Home / Otomotif / Mobil / Cara memperbaiki dinamo ampere mobil Paling Mudah

Cara memperbaiki dinamo ampere mobil Paling Mudah

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing Cara memperbaiki dinamo ampere mobil yang mungkin saja sekarang ini anda sedang membutuhkannya. Masalah pada dinamo atau sering disebut sebagai alternator mobil memang kerap terjadi, terutama pada mobil yang sudah cukup berumur, walaupun pada kenyataannya, kerusakan dinamo ampere mobil bisa terjadi pada mobil yang masih dalam kondisi baru.

Cara memperbaiki dinamo ampere mobil

Belajar bagaimana Cara memperbaiki dinamo ampere mobil merupakan langkah awal didalam memahami system kerja dari alternator atau dinamo ampere mobil secara keseluruhan. Tentunya, setelah anda memahami cara memperbaiki dinamo ampere mobil, maka anda juga sebenarnya sudah memperlajari cara mempelajari dinamo cas mobil, karena salah satu fungsi dari dinamo ampere mobil adalah untuk melakukan pengecasan ke bagian aki atau baterai mobil.

Cara memperbaiki alternator mobil bisa anda kerjakan dengan terlebih dahulu mempelajari berbagai ciri yang bisa menjadi pertanda bahwa dinamo atau alternator mobil sedang mengalami masalah. Cara paling mudah yang bisa kita tempuh untuk mengetahui apakah sebuah dinamo ampere mobil atau alternator sedang mengalami masalah atau tidak adalah dengan memperhatikan bagian lampu indikator untuk aki yang ada pada bagian instrument yang ada pada dashboard mobil.

Pada mobil, seluruh system kelistrikan dipasok dari sumber listrik baterai atau aki. Oleh sebab itulah, kondisi aki harus selalu dalam keadaan terisi walaupun sedang digunakan. Untuk menjaga kondisi baterai atau aki supaya tetap dalam kondisi full, maka pada setiap mobil diberikan komponen yang namanya alternator atau dinamo ampere. Lalu apa jadinya jika ternyata dinamo ampere atau alternator pada mobil mengalami masalah? Tentu beragam peralatan dalam mobil yang membuhkan listrik menjadi terganggu. Padalah sekarang ini pada setiap mobil biasanya sudah ada televisi LCD, lampu LED, system Audio dan juga AC.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Tape Mobil Avanza Dengan Memanfaatkan Sekring Audio

Ketika sebuah dinamo ampere pada mobil atau alternator sudah mengalami kerusakan, maka biasanya system isi ulang dari energy listrik akan terganggu, terutama pada saat beben pada mobil banyak dinyalakan, maka otomatis aki/baterai akan cepat terkuras habis dayanya. Kondisi baterai atau aki pada mobil yang sudah lemah atau drop dayanya juga bisa terlihat pada lampu indikator dengan gambar accu/baterai yang menyala. Untuk menjaga supaya system pengisian pada mobil anda selalu dalam kondisi bagus, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan system kelistrikan mobil minimal 1 bulan sekali. Anda juga bisa mencoba secara rutin melakukan pengecekan pada system kelistrikan mobil. Untuk mengerjakan hal tersebut, anda cukup menyediakn multimeter saja.

Cara mengecek dinamo atau alternator mobil

  1. Langkah pertama, silahkan nyalakan mobil anda
  2. Setel multimeter ke posisi voltmeter pada range 50 volt
  3. Silahkan ukur bagian tegangan yang ada pada baterai atau aki, dengan cara menempelkan kabel merah voltmeter ke kutub warna merah dan kabel hitam voltmeter ke kutub warna hitam
  4. Silahkan perhatikan tegangan pada voltmeter. Jika kondisi pengisian pada dinamo ampere mobil masih dalam kondisi bagus, artinya bagian pengisi aki atau baterai masih baik akan menunjukan tegangan 13 volt sampai dengan 14,8 volt.
  5. Apabila tegangan yang ditunjukan pada voltmeter kurang dari angka 13 volt pada saat pengisian, maka anda tentunya bisa memeriksa kondisi bagian alternator, karena system pengisian dibawah tegangan 13 volt sudah dianggap tidak normal dibawah batas bawah. Apabila dibiarkan maka aki atau baterai mobil akan tekor.
  6. Untuk memperbaiki alternator pada bagian system pengisian aki mobil, ada baiknya anda coba beberapa hal berikut. Semoga saja beberapa langkah berikut ini mengenai Cara memperbaiki dinamo ampere mobil bisa bermanfaat untuk anda.

Cara memperbaiki dinamo ampere mobil

Rebuild ulang bagian alternator

Sebelum anda melakukan pembongkaran pada bagian alternator, alangkah baiknya anda melakukan pemeriksaan secara fisik pada bagian alternator. Anda harus mampu memastikan jenis dan letak kerusakan pada alternator secara pasti, supaya nantinya kita bisa fokus pada perbaikan masalah yang menimpa masalah pada alternator.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Ayla

Proses pengecekan bagian bearing alternator adalah proses awal yang harus dikerjakan. Langkahnya adalah dengan cara memutar bagian puller pada alternator menggunakan tangan maupun dengan bantuan alat yaitu dinamo tester.

Pada saat anda melakukan pembongkaran pada bagian komponen alternator, lakukan dengan hati-hati dan benar. Anda harus menggunakan alat atau tool dengan benar. Tahap berikutnya adalah dengan proses pembersihan alternator setelah anda berhasil membongkarnya. Setelah itu baru anda lakukan proses pengukuran dan pemeriksaan pada komponen alternator.

Tahap pengukuran dan juga pemeriksaan pada bagian dinamo ampere atau alternator

  1. Tahap pertama, silahkan anda lakukan proses pemeriksaan pada bagian rumag bearing secara teliti. Apabila pada proses pemeriksaan tersebut ditemukan adanya bagian yang retak atau pecag, maka silahkan anda ganti dengan yang baru. Untuk mendapatkan rumah bearing, anda bisa membelinya pada toko spartpart otomotif. Pada saat proses pemasangan kembali, anda harus memastikan bahwa posisi rumah bearing sudah tepat dengan posisi dudukan dan terpasang dengan rapat/tidak longgar.
  2. Tahap berikutnya, silahkan anda lakukan pemeriksaan pada bagian brush. Proses pemeriksaan bagian ini bisa dilakukan dengan cara melakukan pengukuran panjang brush pada bagian regulator tersebut. Brush yang baik memiliki panjang paling tidak 4 mm. apabila panjang brush ada dibawah angka 4 mm, maka brush tersebut harus segera diganti.
  3. Pada tahap berikutnya, silahkan anda lakukan proses pemerikasaan dan pengukuran pada bagian slip ring pada bagian motor alternator. Segera ratakan permukaan pada bagian slip ring apabila terdapat bagian yang cacat atau groove. Proses perataan tersebut dilakukan dengan memakai mesin bubut. Ukuran minimal dari bagian slip ring yaitu 12,5 mm. apabila pada proses pengukuran didapat ukuran kurang dari itu, maka rotor dari alternator harus diganti.
  4. Lakukan pengukuran kembali pada bagian tahapan slip ring. Bagian tahapan slip ring ini adalah 1,5 ohm sampai dengan 4 ohm. Apabila pada proses pengukuran tersebut didapat angka yang melenceng terlalu jauh, maka anda bisa mencoba untuk membersihkan kembali bagian rotor. Setelah itu anda bisa melanjutkan untuk mengecek bagian gulungan rotor dari kemungkinan kebocoran.
  5. Pada proses selanjutnya, anda bisa melakukan proses pemeriksaan bagian gulungan stator. Proses ini dilakukan untuk mengetahui adanya bagian yang bocor atau mengalami cacat. Pada proses pengukuran, angk a normal dari tahapan gulungan stator adalah paling tidak 20M Ohm. Apabila pada proses pengukuran didapat angka yang terlalu jauh, maka ada kemungkinan gulungan stator ada yang bocor.
  6. Pada proses pemasangan ulang bagian rearing, anda harus mengerjakan dengan hati-hati dan teliti. Kerjakan juga dengan memanfaatkan alat dan tool yang pas dan sesuai dengan ukuran diameter dan pastikan anda bisa memasang bearing tersebut tepat pada dudukan dan juga terpasang dengan kuat dan tidak longgar.
  7. Begitu anda selesai didalam merakit ulang alternator atau dinamo ampere, anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu dengan menggunakan dinamo tester atau bisa langsung di cek pada kendaraan anda.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Water Pump Mobil Serta Fungsi Dan Masalahnya

Sekian pembahasan mengenai Cara memperbaiki dinamo ampere mobil yang bisa anda terapkan apabila pada mobil anda mengalami masalah pada bagian alternator. Cara diatas juga bisa anda terapkan untuk memperbaiki dinamo cas dan dinamo starter karena secara prinsip kerja memiliki kesamaan. Semoga artikel diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi pengunjung semua. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Komponen Motor Diesel dan Fungsinya

Pada artikel yang lain Saya sudah pernah membahas tentang komponen motor DC dan juga komponen …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *