot arus listrik pada aki dengan cepat adalah lampu dengan daya yang tidak standar, klakson keong maupun jenis klakson besar lainnya.
  2. Sepeda motor yang jarang digunakan sehingga menyebabkan aki tidak terisi arus listrik. Kondisi aki yang tidak terisi arus listrik dalam jangka waktu cukup lama akan menyebabkan menjadi cepat soak atau rusak.
  3. Pada jenis aki basah, air aki yang berada di bawah garis level bagian bawah akan menyebabkan aki menjadi cepat rusak.
  4. Proses penggunaan electrik starter yang terlalu lama tanpa adanya jeda. Dengan menekan elektrik starter pada sepeda motor dalam waktu yang lama akan menyebabkan arus listrik yang ada di dalam aki dengan cepat tersedot habis. Di samping itu, aki akan bekerja ekstra keras mensuplai arus listrik pada saat elektrik starter tersebut ditekan.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kiprok Motor Yang Rusak

Cara menjaga agar aki sepeda motor lebih awet

Beberapa hal yang perlu anda lakukan untuk menjaga agar kondisi aki pada sepeda motor yang anda miliki tetap awet adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan starter elektrik pada sepeda motor paling lama adalah 5 detik. Apabila dalam 5 detik sepeda motor belum mau menyala, maka anda hentikan proses penekanan tombol elektrik starter tersebut. Berikan jeda cukup lama untuk menekan tombol starter yang kedua kalinya.
  2. Apabila dalam lima kali penekanan tombol elektrik starter pada sepeda motor, sepeda motor tidak mau menyala, anda bisa berpindah menggunakan kick starter untuk menyalakan sepeda motor.
  3. Jangan lakukan modifikasi lampu atau klakson secara berlebihan. Apabila anda ingin memodifikasi lampu atau klakson dengan ukuran yang lebih besar, maka anda harus menggunakan ramai untuk meringankan beban kerja aki sepeda motor.
  4. Untuk menjaga proses pengisian arus listrik ke dalam aki, maka anda disarankan untuk menyalakan sepeda motor minimal 1 hari sekali. Walaupun hal tersebut hanya dilakukan untuk memanaskan mesin saja, namun demikian, arus listrik tetap ada yang masuk ke dalam aki sehingga volume arus listrik yang ada di dalam hati akan tetap terjaga dengan baik.
Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Yamaha Nmax

Bagaimana Cara Merawat Aki Motor Yang Baik

Pada jenis aki basah pada sepeda motor, maka rutinitas di dalam pengecekan volume atau level air aki harus dilakukan. Minimal 1 bulan sekali kita harus melakukan pengecekan terhadap level air aki. Apabila level dari air aki sudah turun di bawah batas bawah, maka kita harus menambahkan air aki biasa supaya aki tidak kekurangan cairan. Perbedaan perlakuan pada jenis aki kering di sepeda motor, di mana jenis aki ini tidak memerlukan perawatan khusus. Proses perawatan yang perlu dilakukan pada jenis aki kering sepeda motor hanyalah pada proses pengecekan konektor konektor nya saja. Anda harus menjaga bahwa konektor yang menuju ke aki kering tetap terpasang dengan kuat.

Cara Memperbaiki Aki Motor

Apabila aki motor yang anda miliki sudah terlanjur soak atau tidak mampu menyimpan arus dalam waktu yang lama, yang maka ada beberapa tahapan cara memperbaiki aki motor. Beberapa langkah memperbaiki aki motor yang akan saya bahas bisa anda terapkan pada jenis aki basah dan aki kering pada sepeda motor.

Cara Memperbaiki Aki Motor Basah

Cara Memperbaiki Aki Motor Basah

  1. Langkah pertama anda harus mempersiapkan bodrex penghilang rasa pusing beberapa tablet
  2. Tahapan berikutnya, silahkan anda lepas aki dari sepeda motor dan buka seluruh penutup lobang yang ada di bagian atas.
  3. Buang cairan air aki sampai benar-benar bersih. Hati-hati di dalam membuang air aki, jangan sampai terkena kulit karena bisa menyebabkan rasa gatal di kulit.
  4. Tahap berikutnya, silahkan anda masukkan air panas kedalam aki secara merata, lalu kocok secara perlahan dan buang kembali air panas dari dalam aki. Tujuan dari pemberian air panas adalah untuk membersihkan bagian dalam aki sekaligus untuk mengaktifkan kembali sel sel aki yang sudah mati.
  5. Setelah anda membersihkan bagian dalam aki dengan menggunakan air panas, silahkan anda tunggu beberapa saat hingga air cucian yang ada di dalam aki benar-benar sering.
  6. Setelah kondisi di dalam aki cukup kering, silahkan anda masukkan air aki zuur kedalamnya.
  7. Tahap terakhir, silahkan anda masukan bodrex yang sudah dihaluskan sebanyak 1 butir untuk masing-masing lobang.
  8. Apabila diperlukan, sebelum anda memasang aki ke dalam sepeda motor, silahkan anda lakukan pengecasan terlebih dahulu supaya arus listrik sudah masuk terlebih dahulu sebelum aki digunakan.
Baca Juga:   Cara Mengecat Body Motor Dengan Kompresor

Itulah beberapa langkah mudah mengenai cara memperbaiki aki motor basah. Tahapan di atas tentunya tidak menjamin keberhasilan pada proses memperbaiki aki motor jenis basah. Seluruhnya tergantung dari kondisi aki itu sendiri.

Cara Memperbaiki Aki Motor Kering

Cara Memperbaiki Aki Motor Kering

  1. Langkah-langkah di dalam memperbaiki aki motor kering tentunya lebih simpel dibandingkan dengan memperbaiki aki motor basah.
  2. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka penutup aki bagian atas. Anda bisa menggunakan cutter atau pencongkel.
  3. Tahap berikutnya, setelah anda berhasil melepas penutup aki kering bagian atas, maka akan ditemukan beberapa penutup lobang.
  4. Silahkan anda buka masing-masing penutup lobang tersebut, kemudian silahkan anda tambahkan air aki zuur ke dalamnya.
  5. Kerusakan dari aki kering pada sepeda motor biasanya karena disebabkan berkurangnya cairan yang berada di dalam aki kering tersebut. Dengan menambahkan kembali air aki kedalamnya, maka akan membuat kemampuan penyimpanan aki kering menjadi bertambah.
  6. Setelah anda selesai menambahkan air aki jenis zuur ke dalam aki kering, silahkan anda tutup kembali masing-masing lubang dengan penutup yang sebelumnya anda buka, lalu dilanjutkan dengan menutup permukaanaki kering dengan rapat.
  7. Sebelum anda memasang kembali aki kering pada sepeda motor, ada baiknya anda charge terlebih dahulu aki kering tersebut. Dengan mengecas aki kering tersebut sebelum anda memasangnya pada sepeda motor tentunya sangat berguna untuk memastikan bahwa aki kering tersebut benar-benar siap untuk digunakan.

Demikianlah tutorial mengenai cara memperbaiki aki motor baik jenis aki motor basah maupun aki motor kering. Setelah anda membaca tutorial ini, yang tentunya anda bisa melakukan uji coba manakala aki sepeda motor yang anda gunakan rusak, baik tidak bisa menyimpan arus listrik dalam jangka waktu yang lama maupun tidak bisa menyimpan arus listrik dalam jumlah yang banyak. Mudah-mudahan praktek anda dari referensi tulisan ini bisa berhasil .  Terima kasih dan selamat berkarya.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *