Home / Hardware / Cara Memperbaiki CPU Komputer Yang Mati Dengan Cepat

Cara Memperbaiki CPU Komputer Yang Mati Dengan Cepat

Cara Memperbaiki CPU Komputer Yang Mati memang tidaklah mudah. Dibutuhan pengetahuan khusus mengenai komputer sehingga bisa mendiagnosa letak kerusakan didalam CPU komputer yang mati. CPU yang mengalami mati total dapat dikarenakan oleh banyak faktor. Letak kerusakan dapat terjadi pada bagian Prosesor, PSU maupun bagian motherboard. Pada saat anda hendak melakukan perbaikan pada CPU komputer, maka tahapan awal yang harus dilakukan adalah proses mendiagnosa letak kerusakannya terlebih dahulu.

Cara Memperbaiki CPU Komputer

Masalah dimana CPU komputer mati total memang kerap terjadi, terutama pada jenis komputer rakitan, walaupun kadang kala terjadi pada komputer built up. Ciri-ciri yang menandakan CPU komputer yang mati adalah terletak pada bagian fan prosesor yang tidak berputar, lampu indikator power yang tidak menyala, sinyal data yang masuk kedalam monitor tidak ada alias “no signal” pada monitor komputer.

Cara Memperbaiki CPU Komputer Yang Mati dengan cepat

Penyebab utama dari CPU komputer yang mati biasanya terletak pada bagian RAM, bagian PSU, bagian prosesor dan bagian motherboarad. Untuk itulah anda wajib untuk mendiagnosa bagain-bagian tersebut untuk mengetahui letak kerusakannya. Setelah yakit bahwa salah satu bagian mengalami kerusakan, baru melanjutkan proses perbaikan pada bagian tersebut.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Printer Epson

1. Cara Memperbaiki CPU Komputer Yang Mati dikarenakan PSU yang mengalami kerusakan.

Ciri-ciri CPU komputer yang mati dikarenakan PSU yang rusak adalah ditandai dengan lampu indikator power yang tidak menyala dan kipas pada beberapa bagian CPU komputer tidak berputar. PSU yang rusak tentunya menyebabkan seluruh aliran daya listrik keseluruh bagian CPU komputer terhenti, sehingga pada akhirnya CPU komputer mati.

Langkah paling mudah didalam memperbaiki CPU komputer yang mati akibat PSU atau power suply yang rusak adalah dengan mengganti bagian tersebut. Anda bisa mendapatkan PSU di toko-toko komputer atau aksesoris komputer. Didalam membeli PSU baru, usahakan memiliki daya minimal sama dengan daya PSU yang rusak, sukur-sukur bisa lebih tinggi supaya lebih aman.

2. Cara Memperbaiki CPU Komputer Yang Mati karena rusaknya motherboard.

Penyebab CPU komputer yang mati paling parah terletak pada bagian motherboard. Dengan rusaknya part Motherboard akan menyebabkan seluruh bagian CPU komputer tidak bekerja. Hal tersebut dikarenakan seluruh bagian atau part komputer terpasang pada motherboard. Langkah mendoagnosa untuk mengetahui kerusakan pada motherboard adalah dengan melepas bagian prosesor dan bagian RAM, kemudian memasang kembali ke 2 bagian tersebut pada motherboard yang setipe. Apabila RAM dan prosesor tersebut bisa bekerja dengan baik pada motherboard yang lain, maka bisa dipastikan motherboard yang lama mengalami kerusakan.

Baca Juga:   Apa Yang Dimaksud Dengan Komputer

Langkah lain adalah dengan mengganti prosesor dan RAM yang digunakan pada komputer lain yang masih berfungsi dengan baik. Apabila komputer tetap tidak mau menyala, maka bisa dipastikan motherboard tersebut memang benar-benar rusak. Cara memperbaiki motherboard yang rusak paling mudah adalah menggantinya dengan yang baru. Motherboard pengganti harus memiliki spesfikasi yang sama walaupun beda merek.

3. Cara Memperbaiki CPU Komputer Yang Mati yang disebabkan karena bagian prosesor rusak

Kerusakan pada prosesor merupakan kasus yang paling banyak terjadi dan menjadi penyebab utama dari CPU komputer yang mati. CPU yang mati karena kasus dimana prosesornya yang rusak biasanya ditandai dengan bunyi beep atau CPU akan berbunyi layaknya Komputer tanpa prosesor. Tahapan mendignosa guna memastika bagian prosesor benar-benar rusak adalah dengan memasang prosesor pada motherboard dengan spesifikasi yang sama atau sejenis.

Apabila pada uji coba diatas sudah diyakinkan bahwa prosesor benar-benar rusak, maka jalan satu-satunya yang bisa diambil adalah dengan mengganti prosesor baru. Jangan lupa anda juga harus memastikan bagian heatsink fan bekerja dengan baik setelah anda melakukan penggantian bagian prosesor tersebut. Apabila kebetulan prosesor anda menyatu dengan motherboard, maka anda harus mengganti satu paket motherboard tersebut. Prosesor yang satu paket dengan motherboard biasanya digunakan pada beberapa jenis laptop.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Komputer Error Sendiri Dengan Mudah

4. Cara Memperbaiki CPU Komputer Yang Mati karena RAM yang rusak

RAM yang rusak juga merupakan biangnya CPU komputer mati. Cara mendiagnosa RAM pada CPU yang mati bisa dilakukan dengan cukup mudah. Rata-rata RAM rusak pada CPU komputer akan mengeluarkan bunyi beep pada saat komputer dihidupkan. Langkah mudah yang pertama bisa anda lakukan adalah dengan melepas RAM dari soketnya, lalu bersihkan konektor RAM tersebut menggunakan penghapus pensil, lalu pasang kembali dan coba hidupkan komputer kembali. Apabila komputer tetap tidak mau hidup, maka anda harus mempersiapkan sejumlah dana guna membeli RAM baru.

Sekian penjabaran singkat mengenai Cara Memperbaiki CPU Komputer Yang Mati Dengan Cepat yang bisa ulas pada kesempatan kali ini. Dengan menerapkan teknik diatas, rata-rata sudah bisa mengatasi permasalah dimana CPU komputer tidak mau nyala sama sekali.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Fungsi utama prosesor

Fungsi Utama Prosesor Secara Umum Pada Beberapa Perangkat

Kata prosesor tentunya sudah tidak asing lagi bagi Anda yang berkecimpung di dunia ini. Hanya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *