Home / Elektronika / Cara Memperbaiki Freezer Yang Tidak Dingin

Cara Memperbaiki Freezer Yang Tidak Dingin

Tentunya, salah satu fungsi freezer adalah membekukan segala jenis bahan makanan yang masuk kedalamnya. Salah satu penerapan fungsi freezer adalah pada kulkas atau lemari es. Lalu apa jadinya jika freezer mengalami masalah, yaitu suhunya tidak mau dingin? Tentunya kulkas yang kita miliki tidak jadi bisa bekerja secara maksimal. Bahkan bisa saja makanan yang kita simpan didalamnya menjadi lebih cepat membusuk karena tidak ada aliran suhu dingin yang sempurna. Untuk membantu anda didalam memperbaiki freezer, maka pada tulisan sederhana kali ini saya akan mencoba sharing mengenai cara memperbaiki freezer yang tidak dingin yang mudah-mudahan bisa berguna membantu anda didalam mengatasi masalah pada freezer yang rusak tersebut.

Cara Memperbaiki Freezer Yang Tidak Dingin

Bahasan mengenai cara memperbaiki freezer kali ini sifatnya masih umum. Teknik ini bisa anda terapkan pada freezer yang ada didalam kulkas atau lemari es maupun freezer box yang memang dirancang khusus hanya berguna sebagai mesin pembeku. Sebelum kita masuk ketahap perbaikan freezer yang tidak dingin, ada baiknya kita membahsan mengenai beberapa penyebab freezer tidak mengeluarkan udara dingin.

Kebocoran yang terjadi pada evaporator

Yang dimaksud dengan evaporator adalah bagian didalam freezer/freezer box yang berbentu seperti pipa dimana bagian tersebut memiliki suhu yang dingin. Apabila bagian pipa evaporator ini mengalami kebororan, maka akan mengakibatkan gas Freon menjadi berkurang. Efek samping dari berkurangnya gas Freon adalah didalam bagian freezer box akan mengalami pengurangan bunga salju. Proses berkurangnya bunga salju ini memang tidak secara langsung, namun bertahap mulai dari bagian bawah box yang secara bertahap akan naik ke bagian atasnya.

Baca Juga:   Cara Membuat ATS Genset Paling Lengkap

Proses hilangnya bunga salju pada freezer akibat dari kebocoran pipa evaporator ini memang cukup lama. Sampai bunga salju benar-benar habis bisa memakan waktu kurang lebih dari 2 bulan sampai dengan 3 bulan. Hal tersebut dikarenakan tekanan udara didalam evaporator cukup rendah, hanya berkisar 0 sampai dengan 15 psi.

Kebocoran yang terjadi pada bagian kondensor

Kondensor adalah bagian dari freezer/freezer box yang berbentuk seperti pipa yang memiliki suhu panas. Bagian kondensor ini terletak diluar freezer yang biasanya terletak bersebelahan dengan bagian kompresor. Letak kompresor ini biasanya juga bersebelahan dengan kipas. Fungsi dari kondensor ini juga hampir sama dengan evaporator, yaitu memicu munculnya bunga salju. Karena tekanan dari kondensor yang cukup tinggi, yaitu 200 sampai dengan 250psi menyebabkan proses habisnya bunga salju lebih cepat, yaitu kurang dari 1 bulan.

Sirkulasi freon yang tidak lancar pada bagian filter maupun pipa kapiler

Kadangkala sumbatan-sumbatan kecil pada pipa kapiler bisa membuat perputaran Freon menjadi tidak lancar. Sirkulasi Freon yang tidak lancar tersebut tentunya akan berakibat proses pembentukan bunga salju terhambat, yang pada akhirnya suhu pada freezer kurang dingin. Apabila sudah ada sumbatan pada bagian filter maupun pipa kapiler, maka untuk memperbaikinya, kita harus mengganti part tersebut dengan yang baru. Kenapa harus diganti dengan yang baru? Hal tersebut dikarenakan menghilangkan sumbatan yang terjadi pada pipa kapiler cukuplah sulit. Kadang, apabila dicoba untuk diperbaiki dengan mengalirkan udara bertekanan tinggi kedalam pipa kapiler tersebut juga mengalami kegagalan.

Baca Juga:   Cara Meredam Suara Genset Portable

Melemah atau menurunnya tekanan didalam kompresor

Melemah atau menurunnya tekanan didalam kompresor bisa disebabkan karena bagian piston maupun klep yang sudah mengalami kebocoran, sehingga tekanan yang harusnya full malah jadi banyak yang terbuang percuma. Kondisi kompresor yang bocor ini harus didiagnosa dengan benar supaya kita bisa memastikan bahwa bagian kompresorlah yang mengalami masalah kebocoran.

Tahapan dan langkah untuk mengenai bagian kompresor apakah dalam kondisi rusak:

  1. Dalam posisi ditekan atau ditutupnya bagian pipa keluaran, tekanan pada bagian kompresor ini bisa mencapai angka sekitar 500 psi
  2. Ketika dalam kondisi ditekan dan tekanan kompresor sudah ada diangka 500 psi, maka silahkan anda coba matikan freezer. Amati pergerakan jarum manipolnya. Kompresor yang mengalami kebocoran akan ditandai dengan turunnya jarum penunjuk yang ada di manipol. Apabila jarum penunjuk manipol tetap ada diposisi semula, maka kompresor dalam kondisi baik
  3. Lakukan pengecekan pada bagian arus listrik yang mengalir pada kompresor. Samakan angkanya dengan yang ada pada tabel. Apabila sesuai, maka kompresor dalam kondisi prima. Begitu juga sebaliknya, apabila arus listrik yang mengalir pada kompresor berbeda terlalu jauh dengan tabel, maka kompresor tersebut tentu sedang mengalami masalah.
Baca Juga:   Fungsi Tombol Kalkulator Untuk MC, MR, MS, M+ dan M-

Sekian bahasan singkat mengenai Cara Memperbaiki Freezer Yang Tidak Dingin yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Semoga tutorial ini bisa berguna dan bisa membantu anda didalam proses perbaikan freezer biasa maupun freezer box sehingga anda bisa berhemat karena tidak perlu membawanya ke tempat reparasi. Terima kasih dan selamat mencoba.

Artikel menarik lainnya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Apa Yang Dimaksud Dengan Elektromagnet dan Contoh Penerapannya

Di dunia elektronika, istilah elektromagnet bukanlah merupakan hal baru. Akan tetapi, bagi masyarakat umum tentunya …

3 Komentar

  1. Freezer saya sering netes air ke lantai gan, biasnya kalo netes kaya gitu apanya ya gan yang rusak. Saya menggunakan freezer box gan

    • Apabila tidak ada kebocoran pada pipa evaporator, berarti ada kemungkinan penumpukan buka es dibagian freezer. Silahkan di cek tertelbih dahulu bagian tersebut. Terima kasih atas kunjungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *