Home / Otomotif / Sepeda Motor / Cara Memperbaiki Dinamo Starter Motor Yang Macet

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Motor Yang Macet

Dinamo starter sepeda motor memiliki peranan yang sangat penting. Fungsi dari dinamo starter sepeda motor adalah sebagai penggerak mesin pada saat dihidupkan menggunakan tenaga listrik dari aki tanpa menggunakan kick starter. Jadi dengan dinamo starter sepeda motor dapat dihidupkan menggunakan elektrik starter. Lantas apa jadinya jika dinamo starter pada motor macet? Pastinya kita tidak bisa menghidupkan sepeda motor dengan menggunakan elektrik starter. Untuk menghidupkan sepeda motor tanpa elektrik starter, maka kita hanya bisa menggunakan kick starter. Sangat merepotkan tentunya. Lalu bagaimana cara memperbaiki dinamo starter motor yang macet tersebut? Berikut adalah ulasannya.

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Motor

Penyebab dinamo starter motor macet/rusak

Dinamo starter motor tentunya bisa mengalami kerusakan. Memang ada yang bisa cepat rusak, ada juga yang awet. Secara umum, umur pemakaian dari dinamo starter bisa mencapai diatas 5 tahun. Dinamo starter bisa rusak biasanya disebabkan oleh:

  1. Laher kepala dinamo starter sepeda motor yang sudah kocok atau kendor
  2. Brush dinamo starter sepeda motor yang sudah aus/habis
  3. Spull dinamo starter sepeda motor yang rusak/terbakar
  4. Poros as dinamo starter sepeda motor yang macet

Dari berbagai macam penyebab dinamo starter sepeda motor diatas tentunya bisa kita lihat setelah kita membuka dinamo starter sepeda motor untuk diperbaiki. Namun, sebelum kita membongkar dinamo starter sepeda motor, kita harus memastikan terlebih dahulu bahwa dinamo starter sepeda motor yang rusak, jangan sampai salah diagnosa atau salah bongkar. Untuk itulah dibutuhkan proses untuk memastikan bahwa dinamo starter sepeda motor memang benar-benar mengalami kerusakan.

Baca Juga:   Cara Menyulap Sepeda Motor Menjadi Genset Listrik

Cara mengetahui dinamo starter sepeda motor macet/rusak

  1. Pastikan bahwa pada saat anda menekan tombol elektrik starter pada sepeda motor, tidak ada respon/suara mendesis pada dinamo starter sepeda motor.
  2. Bunyi yang muncul pada saat anda menekan tombol elektrik starter bisanya hanyalah bunyi “cetik cetik” pada bendik saja.
  3. Kondisi aki dan bendik sepeda motor harus dipastikan dalam kondisi bagus. Untuk mengetahui kondisi baterai/aki sepeda motor dalam kondisi baik bisa dilihat dari sistem lampu sein. Apabila lampu sein menyala dengan bagus, lampu indikator gear/gigi pada bagian atas speedometer tidak terlalu berkedip, maka kemungkinan besar baterai/aki dalam kondisi bagus. Begitu juga pada saat klakson ditekan, klakson juga berbunyi dengan keras, serta lampu indikator gear/gigi juga tidak terlalu berkedik.
  4. Apabila bendik mengalami kerusakan, pada saat tombol elektrik starter ditekan, biasanya tidak ada respon apapun, lampu indikator gear/gigi juga tidak ada respon berkedip.
  5. Pastikan juga kondisi saklar elektrik starter dalam kondisi baik.

Apabila anda sudah menjalankan beberapa uji coba/testing pada tahap diatas dan anda yakin bahwa dinamo starter sepeda motor yang rusak, maka anda bisa memulai untuk proses perbaikan dinamo starter sepeda motor. Sebelum anda membongkar dinamo starter sepeda motor, pastikan anda menyediakan seluruh alat yang dibutuhkan.

Baca Juga:   Kelebihan Dan Kekurangan Motor Suzuki

Alat untuk memperbaiki dinamo starter sepeda motor

  1. Obeng min (-) dan plus (+)
  2. Kunci T ukuran 8 dan 10
  3. Pelumas
  4. Bensin/Thinner untuk membersihkan bagian dalam dinamo starter sepeda motor
  5. Cairan pembersih

Setelah anda mempersiapkan seluruh alat yang dibutuhkan, maka proses perbaikan dinamo starter sepeda motor bisa dimulai.

Cara Memperbaiki Dinamo Starter Motor

  1. Silahkan anda lepas seluruh baut pengunci pada Cara Memperbaiki Dinamo Starter Motor, biasanya terdiri dari mur ukuran 10 dan mur dengan kepala plus. Untuk mempermudah proses pembongkaran Dinamo Starter Motor, anda cukup melepas rumahan dari dinamo starternya saja.
  2. Langkah berikutnya, silahkan anda lepas spull/koil dari dinamo starter sepeda motor. Hati-hati dalam melepasnya, karena bagian brush dinamo starter sepeda motor juga akan ikut terlepas ketika anda melepas spull dinamo starter sepeda motor.
  3. Selanjutnya, silahkan anda perhatikan masing-masing bagian pada dinamo starter sepeda motor.
  4. Perhatikan apakah spull dinamo starter sepeda motor terlihat hitam yang menandakan kondisi spull dinamo starter sepeda motor terbakar, brush dinamo starter sepeda motor sudah terlalu tipis atau bahkan habis, atau bahkan laher kepada pada dinamo starter sepeda motor sudah kocok yang membuat gerakan poros as dinamo starter sepeda motor menjadi goyang ketika berputar sehingga membuat brush cepat habis.
  5. Beberapa kondisi pada point 4 diatas perlu dilakukan perbaikan, misalnya apabila brush habis/tipis, maka anda perlu menggantinya dengan yang baru, begitu juga untuk komponen-komponen yang lain yang mengalami kerusakan.
  6. Bersihkan seluruh bagian dalam dinamo starter sepeda motor dengan menggunakan bensin ataupun cairan thinner.
  7. Apabila anda sudah mengganti komponen pada dinamo starter sepeda motor yang rusak, silahkan anda berikan pelumas pada beberapa bagian, yaitu pada laher dan pada spull dinamo starter sepeda motor supaya bisa berputar dengan lancar. Gunakan pelumas yang bagus dan baru, jangan gunakan pelumas mesin bekas, karena bisa menyebabkan dinamo starter sepeda motor menjadi macet kembali.
  8. Pasang kembali seperti semula rumahan dari dinamo starter sepeda motor. Proses pemasangan paling sulit biasanya ada pada pemasangan spull dinamo, karena proses pemasangan bersamaan dengan brush dinamo.
Baca Juga:   Cara Mengendarai Motor Gigi Bagi Pemula

Itulah beberapa bagian pembahasan mengenai cara memperbaiki dinamo starter sepeda motor yang rusak atau macet. Walaupun jarang terjadi, kerusakan pada dinamo starter sepeda motor tetap saja mungkin bisa terjadi. Apabila anda menemukan kesulitan pada proses perbaikan dinamo starter sepeda motor tersebut, lebih baik anda bawa ke tempat service dinamo starter sepeda motor saja, karena memang apabila anda sudah terlanjur membongkar dinamo starter sepeda motor namun tidak bisa memasangnya, hal tersebut tentu akan sangat mereporkan. Akhir kata, selamat mencoba dan semoga sukses.

Artikel menarik lainnya

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Kelebihan Dan Kekurangan Motor Injeksi

Sebelum membahas mengenai kelebihan dan kekurangan motor injeksi, maka marilah kita terlebih dahulu membahas pengertian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *