Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Body Mobil Keropos

Cara Memperbaiki Body Mobil Keropos

Cara Memperbaiki Body Mobil Keropos merupakan sebuah jawaban dari akibat adanya bahan garam bercampur dengan garam yang mungkin saja mengenai body mobil anda dijalan. Permasalah keropos pada body mobil sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh zat garam saja, namun bisa juga akibat dari air yang tergenang pada bagian body mobil yang lama tidak kering sehingga menimbulkan karat yang akhirnya keropos.

Cara Memperbaiki Body Mobil Keropos

Berbagai masalah karat atau keropos pada body mobil harus mendapatkan perhatian dan perawatan khusus. Hal tersebut dikarenakan ketika body mobil sudah mulai keropos namun dibiarkan tentunya akan merembet ke bagian yang lain. Selain ini, keropos pada body mobil juga akan mengganggu penampilan dan performa dari body mobil itu sendiri.

Munculnya masalah keropos pada body mobil pasti akan muncul cepat atau lambat. Teknologi seperti anti karat atau undercoat tetap akan mengalami masa expired dimana daya tahan anti karat terhadap bahan besi dan baja pada body mobil akan kalah sehingga akhirnya body mobil akan keropos dengan sendirinya.

Alasan keropos pada body mobil harus mendapatkan perhatian serius?

Pada musim penghujan, permasalah garam dan pasir yang ada dijalan raya adalah musuh utama dari mobil terutama pada bagian body maupun bagian lain yang terbuat dari logam dan baja. Zat garam adalah salah satu zat yang akan sangat cepat menyebabkan keropos pada body mobil dengan cepat hanya dalam hitungan bulan. Ditambah lagi dengan air yang mana air juga merupakan sumber penyebab utama dari karat atau keropos pada body mobil, terutama air yang tergenang pada body mobil dan dibiarkan terkena pada pada beberapa waktu.

Permasalah keropos pada body mobil adalah salah satu hal yang harus mendapat prioritas utama untuk mendapatkan perawatan dan perbaikan. Bahkan proses perbaikan keropos pada mobil bisa dikatakan lebih penting dibandingkan dengan perbaikan body mobil yang penyok akibat tabrakan. Proses perbaikan keropos pada body mobil akan jauh lebih penting untuk dikerjakan apabila mobil yang anda miliki sering dibawa kedaerah yang mengandung kadar garam cukup banyak, misalnya daerah laut.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Indikator Bensin Mobil

Pada saat anda menemukan satu bagian keropos pada body mobil yang ukurunnya masih kecil, maka anda bisa melakukan penelusuran ke beberapa bagian dari boy mobil tersebut, apakah ada bagian yang mengalami karat lebih besar lagi atau hanya bagian itu saja. Anda harus mengecek sampai kebagian dalam dari body mobil tersebut.

Bagian body yang keropos namun tidak terlalu dalam atau besar bisa dengan mudah ditangani. Biasanya cukup dengan proses pengamplasan saja masalah keropos pada body mobil bisa teratasi. Setelah dilakukan proses pengamplasan sampai dengan cukup halus, maka proses dilanjutkan dengan penggunaan epoxy yang dikhususkan untuk bagian logam. Epoxy juga bisa digunakan untuk mencegah munculnya keropos pada body mobil.

Ketika keropos pada body mobil sudah terlalu banyak atau sudah berukuran cukup besar, maka anjuran yang bisa anda coba adalah dengan cara dilakukan proses pendempulan sekaligus proses pengamplasan dan diakhiri dengan proses pengecetan ulang pada bagian yang ditambal tersebut. Untuk mengatasi masalah ini, anda juga bisa menggunakan solusi alternative, yaitu dengan memakai cairan dengan nama “Remove Cat”, yang nantinya dilanjutkan dengan pemakaian epoxy primer.

Untuk masalah keropos pada body mobil yang sudah sangat parah, yaitu biasanya body mobil sudah berlubang, maka cara mengatasinya adalah dengan menutup terlebih dahulu lubang tersebut dengan memakai plat body mobil, lalu dilanjutkan dengan proses pengelasan. Setelah itu baru diratakan dengan dempul, dilakukan pengamplasan supaya halus, dan dilanjutkan tahap finishing dengan cara di cat.

Tahap Mengamplas Untuk Memperbaiki Body Mobil Keropos

  1. Guna meratakan sekaligus pembersihan pada bagian body mobil yang keropos dan berkarat, anda bisa menggunakan amplas yang berukuran 80 sampai dengan 100.
  2. Apabila seluruh bagian karat yang ada sudah bersih, silahkan silahkan dilakukan pengelapan memakai degreaser. Setelah itu, silahkan anda gunakan epoxy promer surfaces. Apabila keropos pada body mobil terlalau dalam, maka anda bisa mendempul bagian yang keropos tersebut terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan proses pengamplasan dan pengecetan ulang.
  3. Tahap Memperbaiki Body Mobil Keropos dengan mengganti bagian yang keropos menggunakan panel baru
  4. Untuk masalah body mobil yang keropos terlalu lebar, maka anda bisa menutup bagian yang keropos tersebut menggunakan plat body mobil. Untuk proses penutupan bagian keropos menggunakan plat sudah menjadi barang umum bagi para pemilik mobil. Jadi anda tidak perlu khawatir. Bagian terpenting adalah carilah plat dengan kualitas yang cukup baik dan tentunya sesuai dengan kondisi keuangan anda.
  5. Untuk tahapan awal pada proses penggantian panel plat tentunya harus memperhatikan bagian panel yang tidak ikut diganti. Untuk mengawali pekerjaan ini, anda diharapkan menggunakan degreaser atau thinner. Proses berikutnya dilanjutkan dengan memakai scotch brite ataupun amplas yang berguna membuat permukaan cat dan body mobil mudah melekat. Proses ini akan membuat permukaan body mobil menjadi kusam, namun cat pada bagian yang ditambal menggunakan plat panel akan menjadi kusam.
  6. Sebelum anda melanjutkan untuk proses berikutnya, anda harus memastikan bahwa sebelum proses pemasangan body mobil yang teropos tersebut, anda harus menggunakan primer terlebih dahulu. Tujuan dari tahapan tersebut adalah agar proses pengecatan bagian akhir akan didapat blending warna yang sesuai dengan panel yang sudah dipasang.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kompresor Ac Mobil Yang Berisik

Cara memasang bagian panel body yang sudah diperbaiki

  1. Proses pemakaian panel tambalan rata-rata dipakai dan diaplikasikan pada mobil dengan tahun pembuatan lawas (mobil tua).
  2. Bagian yang cukup bagus ditambal menggunakan panel adalah pada bagian pintu bagian bawah, maupun bagian lain dari mobil yang kemungkinan besar mengalami keropos cukup parah.
  3. Pada beberapa kasus, proses pengelasan untuk menutup bagian body mobil yang keropos akan memakan bagian yang cukup banyak. Hal tersebut tentunya perlu dilakukan supaya kondisi body mobil anda kembali bagus kondisinya.
  4. Pada proses penambahan panel plat baru, tentunya ada bagian yang harus dipotong pada body mobil yang mengalami keropos. Hal tersebut perlu dilakukan karena nantinya ada bagian panel plat yang perlu dilas pada tepi-tepi bagian yang keropos tersebut.
  5. Untuk mempermudah proses pemotongan bagian body yang keropos tersebut bisa menggunakan alta bantu, seperti gergaji, gerinda atau alat las itu sendiri.
  6. Lakukan pengukuran dengan teliti bagian yang hendak ditambal. Namun, sebelumnya anda perlu membuang bagian body mobil yang keropos terlebih dahulu, agar proses pengukurannya lebih mudah. Sebelum anda memulai proses pengelasan, anda bisa menjepit bagian tepi panel plat supaya bisa di las dengan kuat dan tepat posisinya.
  7. Anda bisa menggunakan jenis las yang disesuaikan dengan jenis panel plat yang digunakan untuk menambal. Bagus tidaknya hasil las tentunya juga ditentukan oleh kemampuan anda dibidang pengelasan.
  8. Setelah pekerjaan mengelas anda selesai, maka tahapan berikutnya adalah proses pembersihan bagian yang ditambal tersebut menggunakan thinner atau degreaser, dempul, eposy primer, epoxy surface. Lakukan proses finishing bagian body mobil yang diperbaiki tersebut sampai benar-benar tuntas sebelum anda mengecat dengan cat finishing.
Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Avanza Secara Umum

Sekian pembahasan singkat mengenai Cara Memperbaiki Body Mobil Keropos yang mana tutorial tersebut bisa anda praktekan sendiri sehingga masalah body mobil yang keropos bisa tertangani dengan cepat tanpa harus menunggu lama di bengkel mobil.

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Pada sebuah sistem AC atau air conditioner pada mobil, letak dari Blower adalah di bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *