Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki ECU Mobil Pada Mobil Honda

Cara Memperbaiki ECU Mobil Pada Mobil Honda

Tips mengenai cara memperbaiki ECU mobil ini ditujukan bagi para pengguna mobil Honda. Jenis mobil Honda yang menjadi bahan eksperimen adalah jenis mobil Honda Genio. ECU atau sering dikenal dengan sebutan Engine Control Unit adalah salah satu bagian penting yang berfungsi untuk pengontrol sistem pada mobil Honda Genio. Tentunya perangkat ECU pada mobil ini memiliki fungsi yang sangat vital.apabila ECU mobil mengalami kerusakan, maka tentunya akan ada efek yang didapat, mulai dari tidak keluarnya api pada busi mobil, injektor pada mobil tidak bisa bekerja dan tentunya akan membuat mesin mobil tidak mau dihidupkan.

Cara Memperbaiki ECU Mobil Pada Mobil Honda

Tutorial mengenai cara memperbaiki ECU mobil pada mobil Honda ini sengaja dibuat untuk anda supaya setiap pengguna mobil khususnya Honda memiliki kemampuan didalam memperbaiki mobil Honda. Biasanya letak kerusakan dari ECU mobil khususnya Honda yang sering ditemui dikerenakan adanya masalah pada bagian elektrolit pada komponen Elco. Selain itu, masalah umur dari mobil juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan ECU mobil.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Kopling Mobil Yang Selip, Bergetar Dan Berbunyi

Perbaikan secara umum ECU mobil Honda Genio

Pada ECU mobil Honda, biasanya jumlah dari Elco ada 8 buah. Pada saat anda membuka bagian rangkaian ECU, silahkan anda perhatikan Elco, apakah keluar cairannya atau tidak. Apabila pada Elco tersebut memang sudah keluar cairannya, maka anda harus mengganti Elco tersebut. Lebih baik anda mengganti seluruh Elco yang ada pada rangkaian ECU mobil, sehingga ada jaminan komponen Elco yang lama bisa berfungsi dengan maksimal kembali.

Selain memperhatikan bagian Elco yang keluar cairannya, anda juga perlu mengecek bagian jalur pada PCB ECU mobil. Perhatikan apakah ada kerusakan pada jalur, misalnya terjadinya korosi. Korosi yang terjadi pada jalur ECU disebabkan karena cairan yang keluar dari Elco atau adanya satu atau lebih Elco yang meledak sehingga cairannya meluber kemana-mana.

Lalu, bagimana cara mengetahui jalur PCB ECU mobil yang bermasalah atau rusak? Kita membutuhkan ohm meter untuk melakukan hal tersebut. Silahkan anda gunakan ohm meter untuk mengecek satu demi satu jalur PCB yang dicurigai mengalami masalah atau bahkan putus. Jika sudah ditemukan jalur PCB yang putus, silahkan anda perbaiki. Cara mudahnya adalah dengan mengganti jalur PCB menggunakan kabel. Untuk mengetahui jalur yang putus memang lebih mudah, karena bisa terlihat langsung dengan mata. Berbeda dengan jalur PCB yang bermasalah, dimana untuk mengetahuinya kita wajib menggunakan ohm meter.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Ertiga Matic Dengan Memahami Fungsi Overdrive

Secara umum, jumlah Elco yang ada pada mobil Honda Genio adalah 8 buah. Seiring dengan umur mobil membuat kondisi Elco mengalami penurunan kualitas yang akhirnya akan mengalami kerusakan. Kerusakan yang paling sering terjadi pada Elco ECU mobil Honda Genio adalah pecahnya bagian luar Elco yang menyebabkan cairan didalamnya keluar yang akhirnya akan mengenai jalur pada PCB dan akhirnya jalur pada PCB rusak atau putus.

Cara Memperbaiki ECU Mobil Pada Mobil Honda

Tahapan diatas adalah Cara Memperbaiki ECU Mobil Pada Mobil Honda secara umum yang sering ditemui oleh para pengguna mobil Genio. Disamping itu, ada beberapa cara lagi yang bisa ditempuh untuk memperbaiki ECU mobil pada Honda Genio, yaitu:

  1. Seluruh Elco yang terpasang diganti dengan yang baru. Gunakan Elco dengan ukuran tegangan dan farad sesuai dengan yang diganti.
  2. Pastikan seluruh jalur pada PCB dalam kondisi baik. Apabila ada yang rusak maka perlu dilakukan penyambungan kembali.
  3. Lakukan pengecekan kembali kondisi kaki-kaki komponen elektronika yang lain dari potensi terkena cairan Elco yang bocor. Biasanya bagian kaki komponen yang terkena cairan Elco akan mengalami karat atau korosi.
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Wiper Mobil Karena Macet

Secara umum, setelah anda mengerjakan tahapan diatas, maka kemungkinan besar masalah pada ECU mobil Honda yang rusak atau bermasalah bisa pulih kembali. Namun, apabila masalah pada ECU mobil Honda belum beres, maka anda bisa membawa masalah tersebut ke bengkel resmi Honda.

Sekian penjabaran mengenai tips dan Cara Memperbaiki ECU Mobil Pada Mobil Honda yang bisa anda coba praktekan. Mudah-mudahan tutorial diatas bisa bermanfaat untuk anda yang sedang mencari cara mengatasi masalah ECU yang bermasalah. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Sistem Kerja Blower Pada AC Mobil

Pada sebuah sistem AC atau air conditioner pada mobil, letak dari Blower adalah di bagian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *