Home / Elektronika / Cara Memperbaiki Genset Bensin Yang Sulit Hidup

Cara Memperbaiki Genset Bensin Yang Sulit Hidup

Salah satu hal yang menjadi harapan bagi pemilik genset adalah lancarnya genset digunakan pada saat sumber listrik utama yang berasal dari PLN mengalami masalah atau pemadaman. Tentunya, kita tidak bisa menjamin kondisi dari mesin genset yang berbahan bakar bensin selalu beroperasi dengan lancar pada saat dibutuhkan. Kadangkala mesin genset bensin mengalami masalah, misalnya adalah susah untuk dihidupkan. Apabila kebetulan anda sedang mengalami masalah tersebut di mana mesin genset milik anda yang menggunakan bahan bakar bensin mengalami masalah yaitu sulit dihidupkan maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba berbagi pengalaman dengan Anda bagaimana cara memperbaiki genset bensin yang anda miliki tersebut.

Cara Memperbaiki Genset Bensin Yang Sulit Hidup

Sebelum kita mulai membahas Bagaimana cara memperbaiki genset bensin, maka perlu kita sadari bersama bahwa kerusakan yang kadangkala dialami oleh genset bensin adalah tidak dilaksanakannya proses perawatan secara teratur dan kita juga jarang sekali melakukan berbagai macam proses maintenance terhadap genset bensin yang kita miliki. Padahal sebenarnya kegiatan servis rutin adalah salah satu bagian terpenting yang mampu menjaga kondisi genset bensin tetap prima dan tentunya selalu siap untuk digunakan.

Apabila kebetulan anda sudah terlanjur memiliki masalah dimana genset bensin yang Anda gunakan seringkali susah untuk dihidupkan maka artikel ini bisa anda jadikan sebagai referensi dasar Bagaimana cara memperbaiki genset bensin supaya bisa berjalan normal kembali. Kegiatan ini Tentunya bisa anda lakukan sebelum anda membawa genset bensin yang bermasalah tersebut ke bengkel atau service center dari genset yang anda miliki.

Prinsip dasar dari genset bensin:

Ada beberapa unsur yang harus terpenuhi supaya mesin genset bensin Bisa beroperasi dengan baik dan benar. Unsur-unsur tersebut meliputi udara, bahan bakar bensin dan juga api. Apabila salah satu dari tiga komponen tersebut mengalami permasalahan atau tidak bisa terpenuhi, maka bisa dipastikan mesin genset tidak akan mau menyala. Oleh sebab itulah pada proses perbaikan genset bensin tersebut, maka kita juga harus selalu berpatokan pada tiga unsur utama yang diperlukan supaya genset bensin mampu beroperasi dengan normal.

Baca Juga:   Inilah Perbedaan TV Analog, TV digital dan HDTV

Apabila genset Bensin yang kita miliki mengalami masalah, misalnya susah untuk dihidupkan, maka kita bisa lakukan beberapa pengecekan dibawah ini.

1. Periksa kondisi bahan bakar

Langkah pertama yang harus anda lakukan sebagai bagian dari cara memperbaiki genset bensin adalah melakukan pemeriksaan bahan bakar bensin yang ada di dalam tangki bensin. Pastikan bahwa bahan bakar bensin yang ada di dalam tangki bensin masih tersedia dengan cukup. Disamping itu, anda juga harus memastikan bahwa tangki bahan bakar pada genset tersebut terisi dengan jenis bahan bakar yang tepat. Jangan sampai, apabila mesin genset menggunakan bahan bakar bensin maka tidak boleh mengalami kekeliruan di dalam memilih bahan bakar misalnya adalah Solar.

Anda juga harus memastikan bahwa bahan bakar bensin yang ada di dalam tangki bensin genset tidak terkontaminasi atau tercampur dengan air. Pastikan bahwa bahan bakar bensin yang ada di dalam tangki juga tidak terkontaminasi dengan berbagai macam kotoran dan debuh yang kadang kalah masuk ke dalamnya. Pastikan bahwa sirkulasi bahan bakar bensin bisa berjalan dengan baik menuju bagian kran bensin. Lakukan pengecekan juga pada bagian saringan atau filter bensin, Dan juga selang yang menuju ke karburator. Apabila diperlukan, anda bisa melakukan pengurasan dan pembersihan tangki bahan bakar bensin. Lakukan hal-hal yang sama untuk karburator apabila dibutuhkan.

2. Periksa bagian udara

Yang dimaksud dengan pemeriksaan bagian udara di sini adalah pemeriksaan pada bagian filter udara. Anda harus memastikan bahwa kualitas udara yang keluar dari bagian filter dalam kondisi bersih dan baik. Tentunya, apabila kondisi filter udara pada genset bensin sudah merusak, maka tentunya akan ada berbagai macam kotoran yang masuk ke dalam mesin genset. Hal tersebut tentunya akan menghambat kinerja mesin genset terutama di bagian pembakaran. Untuk mengatasi masalah ini Tentunya Anda harus melakukan penggantian filter udara pada mesin genset apabila sudah dipastikan bagian tersebut mengalami kerusakan.

Baca Juga:   Sistem Kerja Pompa Air

3. Periksa bagian api

Bagian penting yang berkaitan dengan api pada mesin genset bensin adalah bagian koil busi dan busi. Pastikan Apakah dari besi atau koil busi mengeluarkan api? Apabila bagian busi mengeluarkan jika napi, maka kondisi genset bensin tersebut masih bagus. Biasanya permasalahan yang seringkali menimpa busi pada mesin genset bensin adalah busi tersebut terlalu basah karena campuran bensin yang tidak sempurna dan juga kondisi busi mesin genset yang sudah kotor. Apabila ternyata ditemukan bahwa busi genset bensin tersebut sudah mengalami masalah, maka alangkah baiknya jika anda segera mengganti dengan busi yang baru. Anda juga harus menggunakan bahan bakar bensin yang berkualitas, misalnya adalah pertalite atau pertamax yang nantinya akan menjaga kondisi mesin genset bensin selalu beroperasi dengan maksimal.

4. Periksa bagian oli atau pelumas

Genset bensin memiliki sebuah sensor proteksi pelumas atau oli yang diletakkan pada bagian charter mesin. Apabila volume dari pelumas atau oli berkurang, maka akan menyebabkan sensor proteksi tersebut tidak tersentuh oleh oli. Kondisi tersebut akan menyebabkan mesin genset bensin tidak akan mau menyala walaupun berulang kali dihidupkan. Oleh sebab itulah tentu kita bisa melakukan pengecekan pada bagian volume pelumas atau oli Apakah dalam kondisi kurang atau tidak. Apabila ditemukan bahwa kondisi oli pada mesin genset bensin sudah berkurang, maka tentunya Anda bisa menambahkan oli sampai dengan batas atas yang sudah ditentukan sesuai instruksi pabriknya.

Baca Juga:   Cara Ganti Oli Genset Dengan Baik Dan Benar

5. Periksa bagian aki

Bagian aki ini memiliki peranan penting pada saat proses menghidupkan mesin genset mobil. Proses yang bisa dilakukan pada tahapan ini guna mendeteksi permasalahan pada aki genset bensin adalah dari suara yang terdengar pada saat kunci starter mesin genset bensin diputar. Apabila pada saat kita memutar kunci starter mesin genset bensin terdengar suara yang cukup pelan di mana suara tersebut berasal dari bagian dinamo starter, maka kita bisa menyimpulkan bahwa kondisi aki yang kita gunakan sudah soak atau sudah melemah.

Untuk memastikan Apakah kondisi aki tersebut memang sudah benar-benar melemah, maka kita bisa melepas aki tersebut Lalu melakukan pengecasan beberapa saat. Setelah itu, silahkan anda gunakan untuk menstarter kembali mesin genset bensin tersebut. Apabila setelah aki dicas mesin genset bensin bisa menyala dengan mudah, maka bisa dipastikan bahwa aki yang kita gunakan tersebut sudah soak atau drop.

Itulah bahasan singkat mengenai cara memperbaiki genset bensin yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang baik ini. Berdasarkan pengalaman, bahwa mesin gensetperlu dilakukan service rutin ketika mesin genset sudah beroperasi kurang lebih dengan durasi 100 jam. Selain itu patokan yang bisa digunakan untuk melakukan proses service rutin adalah dalam hitungan bulan, yaitu dengan kisaran 4 sampai dengan 6 bulan sekali. Tentunya sangat disarankan untuk tidak menunggu kondisi genset rusak baru dibawa ke tempat reparasi. Mudah-mudahan, artikel ini bisa berguna dan bermanfaat bagi pengunjung sekalian. Terima kasih.

Artikel menarik lainnya

Cara Kerja Sistem AC Pada Mobil

Cara Kerja Sistem AC Pada Mobil

Bagi setiap pemakai mobil, pastinya sudah memahami serta mengenal Apa itu air conditioner atau AC. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *