Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil

Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil

Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil yang akan saya bahas pada postingan kali ini tentunya sangat penting anda ketahui, karena kerusakan yang terjadi pada bagian booster rem mobil bisa menyebabkan kecelakaan fatal karena hilangnya fungsi dari rem pada mobil itu sendiri. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai langkah mudah didalam memperbaiki booster rem pada mobil, mari kita tengok dulu apa sebenarnya fungsi dan peranan dari booster rem.

Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil

 

Sistem kerja dari booster rem pada mobil adalah dengan memanfaatkan perbedaan tekanan pada bagian vacuum dan tekanan atmosfer dimana perbedaan tersebut nantinya akan menghasilkan sebuah tenaga pendorong yang sangat kuat dan sangat proporsional serta serasi apabila pada bagian pedal rem diinjak sebagai bagian dari pengaturan system pengereman pada mobil.

Adapun penyebab dari munculnya masalah rem blong atau tidak pakem adalah terjadinya kasus kebocoran pada bagian booster rem atau bagian servo pada mobil. Apabila kebocoran terjadi pada bagian booster rem, maka biasanya akan membuat mobil susah langsam. Susahnya langsam pada mobil akibat booster rem yang bocor disebabkan karena adanya gangguan yang terjadi akibat masalah tekanan didalam saluran bahan bakar. Sistem vacuum pada booster rem tentunya berkaitan dengan erat pompa bahan bakar pada mobil. Jadi apabila satu bagian mengalami masalah, maka bagian yang lain akan terkena pengaruhnya.

Baca Juga:   Beginilah Cara Memperbaiki Accu Kering Mobil Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil

Sebelumnya anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa pada bagian booster rem atau bagian servo terdapat beberapa lapisan seal karet. Bagian seal Karet inilah yang sering sekali menjadi biang munculnya kebocoran pada booster rem. Karet pada bagian booster rem sangat rentan dengan kerusakan karena sifatnya yang tidak terlalu elastis. Oleh sabab itulah maka kondisi sela Karet tersebut selalu harus dijaga supaya tetap dalam kondisi prima.

Cara mengatasi servo atau seal/karet booster rem yang bocor

Langkah pertama, anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa komponen yang rusak adalah pada bagian seal booster rem. Biasanya jenis kerusakan karet atau sela booster disababkan karena sobek. Apakah anda ingin memperbaiki seal/karet booster yang sudah bocor? Apabila iya, anda harus membongkar bagian booster rem.

Bagian Seal Servo Bagian Belakang mengalami kebocoran

Ciri-ciri bagian seal servo mobil pada bagian belakang mengalami kebocoran adalah munculnya suara desis. Proses memperbaiki bagian yang rusak ini juga tidaklah mudah, dimana anda harus membawanya ke bengkel resmi untuk dilakukan pengecekan lebih detail lagi. Apabila anda ingin nekat didalam memperbaiki bagian seal servo bagian  belakang, silahkan anda bongkar bagian seal servo

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Pelampung Bensin Mobil

Adanya kebocoran pada rumah booster rem diantara rem bagian belakang dan depan

Adanya kebocoran yang terjadi pada rumah booster rem diantara bagian rem belakang dan depan disebabkan karena bagian tersebut pernah dibongkar namun pada saat dipasang kembali tidak tepat atau tidak pas. Akibatnya ada sela-sela atau bagian yang tidak rapat sehingga timbul kebocoran.

Adanya kebocoran bagian dudukan pada selang servo maupun booster rem

Kebocoran booster rem pada bagian tersebut disebabkan oleh karet yang biasanya sudah longgar. Adanya bagian seal yang mudah lepas pada bagian tersebut juga menjadi penyebab booster rem mobil mengalami kebocoran. Untuk memperbaiki masalah ini anda tidak perlu repot-repot membongkar booster rem mobil, karena cukup dengan membuka bagian penahan lalu mencongkel seal, maka anda sudah bisa memastikan apakah booster rem mobil sudah bocor atau masih dalam kondisi baik. Anda juga bisa mencoba untuk membuka bagian master rem, lalu lakukan penginjakan pada pagian pedal rem, maka apabila terjadi kebocoran akan keluar udaranya.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Lampu Mobil Yang Nyalanya Redup Sebelah

Sekian penjabaran singkat mengenai Cara Memperbaiki Booster Rem Mobil. Mudah-mudahan artikel singkat pada kesempatan kali ini bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kita bersama dibidang otomotif, terutama pada kompetensi system pengereman.

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Pada sebuah sistem AC atau air conditioner pada mobil, letak dari Blower adalah di bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *