Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Memperbaiki Bendik Motor Rusak Secara Akurat

Cara Memperbaiki Bendik Motor Rusak Secara Akurat

Cara memperbaiki bendik motor rusak adalah salah satu hal yang wajib dipahami oleh setiap pengguna sepeda motor. Bendik adalah salah satu bagian pada sistem elektrik starter pada sepeda motor. Secara umum, sistem elektrik starter pada sepeda motor terdiri dari saklar, baterai atau aki, bendik, serta dinamo setarter sepeda motor. Apabila salah satu dari komponen pembentuk sistem elektrik starter pada sepeda motor tersebut mengalami masalah, maka tentunya kita tidak akan bisa menggunakan elektrik starter untuk menyalakan mesin sepeda motor.

Cara Memperbaiki Bendik Motor Rusak

Salah satu bagian dari sistem elektrik starter sepeda motor yang sering mengalami masalah adalah pada bagian bendik. Bendik pada sepeda motor berguna untuk memicu aliran listrik dari api yang nanti akan diumpankan ke dinamo setarter. Apabila bendik sepeda motor mengalami masalah kerusakan, maka tentunya tidak akan ada arus listrik yang mengalir ke dinamo starter sepeda motor. Untuk membantu anda di dalam mendiagnosa sekaligus memberikan beberapa wacana mengenai cara memperbaiki bendik motor rusak, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba untuk sharing ilmu mengenai tutorial cara memperbaiki bendik motor rusak secara akurat.

Cara memastikan bendik sepeda motor mengalami kerusakan

Seperti yang sudah di singgung didepan bahwa sistem elektrik starter pada sepeda motor terdiri dari beberapa komponen. Sebelum kita melakukan perbaikan pada bendik sepeda motor, alangkah baiknya kita memastikan bahwa bendik sepeda motor yang akan kita perbaiki memang benar-benar mengalami kerusakan. Jangan sampai kita salah didalam mendiagnosa kerusakan sistem elektrik starter pada sepeda motor.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Lampu Led Pada Motor

Untuk memastikan komponen pada sistem elektrik starter pada sepeda motor yang mengalami kerusakan bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut:

Tahap Pertama

Langkah pertama anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa baterai atau aki sepeda motor dalam kondisi prima. Untuk melakukan hal tersebut anda bisa melakukan pengecekan menggunakan perkiraan atau pengecekan menggunakan alat. Pengecekan menggunakan perkiraan bisa anda lakukan dengan memantau beberapa lampu indikator yang ada pada panel spedometer sepeda motor. Biasanya, apabila lampu sen dari sepeda motor dinyalakan, maka akan terjadi kedip lampu indikator pada panel speedometer. Apabila kedipan tersebut tidak terlalu redup, maka bisa diperkirakan bahwa baterai ataupun aki sepeda motor masih dalam kondisi bagus. Begitu juga sebaliknya, apabila kedipan lampu indikator pada speedometer terlalu redup, maka ada kemungkinan api sudah mengalami masalah yaitu drop.

Apabila anda ingin mengukur kondisi baterai atau aki sepeda motor menggunakan alat, maka anda bisa menggunakan alat yang namanya ampere meter. Silahkan anda cek arus yang keluar dari baterai atau aki, apakah nilainya sama dengan yang tertulis pada badan api atau tidak. Apabila pada kondisi beban maksimal arus listrik yang mengalir pada alat ampere meter sesuai dengan kapasitas penyimpanan dari aki yang tertulis pada badan aki, maka bisa dikatakan api tersebut dalam kondisi baik. Begitu juga sebaliknya, apabila pada proses pengukuran didapat angka yang lebih kecil dari kapasitas yang tertulis di body aki, maka bisa dikatakan aki tersebut sudah bermasalah.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Karburator Motor Tanpa Modal

Tahap ke dua

Langkah berikutnya adalah pengecekan pada bagian dinamo starter sepeda motor. Pada komponen dinamo setarter sepeda motor kita bisa menentukan apakah dinamo setarter mengalami kerusakan atau tidak. Caranya mengecek kondisi dinamo elektrik starter sepeda motor adalah adalah pada saat menyalakan mesin sepeda motor menggunakan elektrik starter. Apabila dari dinamo starter sepeda motor terdengar suara kasar, maka ada kemungkinan dinamo starter sepeda motor tersebut sudah mulai bermasalah. Namun, apabila suara dinamo starter sepeda motor pada saat dinyalakan masih terdengar halus, maka tentunya kondisi dinamo starter tersebut masih bagus.

Setelah anda melakukan pengecekan pada dua komponen utama sistem elektrik starter pada sepeda motor, dan ternyata anda bisa menyimpulkan bahwa kondisi aki atau baterai serta kondisi dinamo starter sepeda motor dalam kondisi baik, maka anda bisa mengerucutkan diagnosa komponen yang mengalami kerusakan adalah pada bagian bendik. Untuk memastikan bahwa komponen bendik sepeda motor mengalami kerusakan adalah pada saat kita hendak menyalakan mesin sepeda motor menggunakan elektrik starter. Apabila bendik sepeda motor mengalami kerusakan, maka tidak akan ada respon apapun, lantaran arus listrik yang harusnya diumpankan ke dinamo setarter sudah. Terlebih dahulu pada bagian bendik.

Cara memperbaiki bendik motor rusak secara cepat dan akurat

Setelah anda meyakini bahwa komponen dari sistem elektrik starter di sepeda motor yang mengalami kerusakan adalah pada bagian bendik, maka tiba saatnya kita melakukan uji coba untuk memperbaiki bendik sepeda motor rusak tersebut.

  1. Langkah pertama, silahkan anda lepas connectorkabel elektrik starter yang menuju ke bendik.
  2. Langkah berikutnya, silahkan anda lepas kabel kabel yang menuju ke bendik dengan menggunakan solder.
  3. Setelah seluruh kabel yang menuju ke dalam bendik terlepas dengan baik, maka silahkan anda lakukan pembongkaran pada bagian body bendik.
  4. Pada tahap berikutnya, anda bisa melakukan pengamplasan di setiap ujung kutub dari bendik. Tujuan dari proses pengamplasan dikutub bentik adalah untuk membersihkan bagian yang kotor atau berkarat sehingga proses aliran arus listrik pada bendik menjadi lebih baik.silahkan anda gunakan amplas yang halus supaya hasil dari pengamplasan tidak menyebabkan komponen yang ada di dalam bendik menjadi lebih tipis atau lebih kecil.
  5. Di dalam bendik juga terdapat pegas, sehingga anda bisa mencoba untuk kembali merenggangkan pegas yang ada di dalam bendik tersebut. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai patah.
  6. Pada tahapan terakhir mengenai cara memperbaiki bendik motor rusak adalah dengan memasang kembali penutup bendik yang sebelumnya sudah anda lepaskan. Usahakan kembali untuk melakukan pemasangan pada beberapa bagian yang rentan dengan menggunakan solder supaya bisa terpasang dengan kuat.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Busi Motor Paling Ampuh Dan Dijamin Berhasil

Demikianlah tutorial mengenai cara memperbaiki bendik motor yang rusak dengan akurat dan cepat. Diharapkan, setelah anda mampu memperbaiki bendik motor yang rusak tersebut, maka anda bisa memiliki tambahan pengetahuan di bidang otomotif mengenai sistem kelistrikan dari elektrik starter sepeda motor. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *