Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki CDI Mobil Paling Efektif

Cara Memperbaiki CDI Mobil Paling Efektif

Cara memperbaiki CDI mobil bisa anda coba sendiri kerjaannya di rumah terhenti tentunya hal tersebut bisa berguna sebagai media pembelajaran bagi para pemilik mobil supaya bisa berhemat, karena apabila berhasil memperbaiki mobil sendiri maka tentunya tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan tersebut. Tentunya untuk setiap pemilik mobil wajiblah mengetahui dan memahami seluk beluk tentang berbagai macam komponen mobil tertentu kondisi tersebut bertujuan supaya setiap pemilik mobil bisa melakukan antisipasi apabila nantinya terjadi berbagai macam kerusakan dan gangguan gangguan yang ada. Komponen mobil yang sering bermasalah adalah pada bagian CDI.

Cara Memperbaiki CDI Mobil Paling Efektif

Komponen CDI yang memiliki kepanjangan dari Capasitive Discharge Ignition yaitu salah satu komponen yang berfungsi guna melakukan pengaturan waktu terhadap munculnya percikan api yang digunakan pada busi atau sering disebut sebagai pusat dari proses pengapian pada mobil. Komponen CDI sistem kerjanya tentu didukung oleh komponen yang lain pada mobil, yaitu komponen pulser.

Komponen pulser bekerja layaknya sebuah sensor bagi posisi piston di mana sinyal pulser tersebut nantinya berfungsi sebagai pemberi arus kepada bagian scr sehingga komponen tersebut dapat membuka. Setelah proses itulah nantinya arus pada bagian kapasitor CDI yg bisa dilepaskan. Selain itu, proses kerja dari CDI juga tidak terlepas dari komponen koil yang berguna untuk menaikkan besarnya tegangan yang diumpankan.

Komponen CDI memiliki sistem kerja untuk melakukan pengaturan waktu pada saat proses terjadinya percikan api yang ada pada busi sehingga percikan api tersebut bisa membakar kabut yang berasal dari campuran antara bahan bakar dengan udara yang sudah dilakukan kompresi oleh komponen piston yang dilakukan di dalam ruang bakar dimana komponen tersebut sudah dikaitkan dengan putaran mesin ataupun sering disebut dengan istilah rpm. Pada zaman dahulu, mobil model lama tentunya masih memakai jenis platina, namun sekarang ini karena teknologi sudah semakin maju maka keberadaan platina diganti oleh komponen CDI. Komponen platina dan CDI pada dasarnya mempunyai fungsi yang hampir sama. Letak perbedaannya adalah CDI bekerja dengan memakai banyak komponen-komponen elektronika. Disamping itu, proses pengapian mobil yang memakai sistem CDI tentunya lebih bagus apabila dibandingkan mobil yang masih memakai sistem platina. CDI bisa menghasilkan sistem pengapian dan proses pembakaran yang lebih efektif dan lebih stabil.

Baca Juga:   Pengalaman Cara Mengendarai Bus Mercy

Adapun beberapa kelebihan dari komponen kdi yang lain adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan CDI tidak perlu dilakukan pengaturan, hal tersebut dikarenakan sistem kerja dari CDI sudah dilakukan oleh komponen komponen elektronika yang ada didalamnya.
  2. CDI memiliki sistem pengapian yang lebih stabil dan didalamnya tidak ada loncatan bunga api
  3. Dibandingkan dengan menggunakan platina, mobil yang menggunakan CDI lebih mudah untuk dihidupkan atau distarter
  4. CDI tidak membutuhkan perawatan khusus, sehingga secara umum perawatan mobil yang menggunakan CDI jadinya sangat mudah
  5. Sistem pengapian yang memakai kompon CDI sangat tahan terhadap adanya guncangan dan air.

Apabila kita lihat dari komponen pencatu daya yang dipakai, proses pengapian komponen CDI dibagi menjadi dua macam, yaitu:

  1. Proses pengapian CDI DC, adalah sebuah proses pengapian yang memakai sumber daya jenis searah (dc) yang bisa diambil dari komponen dinamo dc pada mobil, baterai maupun aku.
  2. Proses pengapian CDI AC, adalah sebuah proses pengapian yang memakai sumber daya jenis arus bolak-balik yang bisa diambil dari dinamo ac atau alternator.

Secara umum, CDI pada mobil dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu:

1. Komponen reluctor

Komponen reluctor adalah sebuah komponen gigi busi di mana komponen tersebut dipasang pada bagian as delco yang dipakai sebagai bagian yang bisa dibaca oleh komponen sensor. Yang dimaksud dengan komponen sensor adalah bagian pulser. Jumlah gigi reluctor yang dimiliki berjumlah sama dengan silinder mesin. Posisi tersebut yang menjadikan bahwa 1 gigi silinder mesin diangkat oleh satu gigi reluctor.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Body Mobil Keropos

2. Komponen pick up coil atau pulser

Komponen pick up coil atau pulser adalah salah satu komponen di dalam mobil yang berguna layaknya sensor yang bisa melakukan pendeteksian jenis logam yang bisa menghasilkan tegangan atau sinyal ac dengan jumlah sedikit pada saat kondisi melewati gigi reluctor. Bagian sinyal yang bersumber dari pulser nantinya akan dinaikkan sebagai bagian input pada bagian ignition CDI atau modul CDI.

3. Komponen ignition module

Komponen ignition mode adalah komponen yang mempunyai fungsi guna melakukan pengolahan data yang bersumber dari bagian pulser dimana berfungsi sebagai bagian untuk mendeteksi gigi reluctor. Data hasil pengolahan tersebut nantinya akan menjadi bagian penggerak komponen transistor drive coil. Ignition module adalah komponen elektronika yang tidak akan bisa mengeluarkan arus listrik. Hal tersebut disebabkan karena memakai sistem open kolektor transistor yang mempunyai kegunaan guna melakukan switching minus koil pada bagian ground.

Komponen CDI pada mobil tentunya tidak luput dari kondisi rusak sehingga kondisi tersebut akan membuat sistem kerja dari mobil terganggu. Kondisi ini tentunya umum terjadi pada setiap mobil yang memakai sistem pengapian yang menggunakan komponen CDI. Kondisi yang sering terjadi pada CDI adalah melemahnya sistem kerja yang dimiliki oleh komponen CDI itu sendiri. Salah satu ciri ciri yang menandakan bahwa CDI mobil sudah mulai mengalami penurunan kinerja adalah mobil yang anda gunakan juga akan ikut mengalami penurunan performa. Apabila hal tersebut sudah terjadi pada mobil anda, maka segera lakukan proses perbaikan komponen CDI yang rusak tersebut supaya aktivitas harian anda tidak terganggu.

Pada saat anda mengetahui bahwa CDI mobil sudah mulai rusak, maka tentunya anda harus secepatnya melakukan proses perbaikan pada mobil yang anda miliki tersebut. Komponen yang rusak tentunya bisa diperbaiki dengan cara membongkar CDI tersebut, melepas kemudian melakukan penggantian komponen dengan yang baru.

Namun sebelumnya ada baiknya apabila kita melakukan proses pengecekan komponen yang ada di dalam CDI. Apabila anda mengetahui seluk beluk mengenai komponen elektronika, maka tentunya anda bisa mencari pengganti komponen yang rusak tersebut sehingga nantinya anda tidak perlu mengeluarkan dana terlalu besar untuk membeli CDI yang baru.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Toyota Yaris

Apabila setelah dilakukan pengecekan pada CDI ditemukan bahwa kerusakan CDI mobil yang anda miliki tidak terlalu parah, maka tentunya anda tidak wajib melakukan penggantian CDI mobil dengan yang baru. Asalkan kdi masih bekerja dengan normal, maka tentu anda tetap bisa mempertahankan seri tersebut sampai nantinya benar-benar bermasalah.

Kondisi kesehatan dari komponen CDI pada mobil tentunya harus kita rawat dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut disebabkan karena fungsi CDI dari mobil sangatlah penting dan utama. Guna memahami cara memperbaiki CDI mobil yang paling efektif maka tentunya anda bisa mencoba untuk mempelajari berbagai macam hal mengenai komponen CDI mobil.

Pada saat anda membawa mobil ke bengkel bengkel resmi, anda juga bisa mencoba untuk mengobrol dengan teknisi mengenai berbagai macam hal tentang komponen CDI ataupun komponen mobil yang lainnya. Untuk meyakinkan bahwa komponen CDI mobil selalu dalam kondisi prima, maka anda perlu rutin melakukan proses service atau tune up mobil pada bengkel-bengkel resmi kepercayaan anda. Pada saat proses tune up mobil, maka apabila ada masalah pada komponen CDI maka tentunya hal tersebut akan lebih cepat untuk diketahui dan tentunya akan lebih mudah untuk diatasi.

Sekian pembahasan singkat mengenai cara memperbaiki CDI mobil paling efektif dan paling efisien yang bisa anda coba sendiri dirumah. Dengan mengetahui mengenai seluk-beluk CDI maka tentunya wawasan dan pengetahuan anda dibidang pengapian mobil akan lebih bertambah. Akhir kata, terima kasih atas kunjungan anda dan semoga kondisi CDI pada mobil anda selalu dalam keadaan baik sehingga kegiatan berkendara anda menggunakan mobil selalu lancar. Salam sukses untuk anda.

Artikel menarik lainnya

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Cara Mengendarai Mobil Matic Terios

Mobil matic Terios adalah salah satu mobil andalan dari pabrikan Daihatsu. Mobil Terios diproduksi dalam …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *