Home / Otomotif / Mobil / Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Rusak Bergengung

Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Rusak Bergengung

Cara Memperbaiki Gardan Mobil yang rusak dengan ditandai munculnya suara berdengung perlu dilakukan secepatnya apabila sudah mulai muncul tanda-tandanya. Perlunya memperbaiki gardan mobil secepatnya dikarenakan bagian mobil yang satu ini memiliki fungsi yang sangat penting, yaitu sebagai penerus tenaga yang berasal dari mesin ke bagian poros roda. Bagian gardan ini sering dikenal juga dengan istilah differential.

Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Rusak Bergengung

Jenis permasalahan yang sering muncul pada gardan adalah munculnya suara mendengung disaat anda berkendara dengan kecepatan tinggi. Munculnya suara tersebut dikarenakan renggangnya jarak bebas antara bagian gigi pinion dengan gigi whel terlalu renggang. Untuk mengetahui apakah ada bagian yang mengalami kerenggangan memang perlu dilakukan pengecekan. Bunyi dengung pada gardan juga bisa disebabkan karena kedua bagian gigi tersebut mengalami kerusakan. Keausan pada bagian ring gigi bolu atau bolu gear differential dan gigi standart juga sangat berpotensi membuat suara dengung pada bagian gardan. Oli yang memiliki kualitas rendah juga bisa memicu munculnya kerusakan pada gardan mobil dengan munculnya suara dengung.

Secara umum bagian gardan mobil jarang dilakukan pengecekan dan perawatan pada saat masih bekerja dengan normal. Padahal secara umum proses perawatan gardan bisa dilakukan dengan cukup mudah. Untuk proses perawatan gardan hanya dilakukan dengan proses pernggantian oli secara rutin saja. Dengan kondisi oli yang bagus dan cukup, maka tentunya kinerja dari gardan mobil akan maksimal dan tetap terjaga. Proses penggantian oli gardan dilakukan setiap jarak tempuh mobil mencapai 10.000 KM. Pada saat mengganti oli gardan, sebaiknya juga diikuti dengan proses mengganti oli transmisi.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Manual Di Tanjakan Macet

Untuk pemilihan oli gardan juga ada petunjuknya. Adapun beberapa petunjuk mengenai proses pemilihan oli gardan mobil yaitu sebagai berikut:

  1. Oli gardan dengan SAE 140 rata-rata digunakan pada jenis mobil dengan tahun perakitan lama, walaupun bukan hanya untuk mobil lawas saja.
  2. Oli gardan dengan SAE 75 sampai 90 atau 80W90 rata-rata dgunakan pada mobil yang sering dipakai didaerah kota.
  3. Oli gardan dengan SAE 90 rata-rata digunakan pada jenis mobil pribadi.

Rumah gardan biasanya sudah berisi informasi mengenai jenis oli yang bisa digunakan. Selain jenis mobil diatas, ada juga jenis mobil yang memakai jenis gardan memakai fasilitas LSD atau Limited Slip Differentian. Model gardan jenis ini sangat dianjurkan untuk menggunakan jenis oli gardan khusus yang memang direkomendasikan untuk jenis gardan LS. Apabila anda bingung didalam menentukan jenis oli gardan yang hendak digunakan, anda bisa melihatnya pada buku manual mobil yang anda miliki. Apabila buku manual mobil sudah hilang, anda bisa melihatnya pada bagian kolong mobil. Secara umum, spesifikasi dari oli gardan yang direkomendasikan sudah tertulis pada gardan bagian belakang. Silahkan anda manfaatkan petunjuk tersebut.

Baca Juga:   Cara Mengendarai Mobil Matic Toyota Yaris

Lalu, apa yang harus kita lakukan apabila gardan mobil yang kita gunakan sudah terlanjur rusak dengan mengeluarkan bunyi mendengung? Suara dengungan dari gardan mobil yang keluar tentunya membuat kita tidak nyaman didalam berkendara.

Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Rusak Bergengung

Tahapan pertama Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Rusak Bergengung adalah dengan dengan cara melakukan penyetelan ulang pada jarak bebas antara bagian gigi pinion dan gigi crown whelnya. Selain itu, anda juga bisa menggantinya dengan komponen yang sudah mengalami kerusakan. Pada beberapa pengalaman, komponen pada gardan yang sering rusak atau mengalami keausan adalah bagian gigi bolu-bolu.

Untuk proses penyetelan pada bagian gardan, tentunya kita musti membongkar bagian gardan tersebut. Lakukan pemeriksaan pada oli gardan sebelum anda melakukan pembongkaran pada bagian gardan. Silahkan anda cek apakah kondisi oli gardan masih utuh atau berkurang. Cek juga kondisinya, apakah masih dalam kondisi baik/jernih atau sudah keruh. Apabila oli gardan sudah keruh, maka anda bisa mencoba untuk menggantinya terlebih dahulu sebelum anda membongkar gardan mobil. Apabila setelah anda mengganti oli gardan, suara mendengung dari gardan masih saja terdengar, maka jalan yang harus anda tempuh adalah proses setel ulang pada gardan mobil.

Lalu, apakah ada solusi lain tentang Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Rusak Bergengung selain cara diatas? Tentunya ada. Namun cara berikut ini hanyalah menghilangkan suara dengungnya saja. Namun, proses ini lebih mudah dikarenakan kita tidak perlu melakukan pembongkaran pada gardan untuk melakukan setel ulang. Cara yang bisa ditempuh adalah dengan mengganti oli dengan jenis oli yang lebih kental (jenis oli curah atau oli kobok). Bentuk cairan dari oli jenis kobok atau curah adalah sangat kental, seperti lelehan stemplet. Pada tahapan ini, stemplet juga harus dimasukan kedalam oli gardan. Dalam beberapa pengalaman, langkah ini digunakan untuk jenis gardan yang memiliki gigi pipion dan gigi crown whel yang mengalami cacat.

Baca Juga:   Cara memperbaiki pintu mobil dari berbagai kerusakan

Proses menghilangkan suara dengungan pada gardan dengan mengganti oli yang lebih kental tersebut sebenarnya hanya menghilangkan suaranya saja, namun tidak memperbaiki gardan secara sebenarnya. Kondisi gardan yang sudah berdengung bertanda bahwa dalam ada komponen dalam gardan yang sudah rusak atau aus dan mengharuskan untuk diganti. Suara gardan yang mendengung hanya diredam saja oleh oli yang kental tersebut.

Sekian informasi tentang Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Rusak Bergengung yang bisa saya bahas pada postingan kali ini. Semoga tutorial ini bisa manambah wawasan anda didalam dunia otomotif pada umumnya dan bagian gardan mobil pada khususnya. Terima masih dan selamat mencoba.

Tentang Admin

Menulis merupakan bagian dari aktivitas Admin InaneSia.com disamping beberapa pekerjaan utama harian sebagai IT Networking, Programming, Graphich Design, Content Writer, Teknisi Elektronika, Teknisi Komputer dan Pengajar bidang Multimedia pada salah satu SMK. Hobi Otomotif dan Bertani adalah bagian penghilang kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Admin berkomitmen untuk bisa memberikan yang terbaik bagi pembaca. Salam hangat dari saya, Admin InaneSia.com

Artikel menarik lainnya

Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus

Apa kabar Pembaca sekalian? Pada hari ini saya akan mencoba mengulas tentang penyebab lampu indikator …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *