Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Ball Joint Mobil Dengan Langkah Sederhana

Cara Memperbaiki Ball Joint Mobil Dengan Langkah Sederhana

Cara memperbaiki ball joint mobil memang bukanlah perkara yang mudah untuk dikerjakan. Apalagi, bagi para pemegang mobil yang masih ke dalam kategori baru tentunya belumlah familiar dengan bagian mobil yang bernama bali joint ini. Ball joint adalah salah satu komponen pada mobil yang berkaitan dengan sistem kemudi. Apabila pada kesempatan yang lalu saya sudah pernah membahas mengenai cara memperbaiki bumper mobil yang penyok, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai cara memperbaiki ball joint mobil dengan langkah yang cukup sederhana sehingga anda bisa mencoba untuk memperbaiki ball joint sendiri apabila kebetulan mobil anda sedang bermasalah.

Cara Memperbaiki Ball Joint Mobil

Ball joint mobil sering disebut juga dengan istilah tie rod. Istilah ini memang cukuplah familiar bagi para teknisi dan mekanik mobil. Seiring dengan waktu penggunaan sebuah mobil, maka tentunya ball joint atau tie rod ini akan mengalami masa keausan. Apalagi, jika mobil sering digunakan pada jalan yang rusak atau bergelombang, maka umur dari ball joint atau tie rod mobil akan lebih pendek lagi.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic Yang Rusak Atau Macet

Sebelum kita masuk mengenai cara memperbaiki ball joint atau tie rod pada mobil, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu bagaimana ciri-ciri dari komponen ball joint mengalami kerusakan. Komponen ball joint yang mengalami kerusakan ditandai dengan adanya bagian yang longgar atau goyang. Hal tersebut diakibatkan karena bagian bantalan di dalam ball joint sudah mengalami kondisi aus.

Apabila sebuah mobil masuk ke dalam jalan yang cukup bergelombang maupun jalan yang sudah cukup merusak, maka biasanya akan terdengar bunyi-bunyian yang aneh. Begitu juga pada saat setir mobil sedikit digoyang-goyang, maka akan adanya bagian jarak bebas yang terlalu panjang atau sering dikenal dengan kondisi free ply.

Sementara itu, apabila kondisi mobil diangkat memakai dongkrak kemudian bagian komponen ball joint digoyang-goyang ke arah atas maka pada bagian setir mobil akan terasa bergoyang. Apabila ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas anda alami pada mobil yang sedang anda gunakan, maka bisa dipastikan bahwa wall join atau tie rod pada mobil anda sudah mengalami kerusakan.

Cara memperbaiki ball joint atau tie rod pada mobil:

Beberapa langkah yang bisa anda ambil guna memperbaiki ball joint mobil dengan langkah sederhana bisa anda ikuti pada ulasan berikut ini.pertama yang bisa anda ambil di dalam proses perbaikan komponen ball joint adalah dengan mengganti ball joint atau tie rod tersebut dengan komponen yang baru. Namun, apabila anda sedikit mengalami kesulitan di dalam proses perbaikannya, maka anda bisamengikuti beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Tahapan pertama silahkan anda buka bagian ball joint atau tie rod. Untuk proses membuka tie rod atau ball joint adalah dengan cara melepas bagian pin yang digunakan untuk pengaman mur, kemudian kendorkan dan setelah itu silahkan anda buka mur tersebut. Tahap berikutnya, silahkan anda buka ball joint dengan memakai kunci spesial guna membuka bagian tie rod. Anda juga bisa melakukan pemukulan pada bagian dudukan dengan memakai palu.
  2. Tahap tahap berikutnya adalah proses pemukulan sampai seret. Proses ini dilakukan apabila anda sudah bisa melepas ball joint dari dudukannya, kemudian silahkan anda buka bagian karet boot nya, lalu silahkan anda ambil bagian pipa dan dilanjutkan dengan proses memasukkan ball joint tersebut. Setelah itu anda bisa memukul dengan memakai palu sampai kondisi seret dan ball joint terpasang dengan kuat.
  3. Pada tahapan terakhir, silakan anda pasang komponen-komponen yang sudah dilepas lalu melakukan proses spooring.komponen yang sudah dilepas tersebut adalah komponen kemudi. Anda juga bisa memberikan stemplet apabila diperlukan. Silahkan anda pasang juga bagian boot. Apabila diperlukan, untuk proses finishing yang sempurna maka anda bisa melakukan balancing dan spooring.
Baca Juga:   cara memperbaiki bumper mobil yang penyok

Sekian pembahasan singkat mengenai cara memperbaiki ball joint mobil dengan langkah yang sederhana. Walaupun sederhana, langkah-langkah yang sudah dibahas di depan merupakan langkah jitu dan juga merupakan pengalaman yang sudah pernah didapat oleh para teknisi mobil di dalam mengatasi permasalahan pada bagian ball joint atau tie rod yang pernah mereka tangani. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi pengunjung sekalian. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *